Input your search keywords and press Enter.

Katakan STOP untuk Eksploitasi Hewan

Dulu di tahun 2010-an saat saya masih di tanah Papua begitu mudah menemukan aksesoris berbahan dasar kulit buaya. Harganya yang kala itu lumayan wow tidak mengapa, maklum ada gengsi tersendiri bila memiliki barang asli.

eksploitasi hewan

abc.net.au

Namun, tak berapa lama kemudian terjadi penyesalan. Bukan karena belanja barang dengan harga lumayan mahal menurut saya. Tapi jujur saya malu, saya yang suka berpetualang di alam bebas harus menggunakan barang dengan bahan dasar salah satu hewan yang dilindungi.

Dan kini entah kemana dompet yang tidak mempan dibakar tersebut. Saya telah merelakan untuk tidak menggunakan barang-barang yang akan bertentangan dengan hati nurani.

Saya ingin menunjukan kontribusi nyata dengan mengatakan STOP untuk eksploitasi hewan. Bagaimana diri ini bila tidak mampu melestarikan keberadaanya di alam bebas dengan tidak memberi akses bagi pebisnis hewan.

Terlepas hewan tersebut langka atau tidak perlu dicatat bahwa rantai makanan itu tidak boleh terputus. Dengan mengatakan tidak, artinya jumlah pengguna akan berkurang.

Dengan demikian para pebisnis hewan akan berpikir ulang untuk meng-eksploitasi hewan. Jangan hanya karena keuntungan materi maka ada pihak-pihak yang akana dirugikan.

Kalau dikampung saya secara pribadi mungkin saya dapat mengatakan untuk tidak menikmati daging ular. Benar memang, daging hewan berbisa tersebut dapat dijadikan obat. Selain itu berapa banyak kulitnya yang dipakai untuk akesesoris baik itu gasper, dompet, tas atau apapun bentuknya.

Meningkatnya jumlah pengguna tentu akan semakin menambah agresifitas pemburu ular. Bila ular-ular tersebut banyak diburu yang dirugikan tentu saja para petani. Ular dikenal sebagai predator bagi tikus yang sering kali menjadi musuh petani.

Kalau bukan kita yang peduli terhadap lingkungan dan beran katakan STOP untuk eksploitasi hewan siapa lagi. Jangan sampai terjadi penyesalan kemudian karena ego manusia.

Mulai kini, ayo gunakan produk-produk yang tidak menggunakan bahan dasar hewan. Lindungi dan jaga mereka untuk ekosistem alam yang lebih baik.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *