Mau Cari Kerja, Pastikan Dapat 3 Hal Berikut Kamu dapat

Bekerja itu bukan hanya soal uang semata. Di era milenial ini para anak muda tahu betul bila cari kerja mereka harus berpikir bukan sekedar meraup nominal angka.

antrian mau cari kerja
jokoyugiyanto.com

Menjadi blunder bagi perusahaan atau mereka yang ada di managemen bila masih berpikir demikian. Kini para pencari kerja lebih bisa selektif dimana uang bisa menjadi urutan yang kesekian kali.

Berdasar interview dari sekian banyak jobseeker kini mereka telah tahu bahwa perusahaan yang baik setidaknya memberikan hal lain selain finansial. Dan berikut yang coba saya rangkum dari puluhan atau ratusan pencari kerja yang saya temui;

1. Kesempatan berkembang

Menjadi menarik bila anak muda berani bertanya bila saya bergabung sejauh mana bisa berkembang. Jangan sampai dari kali pertama masuk hingga beberapa tahun yang akan datang hanya begitu-begitu saja.

Ada sebagian perusahaan yang mengijinkan karyawan untuk improvisasi atau beride. Namun ada pula satu usaha yang cukup kaku sehingga orang yang ada di dalamnya cukup melaksanakan apa yang menjadi tugas dan tangggung jawab.

2. Karir yang jelas

Menjamurnya unit usaha atau perusahaan bisa memberi kesempatan bagi freshgraduete untuk melakukan lompatan karir. Bayangkan bila ia bergabung dengan perusahaan yang sudah cukup maju dan tua.

Bisa dipastikan berbicara tentang karir adalah impian belaka. Selain nomor antrian yang cukup panjang tentu saja karena jumlah personel yang cukup banyak dan saling berlomba untuk mendapatkan satu posisi.

3. Status kekaryawanan

Bukan hal aneh lagi kalau kini tenaga outsourcing atau alih daya begitu melimpah. Menjadi solusi instan bagi perusahaan untuk mendapat tenaga kerja.

Semakin meleknya akan benefit kini pun para pencari kerja mulai sadar untuk meninggalkannya. Besarnya pendapatan yang saaat ini diterima tidak akan bertahan lama. Bisa jadi saat mulai mapan tiba-tiba terjadi goncangan karena harus putus kontrak.

Adanya 3 alasan diatas kiranya cukup jelas bagi kamu yang ingin mencari kerja. Jangan hanya berorientasi pada uang karena bisa jadi ke depan akan terjadi stagnasi.

Tapi bila 3 hal diatas bisa dipetakan sejak awal minimal kamu tahu apa yang dicari dari bekerja. Jangan sampai terjadi penyesalan kelak telah masuk perusahaan yang tidak sesuai dengan kriteria hati.

Selain beberapa hal diatas sejatinya masih ada alasan lain. Dan kembali lagi tulisan ini saya buat berdasr hasil interview dengan ratusan pencari kerja.

Kabar gembira bagi kalian yang tumbuh diera milenial dimana teknologi memudahkan segalanya. Andai tidak ingin menjadi karyawan bisa membuat usaha sendiri atau bekerja di rumah sebagai freelancer.

Syarat cukup berat memang tapi selama memiliki passion dalam hal itu kiranya bukan masalah.

2 komentar pada “Mau Cari Kerja, Pastikan Dapat 3 Hal Berikut Kamu dapat”

  1. Terkadang serba salah sih. Terutama bagi yang udah lama belum bekerja.

    Begitu dapat kesempatan kerja, biasanya langsung terima penawaran pekerjaan yang diberikan, tanpa mau tanya-tanya kejelasan.

    Kalau udah seperti ini, kayaknya 2 pihak yang baiknya sama-sama sadar. Kalau si calon karyawan gak berani ngomong, baiknya perusahaan yang inisiatif menjelaskan.

    Kalau ada perusahaan yang seperti ini, biasanya si calon karywan akan jadi lebih LOYAL kalau sudah diterima bekerja. Karena dia merasa perusahaan tempat dia bekerja memang jujur dan memanusiakan manusia…

    Hanya pendapat pribadi Mas. Hhehee ^-^

  2. tetap lakukan yang terbaik aja om, uniknya ternyata ada juga lho udah 3 tahun lulus belum pernah kerja ikut orang atau bikin usaha gt. yang jadi pertanyaan kemana selama ini yah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *