Menulis, Media Katarsis Paling Murah dan Efektif

Menulis, Media Katarsis Paling Murah dan Efektif

Judul diatas, Menulis, Media Katarsis Paling Murah dan Efektif sengaja saya pilih. Bukan tanpa alasan,pekerjaan menumpuk seringkali membuat kita menjadi stres.

menulis untuk katarsis
pixabay.com

Entah apa yang ingin dikerjakan kemudian tidak tahu lagi, yang ada kemudian adalah emosi negatif yang bila tidak dikelola dengan baik akan berakibat fatal. Menulis mungkin menjadi pilihan terbaik bagi saya untuk pelampiasan.

Menuangkan ide dan gagasan dalam sebuah catatan telah saya lakukan sejak belasan tahun yang lalu. Namun bedanya bila jaman dulu biasanya hanya menulis dalam kertas atau buku catatan.

Tapi kini bolehlah dengan menjadi seorang blogger apa yang dituliskan bisa dibaca orang lain. Terlepas apa yang ditulis itu adalah sebuah kebenaran atau tidak.

Yang jelas dalam keyakinan saya menulis adalah media katarsis paling murah dan efektif. Katarsis itu sendiri adalah satu teknik dalam ilmu psikologi yang digunakan untuk menyalurkan emosi terpendam.

Istilah ini kali pertama di populerkan oleh Bapak Psikologi Sigmund Freud. Sementara itu menurut KBBI katarsis adalah cara pengobatan orang yang berpenyakit saraf dengan membiarkannya menuangkan segala isi hatinya dengan bebas.

Selain menuangkan kegelisahan hati dalam bentuk tulisan kadang ada diantara mereka pergi ke pantai atau gunung dan berteriak sekerasnya. Ada juga cara-cara lain yang bisa ditempuh.

Yang penting bila kamu mengalami satu kegelisahan luar biasa hingga menuju pada ranah stres jangan takut untuk berkatarsis ria. Pilih satu metode paling tepat karena tiap orang beda cara.

Kembali ke saya yang memilih katarsis dengan menulis. Seringkali apa yang saya tulis dan itu di blog sekalipun kadang tidak saya pikirkan. Lebih menggunakan rasa sehingga apapun yang terbersit di benak akan keluar. Tapi ada juga yang menggunakan blue print atau konsep dan pemikiran yang detail.

Kalaupun muncul cacian dan makian tak mengapa selama itu tidak menyakiti orang lain. Ingat tujuan utama katarsis adalah mengembalikan kondisi hati dan pikiran menjadi rileks kembali.

Dan kamu bila saat ini sedang stres cobalah lakukan dengan caramu. Bila bingung coba saja apa yang saya kerjakan. Menulis menjadi media katarsis paling murah dan efektif itu nyata.

Tinggalkan Balasan

Close Menu