Yuk Mulai Tinggalkan Jejak Digital Positif untuk Anak Cucu Kelak

Bila jaman dulu telah dipahami pentingnya sebuah catatan sebagai bukti sejarah maka kini hal itu makin di mudahkan. Tidak lagi harus memahat di batu untuk membuat sebuah prasasti. Namun kini kita semua bisa membuat jejak digital positif untuk anak cucu di masa yang akan datang.

joko yugiyanto
jokoyugiyanto.com

Jejak digital positif tentu saja memiliki manfaat yang sangat luas. Selain sebagai bukti catatan hal ini juga bisa di gunakan sebagai sarana edukasi.

Sebuah pengingat atas apa yang telah kita lakukan saat ini. Berharap tren positif akan terus dilakukan dan dijaga oleh anak cucu.

Pentingnya sebuah jejak digital tentu akan didukung dengan kualitas penyimpanan yang baik pula. Tidak semua penyedia hosting mampu memberikan. Oleh karena itu kita harus tahu betul catatan baik tersebut akan dititipkan di mana.

Di Indonesia sendiri setidaknya telah banyak penyedia hosting yang mumpuni. Saking banyaknya tiap penyedia menawarkan harga jor-joran. Hosting murah dengan kualitas prima tentu menjadi pilihan utama.

Dan kalau saya pribadi saat ini menitipkan jejak digital tersebut di salah satu server hosting yang bermarkas di Jogja. Nama besar tersandang bukan isapan jempol semata. Dari beberapa blog yang saya kelola dititipkan disini.

Kualitas prima dan layanan 1×24 jam selama satu minggu penuh memberi rasa yakin bahwa tak salah memilihnya. Bila terjadi masalah atau kesulitan tim mereka pun akan dengan sigap untuk membantu dan memberi solusi.

Seolah semua dalam genggaman. Tak perlu beranjak dari rumah dan semua selesai. Tak perlu pula mahir dalam mengelola blog karena suport mereka sangat mumpuni.

Nge-blog seolah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Bukan lagi ajang mencurahkan curahan hati. Namun dengan blog kita juga bisa menuangkan sebuah ide atau gagasan dan berharap diterima masyarakat luas.

Kalau toh dengan ngeblog kemudian akan bermunculan berbagai angka atau nominal itu lebih sebagai bonus. Tak ada proses yang akan membohongi hasil. Demikan banyak orang menyebutnya di mana apa yang kita tanam kelak akan kita tua.

Kembali ke pembahasan diatas dimana blog saya pilih untuk mendokumentasikan berbagai pemahaman dan pemikiran yang ada. Pelan tapi pasti, berbagai hal yang menjadi kegelisahan tercatat rapi dan kelak ketika ingin membuka tinggal ketik di laman google.

Ketika di tanya apakah saya paham SEO. Dengan tegas saya katakan tidak terlalu tahu karena memang basic saya bukan untuk menjadikan tulisan berada di halaman satu.

Cukup tercatat mesin telusur dan menjadi prasasti digital hingga siapa saja bisa melihat dan memahami apa yang menjadi pemikiran saya. Kalau toh tidak ada orang lain yang melihat maka cukuplah anak cucuku yang akan membacanya.

Tak hanya saya, kamu pun bisa memulai dan mencoba. Menuangkan hal kecil apa yang menjadi kegelisahan sembari belajar untuk lebih baik dan lebih baik.

Kalau saya sudah mencoba meninggalkan jejak digital positif sejak beberapa tahun silam. Kalau kamu kapan….

Tinggalkan Balasan

Tautan komentar adalah nofollow free.

Close Menu