5 Langkah Sederhana Hentikan Pandemi, Semua Bisa Ikut Berperan Serta

Last Updated on 13 Maret 2021 by Joko Yugiyanto

Tidak dapat dipungkiri, setidaknya satu tahun terakhir kita telah merasakan dahsyatnya corona virus. Tak ingin ini berlanjut ternyata ada langkah sederhana hentikan pandemi COVID-19. Dan pastinya kontribusi nyata semua orang dinantikan.

langkah sederhana hentikan pandemi
jokoyugiyanto.com

Virus yang berasal dari Wuhan Cina ini setidaknya telah menelan korban jiwa hingga 2.63 juta jiwa. Sementara itu mereka yang terpapar tidak kurang dari 119 juta kasus yang berasal dari seluru dunia. Bukan hanya jiwa yang harus melayang, lebih dari itu ekonomi dunia pun terguncang.

Semesta pun menangis pastinya dimana sedikit banyak kita mulai sadar bahwa manusia harus lebih ramah kepada bumi. Harus bisa menjaga bila tidak ingin mereka marah.

Tidak ingin korban berjatuhan lebih banyak, pastinya dibutuhkan sinergi semua orang. Bahu membahu satu sama lain untuk menjaga, jangan sampai virus menyebar ke orang yang ada di sekitar kita.

Baca juga: Cara Mudah Menangkap Peluang dari Pandemi

Langkah Sederhana Hentikan Pandemi Hanya Bisa Bila ada Kesadaran

Dulu, diawal kemunculan beberapa kasus di tanah air tentu sering kita mendengar 3M. Namun ternyata langkah sederhana hentikan pandemi tersebut dirasa belum cukup.

Oleh karena itu para ahli di bidang kesehatan kemudian melalui pemerintah menggaungkan konsep 5M. Dimana masih ada 2M lagi yang seyogyanya dilakukan.

Sama seperti sebelumnya dimana untuk menjalankan protokol kesehatan ini tidak dibutuhkan biaya atau ongkos. Paling penting adalah sejumlah komitmen dari seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali. Satu orang saja abai bisa jadi gerakan ini akan sia-sia.

Konsep 5M setidaknya saat ini masih menjadi cara ampuh sebagai upaya dan langkah sederhana hentikan pandemi Covid-19. Strategi protokol kesehatan 5M itu sendiri terdiri dari:

1. Memakai Masker

Baik yang sehat atau sakit saat ini diwajibkan untuk memakai masker saat berada di luar rumah. Cara memakai dan jenis masker yang digunakan juga harus memenuhi standar kesehatan yang ditentukan.

Jangan asal-asalan dalam memilih masker dan menggunakannya. Selain tidak efektif pastinya akan berbahaya.

Kita yang pada awalnya sehat akan rentan terpapar. Sebaliknya mereka yang tengah sakit rentan untuk terinfeksi. Sama-sama rugi bukan.

2. Mencuci Tangan dengan Sabun

Khusus bagi mereka yang jorok dan kotor, cara ini selain ampuh membunuh kuman juga akan menjaga tangan tetap bersih. Tidak ada salahnya setiap 30 menit sekali cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Bila tidak ada air dan sabun maka sebagai alternatif bisa menggunakan hand sanitazer. Khususnya setiap akan makan maka lakukan upaya kecil ini sebagai langkah sederhana hentikan pandemi.

3. Menjaga Jarak

Langkah sederhana hentikan pandemi tentu saja menjaga jarak satu sama lain. Satu hal yang bisa jadi adalah kegiatan yang cukup sulit. Apalagi bagi mereka yang sering beraktifitas bersama.

Jarak aman satu sama lain saat ini setidaknya 1 hingga 2 meter. Pun demikian saat makan ada baiknya dipisah dan tidak ada diskusi atau obrolan. Jangan sampai droplet akan mengenai wajah atau mulut orang lain.

4. Menjauhi Kerumunan

Masih ada kaitan dengan menjaga jarak dan untuk saat ini alangkah baiknya untuk menghindari kerumunan. Pusat keramaian seperti pasar bukan lagi tempat yang baik bila memang tidak ada kondisi memaksa.

Banyaknya orang yang berkumpul seringkali membuat seseorang abai dan menjadi contoh kurang baik. Tak perlu waktu lama bisa jadi orang lain pun enggan mengenakan masker. Yang ada kemudian hampir semua orang tanpa masker dan hal itu bisa jadi bom waktu.

5. Mengurangi Mobilitas

Bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah dari rumah. Tiga hal sederhana itu bila dilakukan oleh semua orang maka bisa jadi sumbangsih signifikan untuk menurunkan jumlah kasus yang ada.

Terakhir, langkah sederhana hentikan pandemi adalah jangan sampai terlalu mudah untuk keluar rumah dan menambah jumlah mobilitas. Hal ini karena akan meningkatkan potensi akan penularan corona virus.

Kondisi sakit sebagai akibat virus ini bagi setiap orang akan berbeda-beda. Ada diantara mereka yang langsung turun drastis kesehatannya. Dan ada pula diantara mereka yang seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Namun faktanya justru kondisi yang kedua ini yang paling menakutkan. Dimana ia akan membawa virus ke setiap wilayah yang dikunjungi.

Pembatasan Sosial sebagai Alternatif Mengurangi Mobilitas

Tidak cukup dengan menerapakan protokol kesehatan berbasis 5M. Dan kemudian pemerintah pun melanjutkan dengan berbagai kebijakan.

Salah satunya dengan penerapan pembatasan sosial disejumlah wilayah. Bila pada awal kemunculannya diberlakukan pembatasan sosial berskala besar.

Namun setelah dievaluasi konsep tersebut dirasa tidak cukup dan kemudian pemerintah memberlakukan pembatasan sosial berskala mikro. Wajar kemudian pembatasan ini hadir di tingkat kelurahan hingga rukun warga.

Pembatasan ini bertujuan untuk membatasi mobilisasi atau pergerakan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Jangan sampai mereka yang kurang sehat atau lebih tepatnya orang tanpa gejala menjadi carrier.

Satu kondisi yang merujuk dimana seseorang sejatinya terpapar virus. Hanya saja karena imunitas yang baik maka efek dari virus ini tidak terasa.

Yang ada kemudian ia akan membawa virus dari satu tempat ke tempat lain. Mereka yang memiliki imunitas rendah maka akan sangat rentan untuk terpapar.

Apabila 5 langkah sederhana hentikan pandemi diatas bisa dilakukan dengan disiplin maka besar kemungkinan jumlah kasus bisa ditekan. Dan pada akhirnya kita bisa beraktifitas dengan baik di era normal baru.

Pentingnya Menjaga Imunitas dan memiliki Asuransi

Kini kita tidak bisa terlalu berharap dan mengandalkan orang lain. Mau tidak mau harus mengandalkan diri sendiri dan lingkungan sekitar dalam hal ini lingkungan keluarga.

Salah satunya sudah pasti menjaga kesehatan dan imunitas tubuh. Jangan sampai tubuh lemah dan kalah dengan virus dan pada akhirnya sakit. Bila sakit sudah menyerang maka bisa dipastikan akan berdampak pada finansial keluarga.

Selain itu mulai dipikirkan bagaimana kita bisa memiliki asuransi yang bisa meng-cover berbagai hal yang bisa saja terjadi. Melihat arti lebih dalam segala hal yang bisa saja jadi. satu sama lain akan saling berkaitan.

Lebih Dekat dengan Asuransi MSIG Indonesia
asuransi umum msig
msig.co.id

Asuransi MSIG Indonesia sebagai asuransi umum terbaik di tanah air bisa menjadi solusi terbaik. Hal ini karena kita telah mengalihkan kewajiban atas biaya tersebut ke pihak asuransi.

Produk yang mereka tawarkan juga sangat lengkap mulai dari asuransi rumah, kendaraan bermotor, kecelakaan diri hingga perjalanan. Memastikan siapapun kini tak perlu khawatir meski kondisi tidak menentu.

PT Asuransi MSIG Indonesia tak lain adalah bagian dari MS & AD Insurance Group. Salah satu perusahaan asuransi umum patungan terbesar di tanah air.

Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun membuat perusahaan ini kian teruji. Dimana mereka setiap tahun juga melakukan inovasi dan perbaikan demi menjaga kepuasan pelanggan.

Paling menarik mereka hadir bukan hanya memberi layanan kepada nasabah tapi juga fokus untuk menjaga kelestarian bumi. Dimana mereka memiliki visi dan misi yang mendukung pelestarian lingkungan.

Jangan kaget kemudian dalam praktiknya mereka berupaya untuk menjaga bumi tetap lestari. Salah satunya sudah pasti terlihat dalam program corporate social responbility mereka.

Dimana mereka turut aktif dalam pelestarian lingkungan. Terutama dalam program restorasi hutan dan konservasi laut di tanah air.

Tak kurang dari 300 ribu telah ditanam di lahan seluas 350 hektar, 21.300 bayi bakau ditanam, ratusan siswa dididik tentang keanekaragaman hayati. Semua itu pastinya untuk generasi mendatang yang lebih baik.

Mereka juga tak ada henti untuk memberikan edukasi yang baik tentang bagaimana menjaga lingkungan sekitar demi masa depan yang berkelanjutan. Apa yang akan kita petik di masa yang akan datang pastinya sesuai dengan apa yang kita tanam saat ini.

Tinggalkan komentar