5+4 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ paling vital dalam diri seseorang. Tanpa mata seseorang tidak akan melihat warna-warni keindahan dunia. Oleh karena itu pengetahuan cara menjaga kesehatan mata adalah sebuah keharusan tanpa kecuali.

ciri-ciri mata sehat

Ada banyak cara untuk memelihara kesehatan mata. Mulai dari menggunakan kacamata, antiradiasi hingga mengurangi penggunaaan gadget. Sebisa mungkin menghindari paparan cahaya berlebih adalah kunci utama.

Oleh karena itu bagi kita yang masih sehat harus benar-benar memahami cara merawat kesehatan mata. Setidaknya ada 5 cara mudah menjaga kesehatan mata yang bisa dilakukan;

1. Hindari terlalu lama di depan gadget / laptop

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini sangat susah bagi seseorang untuk lepas dari gawai maupun laptop. Hal ini karena hampir semua pekerjaan di lakukan dua alat tersebut.

Perlu di ketahui bahwa jangan terlalu memaksakan diri dalam kurun waktu terlalu lama. Harus ada jeda supaya mata tidak terlalu lelah dan bisa relax kembali.

2. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang

Perubahan kondisi dari gelap ke terang dan sebaliknya terlalu cepat juga akan merusak mata. Paling mudah terlihat bila di jalan ada motor / mobil menyalakan lampu terlalu terang atau menantang sinar matahari secara langsung saat siang hari.

Secara otomatis maka kita akan mengkondisikan mata agar bisa melihat. Namun kondisi ini akan membuat mata cepat lelah dan merah.

3. Hindari memakai lensa kontak terlalu lama

Kaum perempuan paling suka menggunakan lensa kontak karena selain membantu penglihatan akan membuat seseorang kian cantik. Tapi dalam beberapa kasus penggunaan lensa kontak terlalu lama bisa menyebabkan kebutaan.

Tak mau kan gara-gara ingin tampil cantik malah masuk rumah sakit. Menggunakan lensa kontak itu boleh tapi ada aturan pakai untuk menjaga mata tetap sehat.

4. Jangan membaca dalam cahaya redup

Kutu buku atau orang yang rajin membaca identik mengunakan kacamata. Hal ini karena biasanya mereka betah membaca buku berlama-lama meski kondisi cahaya kurang terang.

Oleh karena itu mulai saat ini ketika membaca buku pastikan ada cahaya cukup. Jangan sampai di kamar tanpa cahaya terang tetap membaca dan pada akhirnya harus menggunakan kacamata.

5. Gunakan kacamata secara bijak

Kacamata bukan sekadar aksi semata. Kacamata juga membantu seseorang tetap sehat karena mampu mengurangi masukanya cahaya berlebih pada mata.

Bila 5 cara tersebut telah dilakukan dan ingin maka semakin sehat maka ada baiknya lakukan beberapa langkah kecil ini;

1. Konsumsi buah dan sayuran berwarna jingga

Kita tahu bahwa wortel dan buah-buahan yang berwarna jingga kaya akan beta karoten yang baik untuk mata. Buah dan sayur ini bisa di konsumsi secara langsung atau di olah menjadi aneka menu masakan.

Beta karoten adalah antioksidan yang dapat mengurangi risiko degradasi makula. Degradasi makula adalah penyebab paling utama dari gangguan penglihatan yang berhubungan dengan usia. Usia bertambah tapi kualitas penglihatan harus tetap prima.

2. Gunakan mentimun

Sering melihat mata seseorang di tempeli mentimun. Iya, selain menyegarkan mata timun juga mampu mengkompres kelopak mata.

Lakukan kebiasan baik ini sebelum tidur. Tak perlu waktu lama, cukup luangkan waktu 10 menit menjelang tidur dan saat pagi mata akan menjadi lebih segar.

3. Hindari penggunaan tetes mata

Seringkali kita terjebak iklan. Saat mata merah kita memilih menggunakan obat tetes mata padahal kita bisa mengantisipasi dengan cara sederhana semisal dibilas air mengalir atau mengkedip-kedipkan mata hingga kotoran keluar.

Obat tetes mata yang ada cenderung mengunakan bahan kimia. Bahan kimia tersebut sudah pasti tidak baik untuk kesehatan mata dalam jangka waktu yang panjang.

4. Terapi mata

Terapi mata ini adalah satu cara paling mudah dan murah untuk menjaga kesehatan mata. Caranya dengan melihat satu benda dari jarak yang cukup dekat kemudian jauh.

Lakukan berulang kali dengan tetap menjaga fokus. Selain ini tentu masih ada cara lain yang bisa dilakukan sebagai upaya cara menjaga kesehatan mata agar lebih santai dan rilex.

Mengingat betapa penting dan fitalnya kesehatan mata oleh karena itu ada baiknya juga di asuransikan. Tujuannya untuk memberi rasa aman bila suatu waktu terjadi hal yang tidak di inginkan.

Tak harus yang mahal, yang paling penting adalah ketahui asuransi apa di pilih dan manfaatnya benar-benar ada.

Tinggalkan Balasan

Close Menu