7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Memilih Kantor Baru

Last Updated on 13 Juni 2022 by Joko Yugiyanto

Bagi setiap pekerja mencari kantor baru yang lebih baik merupakan langkah yang tepat. Karena, dengan memasuki pekerjaan baru maka kamu bisa mendapatkan kesempatan, lingkungan, pengalaman, dan skill baru yang lebih bermanfaat.

tips memilih kantor baru
pixabay.com

Namun pada kenyataannya tidak semua tempat kerja baru memberikan kesempatan tersebut. Bahkan, kantor lama bisa saja memberikan benefit lebih besar daripada tempat kerja baru nanti. 

Oleh karena itu, jangan sampai kamu salah mengambil keputusan khususnya dalam mencari tempat kerja baru yang lebih baik.

Salah satu pertimbangan dalam mencari kantor baru adalah ada atau tidaknya asuransi kecelakaan kerja. Jika tidak ada, kamu bisa membeli asuransi kecelakaan kerja diri Simas Insurtech.

Perhatikan 7 Hal Berikut Saat Memilih Kantor Baru

Agar kamu tidak salah mencari kantor baru maka kamu harus memperhatikan beberapa hal yang ada di bawah ini, yaitu:

1. Sesuaikan dengan Kompetensi yang dimiliki

Dalam mencari pekerjaan baru pastikan untuk memeriksa apakah kebutuhan pegawai yang mereka butuhkan sesuai dengan kompetensi masing-masing. 

Selain itu, periksa apakah pengalaman, sertifikat, skill dan lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Jika tidak, maka peluang kamu diterima di tempat baru akan semakin kecil. Jika pun diterima maka pekerjaan yang diberikan akan di luar ekspektasi sehingga kamu tidak bisa menikmati pekerjaan apalagi mengembangkan diri lebih baik.

Sedangkan untuk tips anak baru kerja yang umumnya tidak memiliki pengalaman bisa mengembangkan diri selama kuliah dengan berorganisasi. 

Akan lebih baik jika kamu pernah magang di perusahaan atau BUMN sebelumnya karena hal ini akan menarik perhatian perusahaan.

Biasanya, posisi yang diperoleh akan disesuaikan dengan jurusan masing-masing. Namun, untuk posisi MT (management trainee) biasanya job desk yang ada akan diubah-ubah sehingga kamu akan merasakan semua pekerjaan di berbagai posisi. 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu bekerja dengan baik dan kuasai 1-2 bidang karena nanti akan membantu di masa depan.

2. Track Record Perusahaan

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah track record perusahaan. Perusahaan yang baik pasti memiliki berita yang baik, jauh dari rumor, masalah dan lainnya. 

Black company yang biasa dikenal dengan ranah bisnis yang tidak jelas, suka mengeksploitasi karyawan, memiliki rumor buruk, dan lainnya haruslah dihindari.

Track record bisa kamu periksa dari banyak sumber seperti surat kabar, forum pekerja, pegawai setempat, teman dan lainnya. 

Alangkah lebih baik jika kamu mencari tahu tempat kerja tersebut dari internet sebelum memutuskan untuk memilihnya.

Tujuannya agar kamu bisa memilih yang tepat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.

3. Gaji

Besaran gaji yang akan diperoleh juga menjadi salah satu pertimbangan besar bagi setiap pekerja. Karena, gaji yang lebih besar akan menjamin kesejahteraan kamu dan keluarga nantinya.

Akan tetapi, setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda terhadap gaji ini. Bahkan beberapa perusahaan memiliki basic gaji yang berbeda untuk posisi yang sama jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya.

Contohnya saja, kantor baru Rans Entertainment dengan posisi video editor bisa mendapatkan gaji sampai Rp 12 juta. Namun, untuk perusahaan lain bisa sebesar UMR masing-masing wilayah semata.

Walaupun demikian, pastikan gaji dengan biaya hidup yang ada di daerah tersebut sesuai. Contohnya saja daerah Jakarta yang biaya hidupnya cukup tinggi sehingga kamu minimalnya memiliki Rp 4,5 juta agar bisa hidup tenang di kota tersebut. Namun, dengan gaji yang sama kamu bisa hidup berlebih jika memilih tinggal di Yogyakarta. 

4. Lokasi

Lokasi juga harus diperhatikan dengan baik saat mencari kantor baru. Semakin dekat dengan tempat tinggal masing-masing maka akan semakin baik. Karena kamu bisa menghemat waktu perjalanan dan biaya akomodasi.

Jika tempat kerja tersebut tidak dekat dari tempat tinggal maka pastikan moda transportasi terdekat tersedia. 

Contohnya saja stasiun kereta, terminal, dan lainnya. Jika kamu ingin memakai kendaraan pribadi maka pastikan kantor tersebut menyediakan parkiran karyawan yang memadai.

5. Peluang Mengembangkan Diri

Saat mencari tempat kerja baru maka kamu harus memastikan adanya peluang untuk mengembangkan diri. Bentuknya bisa berupa seminar, pelatihan, lokakarya baik itu yang diselenggarakan perusahaan sendiri maupun dari luar.

Semua bentuk pengembangan diri ini memiliki nilai yang sangat besar bagi karyawan. Karena kamu bisa memiliki berbagai skill dan kompetensi yang bisa mendukung kinerja di kantor. 

Beberapa kantor baru MS glow dan lainnya biasa melakukan hal ini karena terbukti dapat memberikan keuntungan besar bagi perusahaan. 

Namun, bagi karyawan yang ingin meningkatkan kemampuan diri sekaligus memantapkan posisi di perusahaan maka usahakan untuk memiliki sertifikat K3. 

Mengapa? Karena setiap perusahaan saat ini mewajibkan minimalnya 1 orang ahli K3. Walaupun jenis bisnisnya minim dari kecelakaan kerja sekalipun. 

6. Jenjang Karier

Kantor dengan jenjang karier yang pasti tentu lebih menarik untuk dimasuki. Karena, jenjang karier tersebut berkaitan langsung dengan peningkatan pendapatan, kekuasaan, kompetensi, dan tanggungjawab.

Jadi, kantor tersebut akan lebih disukai banyak calon karyawan daripada kantor lainnya yang tidak memiliki jenjang karier yang pasti. 

Hal ini bisa kamu ketahui melalui struktur organisasi atau dengan menanyakannya ketika dalam proses rekrutmen.

7. Insentif Lainnya

Selain 6 hal di atas, kamu juga harus memperhatikan berbagai insentif ataupun fasilitas yang disediakan perusahaan tersebut. 

Beberapa kantor baru  memberikan insentif tambahan seperti uang transportasi, uang makan, uang perjalanan dinas, kesehatan kerja, asuransi dan lainnya.

Fasilitas perusahaan seperti lahan parkir, suasana yang nyaman, lingkungan yang aman, dll. Akan tetapi, tidak semua perusahaan yang memiliki insentif dan fasilitas demikian. Oleh karena itu, pastikan kamu memeriksa hal ini terlebih dahulu agar nantinya bisa bekerja dengan lebih baik. 

Sekarang kamu bisa memilih kantor baru yang tepat sesuai dengan keinginan masing-masing. Namun, sebaiknya kamu juga memiliki polis asuransi kecelakaan diri atau cari kantor baru yang bisa memberikan jaminan tersebut.

Jika kamu ingin membeli secara mandiri, kamu bisa membeli di Asuransi Simas Insurtech Persona Insurtech yang akan memberikan perlindungan finansial yang lebih baik sehingga bekerja di tempat baru menjadi lebih tenang, aman, dan nyaman.

Tinggalkan komentar