Dengan Hometown Bubur Kacang Ijo Rumahan pun Uenak Tuenan

Last Updated on 20 Februari 2021 by Joko Yugiyanto

Berbicara tentang kuliner sehat tentu ada satu menu favorit atau menu yang tak akan terlupakan. Ada banyak menu dan pastinya tiap orang berhak memiliki pilihan beda. Dan kali ini saya ingin cerita tentang bubur kacang ijo rumahan yang enak tuenan.

bubur kacang ijo rumahan dengan hometown
jokoyugiyanto.com

Saya katakan uenak tenan karena bubur yang satu ini berbeda dengan yang lain. Selain itu pastinya saya ada momen tak terlupakan dengan bubur yang terkenal dari tanah Madura ini.

Jujur saya merasakan bubur dari kacang-kacangan ini terasa nikmat usai mengikuti diklat dan latihan dasar pecinta alam. Selama 10 hari kami para peserta diklatsar berada di tengah hutan.

Diuji kesadaran dan kewarasan dalam kondisi keterbatasan. Semua hal yang sebelumnya serba cukup dalam sekejap tiba-tiba menghilang.

Bagi mereka yang tidak kuat sudah pasti akan menyerah. Sementara itu dalam kamus saya hingga saat ini tak ada kata menyerah. Yang ada kemudian hanya mencoba dan terus mencoba. Berhasil atau tidaknya itu bukan urusan saya.

Baca juga: Kenapa Harus jokoyugiyanto.com

Kisah Sengsara Membawa Nikmat

Mereka yang tumbuh di tahun 90-an awal pastinya tahu kisah si Madun. Namun kali ini saya tidak ingin bercerita tentang novel yang kemudian nge-hits dilayar kaca tersebut.

Di sini yang ingin saya ceritakan tentu saja tentang bubur kacang ijo. Dimana makanan ini pernah menjadi salah satu kuliner paling enak dalam hidup saya.

Kala itu kami yang hanya berdelapan ditempa untuk lebih tangguh dan lebih siap. Selama itu pula kami diajarkan tentang banyak hal. Terutama tentang cara survival dengan makan ala kadarnya.

Setelah berhari-hari tinggal di hutan dan mengisi perut dengan apa yang tersaji tanpa bumbu masak. Dan dihari terakhir itu ingat betul makanan yang mereka suguhkan ke kami adalah bubur kacang ijo.

Kini, menu ini seolah tidak bisa jauh dari saya. Beruntung sangat mudah untuk mendapatkannya. Dimana saya tinggal, dimana saya bekerja, dimana saya nongkrong begitu mudah menemukan bubur yang relatif sederhana dalam proses pembuatannya.

Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Rumahan yang Enak

Terkesan lebay mungkin saya membuat judul diatas tapi faktanya demikian. Satu olahan berbahan dasar kacang ijo ini bisa dimodifikasi sedemikian rupa.

Cara membuat tidak ribet pastinya. Buktinya, saya yang laki-laki pun tinggal plang plung dan selesai.

Bahan-bahan
– 250 gr Kacang Hijau
– 100 gr Gula Merah
– 100 ml Susu Segar Hometown
– 1 sdt Garam
– 5 sdm Gula Pasir
– 1 Daun Pandan disimpul atau potong
– 1 Ruas Jahe digeprek
– 1 ltr air

Langkah-langkah
1.Rendam kacang hijau selama 1 jam, setelah itu tiriskan
2.Rebus kacang hijau yang direndam
3.Jangan lupa masukkan jahe, dan daun pandan
4.Tutup panci agar panas merata
5.Masak hingga kacang hijau empuk dan wangi
6.Masukan gula merah serut
7.Masukan garam dan gula pasir
8.Setelah larut masukkan susu segar dan aduk
9.Jangan lupa periksa rasa bila ada bahan yang harus ditambahkan
10 Bubur siap dihidangkan dan jangan lupa gunakan susu Hometown Dairy sebagai topping pengganti santan

Mudah bukan dalam membuat bubur kacang ijo rumahan ini dan pastinya semua pasti bisa. Jangan ragu untuk mencoba membuat berbagai menu dengan bahan yang sama karena ini akan melatih naluri memasak.

Hometown Diary Bikin Semua Makin Enak

Percaya atau tidak percaya tapi susu segar ini benar-benar mampu membuat sajian makin istimewa. Bukan hanya untuk bubur kacang ijo saja tapi bisa juga digunakan untuk menu lainnya.

Sebagai contoh bagi penyuka cendol atau cincau pasti bisa membuat minuman makin nikmat dengan susu tanpa bahan pengawet ini. Menjadi jaminan bagi mereka yang memiliki keberanian untuk berkreasi.

Hampir semua produk yang dibuat tanpa bahan tambahan tidak bisa bertahan lama. Pun demikian dengan Hometown, begitu kemasan dibuka sangat disarankan untuk dihabiskan.

Jangan biarkan terlalu lama didiamkan. Seyogyanya setelah dibuka maksimal hanya 3 hari saja dan itupun harus disimpan di lemari pendingin.

Apabila kemasan masih tersegel maka akan bisa bertahan dalam waktu 7 hari. Itu pun harus dipastikan disimpan di dalam kulkas.

Dengan slogan, Taste Really Good and Fresh. Membuat mereka senantiasa berkomitmen bagaimana susu segar dengan citarasa enak tetap terasa.

Saat ini cukup mudah menemukan Hometown. Khususnya mereka yang tinggal di kota maka bisa mengunjungi Lulu Hypermart, Ranch Market, Farmers Market, Lotte Mart, Aeon, Kemchicks, Foodhall, Superindo, Duta Buah, Hero, Hypermart, Rumah Buah dan pastinya Jakarta Fruit Market.

Bila tidak ingin repot dalam membuat bubur kacang ijo rumahan ini pastinya lebih disarankan membeli via marketplace. Susu segar yang telah tersertifikasi ini bisa didapatkan di Shopee dan Tokopedia. Untuk nama tokonya ada GGL Official Shop dan GGF Mart.

Susu segar kaya manfaat ini pastinya akan menjaga kesehatan lebih baik. Terutama di masa pandemi dimana daya tahan tubuh harus dijaga. Jangan lupa untuk minum susu pada pagi dan sore untuk hidup lebih berkualitas.

2 pemikiran pada “Dengan Hometown Bubur Kacang Ijo Rumahan pun Uenak Tuenan”

Tinggalkan komentar