Mudah, Begini Cara Convert Paypal ke Rupiah

Last Updated on 12 Januari 2022 by Joko Yugiyanto

Bagi kita sebagai blogger yang acapkali menerima pembayaran via paypal maka harus tahu cara convert paypal ke rupiah. Tujuannya sudah pasti agar saldo di dapat bisa digunakan untuk jajan sehari-hari.

cara convert paypal ke rupiah

Lain cerita bagi mereka yang hobi jajan virtual dengan mata uang asing dollar. Tak perlu convert paypal ke rupiah dan langsung bisa digunakan.

Menjadi blogger atau lebih luas sebagai content creator memberi kesempatan untuk miliki pangsa pasar lebih luas. Mereka yang bisa menjadi rekanan atau klien bukan hanya warga lokal semata.

Lebih dari itu adalah warga dari seluruh dunia. Bagi saya pribadi yang minim bahasa asing pun tak perlu khawatir bila mendapat potensi dari belahan dunia manapun.

Dengan adanya google semua itu jadi mungkin. Dan kini saya ingin lebih fokus tentang bagaimana cara convert paypal ke rupiah saja.

Sehari-hari Kita Jajan Menggunakan Rupiah Bukan Dollar

Kalau saja kita sudah bisa jajan Ale-ale atau Teh Gelas menggunakan dollar atau paypal mungkin kita sudah tidak perlu repot-repot lagi. Faktanya mata uang asing itu hanya akan laku bila digunakan untuk belanja tertentu.

Bahkan saat ini masih jarang ada marketplace atau toko-toko yang bisa melayani pembayaran via paypal. Padahal cara belanja ini sangat praktis dan tidak perlu memikirkan uang kembalian.

Cukup pilih produk / barang / jasa ingin dibeli dan secara otomatis saldo akan terpotong. Terlebih bagi mereka yang sudah terbiasa maka cara ini akan menjadi candu. Selain menawarkan kemudahan cara ini juga menawarkan kecepatan dan keamanan dalam transaksi.

Baca juga: Cara Bikin Akun Premium Gratis Shutterstock

Cara Convert Paypal ke Rupiah

Langsung ke intinya saja, paypal selain bisa diakses menggunakan web juga telah miliki aplikasi. Dimana menurut saya pribadi keduanya saling melengkapi.

Untuk berbelanja seperti tadi yang sudah saya katakan, sangat praktis, mudah, cepat dan aman. Sementara itu untuk convert paypal ke rupiah lebih disarankan menggunakan tampilan web.

Secara pribadi saya sudah mencoba convert paypal ke rupiah via aplikasi tapi tidak berhasil. Tak perlu waktu lama saya pun buka via web dan langsung berhasil.

Sangat disarankan bagi mereka yang miliki paypal untuk lengkapi data atau dokumen selengkap mungkin. Salah satunya dengan menyertakan bank yang akan dikoneksikan.

Saya pribadi mengkoneksikan dengan Bank Mandiri karena kebetulan sudah sejak lama menjadi pengguna bank yang satu ini. Selain bank mandiri bisa saja dihubungkan dengan bank-bank lain.

Namun tingkat keberhasilan dan berapa lama prosesnya saya belum tahu. Dengan bank Mandiri ini convert paypal ke rupiah lumayan cepat meski bukan real time tapi tidak lebih dari 1×24 jam.

Hal ini bisa saja terjadi karena nilai tukar dollar dengan rupiah yang bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu pihak bank harus memastikan saat terjadi pertukaran berapa nilai tukar yang tepat.

Sederhananya seperti ini:

  1. Masuk ke akun Paypal
  2. Pilih menu Ringkasan
  3. Pilih menu Transfer Dana
  4. Pilih bank tujuan dimana saya menggunakan bank Mandiri
  5. Pilih Berikutnya
  6. Masukkan nominal saldo yang ingin di convert
  7. Pilih menu Berikutnya

Mudah bukan dan cara ini bisa dipilih daripada menggunakan jasa orang lain yang tidak diketahui kredibilitasnya. Kecuali kita melakukan convert paypal dengan orang-orang yang kita kenal sebelumnya.

Jangan sampai kita sudah kirim sekian dollar dan kemudian raib tanpa kabar.

Tinggalkan komentar