Kartu AXIS Kamu Sudah Tidak Terpakai? Ini Cara Menonaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Terdaftar

Last Updated on 16 Juli 2021 by Joko Yugiyanto

Cara menonaktifkan kartu AXIS yang sudah terdaftar perlu diketahui bila kamu memiliki nomor AXIS yang sudah tidak lagi digunakan. Hal ini untuk menjaga timbulnya masalah dikemudian hari karena dalam beberapa kasus muncul nomor yang di “daur ulang.”

cara menonaktifkan axis

Daur ulang ini saya katakan bila mana nomor yang pernah dipakai dan tidak aktif kemudian muncul (aktif) kembali. Hal ini tentu bisa saja disalahgunakan orang tak bertanggung jawab.

Terlebih kita ketahui bahwa saat ini, kebijakan pemerintah mengharuskan pengguna layanan jasa telekomunikasi prabayar untuk melakukan registrasi sebelum menggunakan layanan secara utuh. Untuk melakukan registrasi, kita harus memasukkan data diri berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Kebijakan yang sejatinya baik dimana pemerintah berupaya menjaga keamanan para pengguna layanan jasa telekomunikasi dari tindak kejahatan seperti penipuan, dan sebagainya. Di dalam peraturan tersebut, pemerintah juga membatasi penggunaan kartu SIM.

Dimana satu pengguna maksimal hanya bisa melakukan registrasi ke tiga kartu SIM berbeda. Bila kita sudah terdaftar sebanyak 3 kali maka untuk melakukan pendaftaran ke SIM lain perlu menonaktifkan data yang sudah terdaftar sebelumnya. Selain itu pastinya agar itu nomor tidak disalahgunakan.

Baca juga: Cara Praktis Cari Duit dari Internet, Real Pengalaman Nyata

Cara Menonaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Terdaftar

Bila kita memiliki nomor AXIS terdaftar tapi sudah tidak lagi digunakan atau hilang, sebaiknya perlu dilakukan penonaktifan kartu SIM untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ada beberapa cara untuk melakukan penonaktifan kartu SIM AXIS dan semua cara itu terbilang mudah. Cukup melakukan penonaktifan menggunakan dial atau melalui SMS.

1. Menonaktifkan Kartu AXIS Terdaftar dengan Dial

Untuk menggunakan cara ini pemilik nomor tidak diharuskan memiliki pulsa. Hanya perlu memasukkan angka *123*4444# pada menu panggilan di ponselmu, lalu pilih panggil atau call.

Setelah melakukan panggilan, maka akan muncul tampilan berisi nomor beserta identitas diri seperti NIK dan KK yang didaftarkan sebelumnya. Jika data yang ditampilkan sudah sesuai,  maka kita cukup menyetujui pembatalan penghapusan data, lalu datamu pun terhapus.

2. Menonaktifkan Kartu AXIS Terdaftar dengan SMS

Jika cara pertama tidak berhasil, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan kartu AXIS melalui SMS. Untuk melakukan penonaktifan melalui SMS, pemilik tinggal mengirim pesan ke 4444 dengan format SMS UNREG#Nomor Axismu, contoh: UNREG#083898765432.

Setelah pesan dikirim, kita akan menerima SMS balasan yang berisi notifikasi bahwa NIK dan KK yang didaftarkan berhasil dihapus.

Demikianlah 2 cara menonaktifkan kartu AXIS yang sudah terdaftar. Jika nomor AXIS berhasil dinonaktifkan, maka nomor tersebut tidak lagi akan terdaftar atas nama kita dan pastinya bila suatu saat berpindah tangan kita akan tenang.

Selain itu pastinya kuota kita untuk miliki nomor lain akan tersedia. Ingat kuota nomor yang bisa didaftarkan atas nama kita hanya 3 dan seyogyanya gunakan sebaik mungkin.

Tinggalkan komentar