Cara Mudah Cegah Karang Gigi

Last Updated on 21 Desember 2021 by Joko Yugiyanto

Seringkali kita miliki perilaku kurang baik yang sebabkan munculnya karang gigi. Oleh karena itu menjadi penting bagi setiap orang untuk mengetahui dan memahami apa yang harus dilakukan untuk cegah karang gigi.

cegah karang gigi
pixabay.com

Karang ini disebabkan adanya Tartar. Atau dalam bahasa sederhana bisa dikatakan sebagai mineral keras yang menumpuk.

Kondisi ini akan sangat mungkin pada mereka yang jarang menjaga kebersihan gigi akan mengalami penumpukan plak. Gigi kamu akan sulit untuk membendung hal tersebut, sehingga plak tersebut terus menempel. Plak tersebut membawa bakteri yang dapat merusak email gigi dan membuat gigi berlubang.

Karang gigi bukan hanya membuat kita tidak nyaman ketika bertemu orang lain. Selain itu tentunya akan membuat rasa percaya diri kurang terpancar.

Menjadi fatal bila ini terjadi pada mereka yang miliki pekerjaan harus sering bertatap muka. Terlebih pada orang baru, bisa jadi apa yang disampaikan sejatinya miliki konsep yang baik.

Hanya saja karena kesan kurang baik yang muncul maka semua bisa berantakan. Lose deal menjadi ancaman nyata bila karang gigi tidak dicegah sedini mungkin.

Penyebab yang Tidak Disadari

Karang gigi tidak terbentuk seketika. Butuh proses panjang untuk kemudian muncul apa yang namanya karang gigi.

Kunci utama dari cara cegah karang gigi tentunya adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Bila ada satu masalah dan tidak segera diobati maka besar kemungkinan karang tersebut akan tercipta.

Penyebab utama dari karang gigi biasanya karena enggan rajin menggosok gigi. Idealnya dalam satu hari minimal 2 kali gosok gigi yakni pada pagi dan jelang tidur.

Selanjutnya mereka yang hobi merokok atau mengkonsumsi makanan yang manis lebih rentang munculnya karang gigi. Ada baiknya hindari semua itu atau minimal kurangi konsumsinya.

Mungkin kita tidak menyadari ternyata mulut kering pun bisa bikin menyebabkan masalah. Jaga kelembaban agar tetap baik-baik saja.

Cara Cegah Karang Gigi

Ketika kita sudah tahu apa saja penyebab munculnya karang gigi. Maka kini dengan mudah kita akan bisa melakukan pencegahan.

Beberapa langkah berikut dipercaya ampuh untuk cegah karang gigi membandel:

1. Sikat Gigi Teratur

Menyikat gigi bukan hanya menjaga kesehatan semata. Lebih dari itu juga menjaga atau mencegah timbulnya karang pada gigi.

Bekas sisa makanan bila tidak segera dibersihkan akan memiliki dampak kurang baik. Idealnya dalam setiap kali sikat gigi dilakukan selama 2 menit.

Setiap gigi harus dibersihkan. Bukan hanya gigi depan yang terlihat saja tapi juga harus sampai pada gigi belakang.
Baik itu pagi hari usai bangun tidur atau malam hari saat hendak tidur. Lakukan secara teratur dan jangan sampai kelewatan.

2. Pilih Pasta Gigi Berfluoride

Saat ini ada banyak jenis pasta gigi dan diantara yang paling dianjurkan tentu saja yang mengandung fluoride. Hal ini karena dipercaya mampu mencegah pembentukan karang gigi.

Fluoride yang ada membantu memperbaiki kerusakan email yang kemudian bisa berkembang menjadi karang gigi. Bisa juga memilih pasti gigi yang miliki kandungan zat triclosan yang ampuh melawan bakteri pembentuk plak.

3. Gunakan Benang Gigi

Karang gigi paling manjur disingkirkan dengan benang gigi. Terutama pada bagian diantara gigi.

Benang gigi juga miliki keunggulan karena fleksibel atau mudah menjangkau bagian-bagian sulit. Tak ada salahnya untuk membeli benang gigi sebagai upaya mencegah munculnya karang.

4. Obat Kumur

Cara lain yang bisa ditempuh untuk cegah karang gigi tentunya dengan obat kumur. Perhatikan cara pemakaian yang benar dan jangan sampai tertelan saat menggunakan.

Obat kumur ini bisa digunakan usai sikat gigi karena terbukti ampuh membunuh kuman dan membersihkan gigi. Selain itu juga bisa menjaga mulut tetap segar sepanjang hari.

Tinggalkan komentar