Tech

Generasi Milenial, Kamu Perlu Tahu Perbedaan dari Alat Komunikasi Ini!

Perbedaan dari Alat Komunikasi

Perkembangan teknologi dari zaman ke zaman mengalami perubahan yang begitu pesat. Sehingga mengakibatkan beberapa alat komunikasi yang dahulu populer, kini sudah mulai ditinggalkan setiap harinya. Dan kamu sebagai generasi milenial harus mengetahuinya.

Dunia tak selebar daun kelor dan kaum milenial harus tahu itu. Inovasi dalam dunia komunikasi selalu berubah karena persaingan pasar yang begitu ketat.

Alat atau jenis komunikasi ini setidaknya terbagi menjadi dua, yaitu alat komunikasi modern dan alat komunikasi tradisional. Perbedaannya hanyalah alat untuk komunikasi zaman dahulu tidaklah secanggih saat ini.

Zaman dahulu alat komunikasi hanya berupa suara, sedangkan di zaman modern saat ini produsen berlomba-lomba untuk menciptakan atau membuat alat serupa yang multitasking atau penggunaannya lebih efektif dan efisien.

Well, berikut ini merupakan beberapa alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern yang punya history sendiri. Yuk, Simak!

1. Kentongan

kentongan
shopee.co.id

Kentongan merupakan salah satu alat tradisional yang masih digunakan sampai sekarang ini. Biasanya kentongan berfungsi sebagai tanda informasi bagi warga atau masyarakat sekitar ketika terjadi sesuatu hal yang bersifat waspada atau hanya sekedar memberikan suatu pengumuman. Alat kentongan ini terbuat dari pohon bambu dan alat ini sendiri sering dipakai sebagai ronda malam masyarakat.

2. Surat

surat
finansialku.com

Surat merupakan salah satu alat komunikasi yang paling tepat untuk menyampaikan informasi atau hanya sekedar menanyakan kabar baik keluarga, teman bahkan sahabat jauh. Namun, saat ini penggunaan surat sudah jarang dilirik bahkan sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakat karena lebih dianggap kurang efektif.

3. Gong

gong
medium.com

Alat ini terbuat dari logam dan identik dengan suara yang dikeluarkan sungguh sangat khas. Gong dimainkan dengan cara dipukul, yaa. Fungsi dari gong sendiri adalah sebagai pengiring musik untuk acara pentas seni, seperti menari. Dan digunakan juga untuk acara-acara sakral.

4. Bedug

bedug
kompasiana.com

Memiliki fungsi yang sama seperti alat tradisional yang lain. Tabuhan bedug sendiri berguna sebagai suara pengiring alunan adzan saat waktu sholat telah tiba. Selain itu, bedug juga berfungsi untuk mengumpulkan masa dan sebagai alat pengiring pentas seni.

5. Televisi

televisi
shopee.co.id

Televisi merupakan alat komunikasi yang sempurna untuk memberikan suatu informasi kepada para penonton. Kenapa dikatakan sebagai alat komunikasi yang sudah sempurna? Karena televisi sendiri sudah menyediakan suara dan visual yang nyata. Media komunikasi satu ini sangat populer sekali. Karena hampir semua rumah pasti memiliki televisi.

6. Telepon Rumah

telepon rumah
shopee.co.id

Alat komunikasi modern yang satu ini memang sudah tidak terlalu populer saat ini, namun masih banyak rumah atau perusahaan yang menggunakan telepon rumah. Telepon Rumah berguna sebagai alat berkomunikasi penghubung antar dua orang dengan jarak yang jauh. Dan membuat satu sama lain dapat berkomunikasi atau berbincang dengan baik. Sungguh sangat efisien dan efektif, bukan?

7. Laptop atau Komputer

laptop komputer
santridrajat.com

Komputer atau laptop merupakan produk yang canggih yang mampu mengolah suatu informasi yang mampu meringankan tugas kantor atau bahkan tugas kuliah. Kamu juga dapat menggunakan komputer dan laptop untuk bermain game favoritmu.

8. Radio

radio
sony.co.id

Dari zaman ke zaman radio masih menjadi alat komunikasi populer yang banyak dicintai pendengarnya. Sampai saat ini selain dari orang tua, anak-anak muda pun banyak menggunakan radio untuk mendengarkan musik favorit mereka dan program-program keren lainnya.

Nah, itulah perbedaan alat komunikasi tradisional dan modern yang perlu kamu tahu. Terimakasih sudah membaca ulasan artikel diatas. Semoga bermanfaat!

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Open chat