Ini Dia Jenis Mesin Cuci Otomatis, Pilih Sesuai Budget dan Kebutuhan

Last Updated on 28 Mei 2020 by Joko Yugiyanto

Bagi mereka yang tinggal di kota mesin cuci otomatis seolah menjadi kebutuhan. Terlebih bagi keluarga baru yang mana baik suami dan istri bekerja di kantor dan tak ingin lelah menyelesaikan urusan domestik.

Namun yang terjadi kemudian merasa bingung harus pilih mesin cuci seperti apa mengingat mesin cuci banyak pilihnya. Bila salah beli bisa jadi mesin bekerja tidak sesuai peruntukkan atau mungkin kurang optimal.

Sayang bukan,

Oleh karena itu saya mencoba untuk membuat tulisan tentang mesin cuci yang setidaknya bisa menjadi panduan bagi mereka yang ingin membeli alat cuci baju. Saat ini di pasaran paling banyak tersedia 3 jenis mesin cuci otomatis yang terdiri dari:

1. Mesin cuci 1 tabung top loading

Dari namanya saja mungkin kita sudah tahu bahwa mesin cuci ini memiliki satu tabung dan bukaan berada di atas.

2. Mesin cuci 2 tabung top loading

Untuk jenis mesin cuci ini memiliki 2 tabung yang mana 1 tabung untuk mencuci dan 1 tabung untuk mengeringkan.

3. Mesin Cuci Front loading

Bila 2 mesin cuci pertama pintu ada diatas maka untuk jenis mesin cuci ini pintu ada di depan. Mesin cuci ini memiliki harga yang lebih baik dari 2 jenis mesin cuci sebelumnya.

Perbedaan lain yang ada pada mesin cuci adalah teknologi yang di gunakan. Mesin cuci dengan bukaan atas menggunakan tabung yang berdiri. Hal ini membuat hasil cucian kurang optimal karena antar baju akan saling melilit dan perputaran air membuat pusaran di tengah tabung.

Lain dengan mesin cuci bukaan depan dimana tabung akan berputar secara vertikal. Tak ubahnya roda yang terus berputar membuat baju akan terus turun ke bawah. Hasil cucian dari jenis ini jauh lebih baik dari bukaan atas.

Tak hanya itu saja mesin cuci dengan bukaan atas hanya mampu mengeringkan baju hingga 70 persen. Lain dengan bukaan depan, tingkat kekeringan yang dihasilkan ternyata mampu mencapai 95 persen. Oleh karena itu wajar saja bila kemudian mesin cuci dengan bukaan depan menjadi favorit.

Selain berkaitan dengan hasil cuci dan proses pengeringan untuk membeli mesin cuci ada baiknya untuk mengetahui teknologi yang diterapkan. Saat ini setidaknya ada 2 jenis teknologi meski sama-sama disematkan pada mesin cuci otomatis.

Dua teknologi tersebut adalah:

1. Semi computerized

Teknologi ini belum sepenuhnya menggunakan teknologi yang terkomputerisasi. Semua proses pekerjaan harus melibatkan operator atau pengguna. Semisal untuk memulai harus tekan tombol start dan finish untuk menyelesaikan.

Selain itu untuk berbagai proses yang berbeda semisal mencuci, membilas atau mengeringkan masih harus di lakukan secara manual. Suara dan getaran yang dihasilkan juga masih terasa yang mungkin bikin seseorang merasa tidak nyaman.

2. Full computerized

Mesin cuci ini sangat praktis karena dengan sekali tekan tombol maka berbagai proses akan berjalan dengan sendirinya. Hanya tinggal setting pada pengaturan di awal karena telah full computerized.

Semua jenis mesin cuci itu harganya pasti beda-beda. Ada baiknya untuk lakukan cek 3 harga untuk masing-masing jenis untuk kemudian di sesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Jangan sampai salah pilih karena mesin cuci bisa di pakai hingga beberapa tahun ke depan.

Menjadi penting pula saat menggunakan mesin cuci untuk membaca petunjuk atau manual book yang diberikan saat kali pertama membeli. Di dalamnya terdapat ketentuan tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh di lakukan untuk memastikan mesin cuci otomatis bekerja dengan maksimal.

Tinggalkan komentar