Kenali Jenis Sepeda Gunung Agar Tidak Salah Pilih

Last Updated on 11 Juli 2021 by Joko Yugiyanto

Satu tahun lebih pandemi masuk tanah air dan belum nampak tanda-tanda akan berakhir. Dan seiring itu pula kesadaran masyarakat untuk berolahraga kian tinggi. Tak butuh waktu lama jenis sepeda gunung pun banyak diburu.

jenis sepeda gunung
pixabay.com

Ada beberapa jenis olahraga yang kemudian populer. Bisa jadi kamu adalah salah seorang pelaku dari olahraga yang sedang hits saat ini.

Bersepeda tentunya menjadi opsi terbaik. Bagaimana bisa memanjakan mata dan kemudian bisa tetap menjaga kesehatan.

Menariknya ternyata jenis sepeda yang ada di pasaran begitu banyak. Memudahkan bagi siapa saja untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ada.

Olahraga ini juga relatif aman karena bisa membuat antar pesepeda jaga jarak. Sangat kecil kemungkinan mereka bisa bersepeda terutama mereka yang doyan tantangan dengan sepeda gunung.

Jenis Sepeda Gunung Terpopuler

Sepeda gunung atau yang biasa kita kenal dengan Mountain Bike (MTB) ini pun ternyata banyak jenisnya. Aneka varian yang ada memberikan keleluasaan bagi siapa saja untuk menyesuaikan baik itu budget maupun kebutuhan.

Diantara sekian banyak jenis sepeda gunung setidaknya ada 9 jenis sepeda gunung yang populer. Sembilan jenis sepeda gunung tersebut antara lain:

1.  Sepeda Gunung Trail

Jenis ini bisa jadi adalah sepeda gunung yang sesungguhnya. Dimana didisain untuk menapak di gunung yang serba ketidakpastian di jalan offroad.

Memiliki ciri khas rangka yang lebih landai dan cocok untuk segala medan tentunya. Setang yang lebih panjang juga memberi kesan lebih percaya diri untuk meluncur.

2. Sepeda Gunung Cross-Country

Sepeda gunung jenis ini tak ubahnya dengan yang pertama. Hanya saja secara berat lebih ringan dan cocok digunakan untuk mendaki dan melaju dengan kecepatan tinggi. Bagi mereka yang suka main turunan disarankan tidak memiliki jenis ini karena kendali yang lebih sulit.

3.  Sepeda Gunung Enduro / All mountain

Favorit bagi mereka yang benar-benar menekuni olahraga anti mainstream. Dimana sepeda ini benar-benar disiapkan untuk membabat semua medan yang ada.

Dengan rangka yang kokoh dan travel suspensi memungkinkan segala medan lancar dilalui. Baik itu medan yang kasar maupun rumit menjadi hal mudah dengan sepeda ini.

4. Sepeda Gunung Gravity / Downhill

Mungkin kita sering mendengar sepeda downhill dan benar adanya. Sepeda ini dibuat untuk lebih menjawab mereka yang suka tantangan untuk menuruni bukit.

Turunan yang tidak menentu, bergelombang, kasar bisa dengan mudah dilalui dengan sepeda jenis ini. Sepeda dengan suspensi yang lebih panjang ini dilengkapi dengan penyerapan goncangan sehingga bisa menahan gravitasi yang ada.

5. Sepeda Gunung Dirt Jump

Ingin miliki sepeda gunung tapi tidak mau mencoba kerasnya offroad maka ada baiknya mencoba sepeda gunung Dirt Jump atau DJ. Jenis ini lebih mirip dari perpaduan sepeda gunung dan BMX.

Sebagian orang menyebut jenis sepeda gunung ini dengan sepeda urban atau sepeda gunung street. Sangat pas dan cocok digunakan untuk menjelajah jalan biasa atau taman. Tak jarang sepeda ini juga digunakan untuk sepeda atraksi di medan off road.

6. Sepeda Gunung Freeride

Jenis lain yang tak kalah menarik tentu saja ada Freeride yang merupakan kombinasi sepeda gunung downhill dan dirt jump. Sepeda ini lebih cocok digunakan bagi mereka yang suka atraktif.

Sesuai dengan namanya freeride atau bebas berkendara. Tidak ada aturan baku harus bagaimana, paling penting adalah nikmati perjalanan.

7. Fat Bikes

Pernah melihat sepeda yang tak lumrah dengan roda dan ban yang sangat besar. Mereka ini termasuk dalam jenis fat bikes atau sepeda roda gendut.

Sangat jarang orang memilih jenis ini dan bila ada pastinya akan lansung mencuri fokus. Dengan ukuran ban yang oversize dan tekanan udara rendah membuat sepeda begitu mudah mencengkram tanah.

8. Sepeda Gunung Listrik

Kini sepeda listrik tidak saja kita temukan bagi mereka yang ingin melaju di jalan mulus perkotaan. Di area pegunungan pun bisa ditemukan sepeda gunung listrik.

Beberapa waktu terakhir sepeda gunung listrik atau e-MTB ini kian diminati. Maklum saja mereka (penguna) akan dimanjakan daya dorong dari mesin listrik yang ada sehingga bisa menghemat energi.

9. Sepeda Gunung Perempuan

Produsen sepeda pun kini tahu betul cara memanjakan pengguna. Dimana mereka kini secara khusus menghadirkan sepeda gunung khusus bagi kaum hawa.

Bukan tentang warna tapi lebih pada nuansa yang benar-benar mewakili jiwa perempuan. Sepeda perempuan ini miliki kecenderungan geometri dan ukuran yang lebih kecil.

Hal ini karena memang secara prinsip biasanya mereka lebih kecil daripada laki-laki. Namun kemudian yang akan memutuskan tetap si pengguna mau mengunakan sepeda gunung jenis apa yang terbaik sesuai kebutuhan.

Bila sudah mengetahui kebutuhan dan budget yang ada maka segera cek harga sepeda gunung dan eksekusi segera. Jangan tunda lebih lama supaya bisa menikmati keseruan bersepeda di alam bebas.

Tinggalkan komentar