Kenapa Harus Kursus Digital Marketing

Last Updated on 10 September 2020 by joko yugiyanto

Percaya tidak percaya era digital telah datang dan hal ini ditandai dengan perputaran informasi yang sangat cepat. Siapapun yang mencoba enggan menggunakan digital marketing untuk meraup pasar maka dipastikan akan tertinggal. Hanya satu cara untuk bertahan yakni dengan belajar atau kursus digital marketing.

kursus digital marketing
pixabay.com

Mereka yang masih percaya sistem konvensional maka pelan tapi pasti akan menghadapi kepunahan. Teknologi informasi tak dapat dibendung dan memaksa siapa saja untuk aktif di dalamnya.

Bahkan dikutip dari laman Kontan diketahui dalam kondisi normal kebutuhan akan tenaga kerja dibidang digital marketing mengalami peningkatan setidaknya 60% setiap tahunnya. Angka itu akan terus naik seiring masuknya perusahaan asing masuk tanah air.

Mereka yang paling banyak menggunakan digital marketing adalah ecommerce, fintech, logistik dan lain-lain.
Terlebih saat ini di masa pandemi dimana ruang gerak manusia dibatasi. Butuh satu cara untuk tetap dapat memasarkan produk tanpa harus mengabaikan protokol kesehatan khususnya physical distancing.

Mencoba mencari jawab dari salah seorang pelaku digital marketing terbaik tanah air. Didik Arwinsyah menegaskan bahwa sudah saatnya bagi siapa saja untuk menjadi content creator, pelaku dunia marketing itu sendiri. Mereka yang hanya mencukupkan menjadi penonton aktif adalah orang yang paling merugi.

Tidak ada alasan untuk mengatakan tidak atau menolak teknologi yang telah digunakan di seluruh dunia ini. Hanya mereka yang melek digital yang akan menjadi pemenang dan sebaliknya mereka yang enggan belajar harus siap tertinggal.

Baca juga: 5 Langkah Memulai Bisnis Online dari Nol Hingga Pecah Telor

Siapa yang membutuhkan Digital Marketing?

Ketika muncul pertanyaan siapa yang membutuhkan digital marketing maka sudah pasti jawabannya adalah semua orang yang memiliki produk. Baik itu barang atau jasa dan ingin segera dikenal masyarakat luas dan dibeli.

Tidak lagi sebatas perusahaan besar, entrepreneur, pemilik usaha UKM baik besar maupun kecil saja tapi semua orang yang ingin menjangkau segmen lebih luas. Ilmu dan wawasan terkait dunia ini bisa didapat dengan mudah melalui kursus digital marketing.

Pemilik usaha konvensional harus mulai beralih sekarang juga. Paling mudah belajar dari suksesnya aplikasi Gojek dan Grab dimana mereka bisa merubah semua jadi lebih mudah dan murah.

Tukang ojek pangkalan dan pemilik usaha yang pada awalnya tak percaya pun kini telah menjadi mitra mereka. Bukan sekadar gengsi atau ikut-ikutan. Lebih dari itu adalah satu kebutuhan untuk menjawab kemajuan zaman.

Menjadi pengingat bagi siapa saja untuk mulai berpikir ke arah digital. Untuk memudahkan itu semua, trainer asal Medan domisili Jogja ini menegaskan ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk menjadi pemain digital marketing yang handal.

Yang perlu dipersiapkan untuk menjadi pelaku digital marketing

1. Mental

Kunci kesuksesan seseorang itu ada pada mental yang kuat. Tidak mudah menyerah dan mau terus belajar. Kesiapan mental seseorang ditandai dengan kemampuan dalam memberikan layanan / proses yang cepat.

2. Produk

Digital marketing tak ubahnya berjualan dengan sistem konvensional hanya saja caranya saja yang berubah. Bila dulu mensyaratkan pertemuan antara pembeli dan penjual kini tidak lagi. Dengan adanya teknologi digital semua kian mudah dan menjadikan proses jauh lebih cepat.

Untuk produk itu sendiri dibedakan menjadi 3:

– Fisik

Semua produk yang bisa dipegang dan disentuh dapat dikatakan sebagai produk fisik. Paling mudah tentu saja mereka yang berbisnis kuliner.

– Digital

Kini selain ada produk fisik yang bisa diperdagangkan adalah produk digital. Produk digital itu bisa berupa video tutorial, e-book dan lain-lain

– Jasa

Satu lagi produk yang bisa dijual dan tidak akan pernah habis tentu saja berupa jasa. Bagi mereka yang memiliki kemampuan dalam menguasai teknologi informasi dan sosial media tentu lebih mudah menjajakan produk ini.

3. Konsep Marketing

Marketing itu sendiri dalam bahasa sederhana adalah satu metode untuk memasarkan satu produk. Satu pelaku dengan yang lain tentu memiliki cara dan konsep yang berbeda-beda. Oleh karena itu menjadi penting bagi para pelaku untuk memiliki konsep yang matang.

4. Be Your Self

Diawal bila memang usaha belum besar dan tidak ada budget lebih maka semua pekerjaan pastinya akan dilakukan sendiri. Penting untuk tetap menjadi diri sendiri karena bila mudah terpengaruh konsep tidak akan tereksekusi dengan baik.

5. Bentuk Tim

Pelan tapi pasti tim itu harus ada. Dengan adanya tim maka semua pekerjaan akan terasa ringan karena dipikirkan bersama-sama untuk menemukan satu formula yang pas.

Masih menurut Didik salah satu hal yang paling penting dalam semua pekerjaan tak terkecuali dalam dunia digital marketing adalah adanya proses yang berkelanjutan. Dalam proses tersebut tentu harus ada komitmen dan konsisten. Tanpa dua hal itu maka mustahil apa yang dikerjakan akan membuahkan hasil.

Tips dan Trik untuk menjadi pelaku digital marketing yang handal:

1. Komunitas

Yang kedua dan juga penting adalah bergabung dengan komunitas karena disini akan ditemukan rekan-rekan yang sedang berproses. Dari mereka kita bisa melakukan amati, tiru dan modifikasi.

Menjadi penting bagi siapa saja untuk memiliki komunitas yang sesuai dengan bidang ditekuni. Semisal saja bila kita fokus digital marketing dengan platform blog / website maka sangat disarankan untuk bergabung dengan komunitas blogger.

Kini hampir disemua kota telah ada komunitas blogger. Di sana tak hanya belajar tentang bagaimana memaksimalkan potensi teknologi digital untuk menyasar market tapi juga untuk bercerita dan berbagi berbagai kendala yang dihadapi.

2. Tampil Beda

Sebisa mungkin bila ingin lebih dikenal publik maka konten kreator harus memiliki ciri khas. Paling mudah kini kita bisa melihat suksesnya Bintang Emon atau Kekeyi.

Sepintas lihat pun orang akan langsung tahu itu mereka dan tidak mungkin ada perdebatan. Tampil beda tentu saja membutuhkan keberanian karena tanpa itu bisa jadi kita tidak akan siap.

3. Mentor

Banyak orang percaya bahwa sukses itu bisa diraih tapi tak banyak mereka yang sadar bila semua itu butuh campur tangan orang lain. Salah satunya dengan adanya mentor.

Siapapun bisa dijadikan mentor tapi akan lebih baik bila mentor tersebut adalah mereka yang kaya pengalaman sehingga bisa membimbing dengan baik. Mampu melakukan analisa dan koreksi bila kita menemukan satu yang tidak sesuai bukan membiarkan hal itu terus berlangsung.

Selain mentor offline dalam arti mereka yang kaya pengalaman, mentor bisa juga berupa online. Paling mudah tentu saja dengan melihat konten yang ada di youtube. Hanya saja ini kurang disarankan karena tidak bisa menjadi pemberi advise / nasihat yang tepat.

Kursus Digital Marketing di Codeva Academy

Satu cara paling mudah tentu dengan mengikuti kursus digital marketing dan kini ada banyak tempat yang bisa jadi rujukan terbaik. Salah satu tempat memperdalam digital marketing ini mampu menyediakan mentor yang berpengalaman, kurikulum sesuai perkembangan dan kebutuhan industri dan pastinya komunitas yang akan mensuport semua peserta.

Dengan berbagai keunggulan diatas tentu menjadi wajar bila Codeva Academy sebagai pilihan utama. Dimana di tempat ini peserta benar-benar akan disiapkan untuk menjadi seorang pelaku digital marketing handal yang berkompeten.

Tak hanya dibidang digital marketing Codeva Academy juga sebagai produsen orang-orang yang mahir dalam urusan Data Science dan Fullstack Development. Jadi dengan segera kelebihan diatas buruan daftarkan diri kamu sekarang juga.

 

36 pemikiran pada “Kenapa Harus Kursus Digital Marketing”

  1. makasi banget loh kak infonya, ini pas banget aku lagi nyari, kemarin sempet mau kursus yang di sekolah terkenal itu lho tapi biayanya udah kaya S2.. masih nyari yang lebih terjangkau

    Balas
    • untuk dapat angka detail km bs isi form dan mereka kaan kirim list biaya untuk masing-masing paket, selain itu ada juga materi apa saja yang kelak akan dipelajari jadi bener-bener efektif gitu

      Balas
  2. Sebuah usaha yang pemasarannya hanya melalui cara biasa dan tradisional, pastinya bakalan ketinggalan kalau tidak beradaptasi dengan konsep digital marketing, sekalipun mau dipakai dua-duanya menurut saya digital marketing juga patut dikuasai.

    Balas
  3. Zaman sekarang, harus pintar-pintarnya peka terhadap lingkungan ya kang. Jika boleh meminjam kata prof Renald, biar tidak mengalami disrupsi. Saya pun niat, usaha kakak² yang di Bali bisa memanfaatkan kemudahan teknologi biar makin jos usahanya.

    Balas
  4. Sekarang sudah berganti zaman serba digital. Apa lagi sejak ada covid ini, mau tidak mau harus mengikuti dan belajar terus tentang digital. Jadi kurus digital marketing itu memang sangat perlu ya, ka 🙂

    Balas
  5. Sekarang ini sudah zamannya digital ya, mas Joko. termasuk pada penjualan produk. marketingnya harus menyesuaikan dan jadi digital juga. Karena orang pun sekarang sudah hampir semua bisa akses digital, baik lewat ponsel maupun laptop. Jadi memang perlu sekali kursus digital marketing. Bair paham benar bagaimana sistem dan triknya, agar penjualan produk meningkat

    Balas
  6. Wah, bener nih. Sekarang ini zaman serba digital. Tinggal diam di rumah aja semua bisa datang sendiri. Apalagi pas masa covid-19 kayak sekarang

    Balas
  7. Untuk usaha baik produk maupun jasa, tampak digital marketing emang harus banget dijalankan saat ini terlebih kayak kondisi pandemi yg mengharuskan kita berjarak fisik mau gak mau digitalisasi harus jd pilihan

    Balas
  8. Menarik sekali ini tipsnya Mas Joko.

    Sedang ditahap membangun identitas diri yang khas nih. Bekerja di bidang jasa bisa jadi merupaka timeless job yaa. Jadi bener2 kudu banyak mengasah kemampuan dan meningkatkan relasinya ya. Mkasih buat sharing tipsnya mas joko

    Balas
  9. Digital marketing tadinya Saya awam dengan kata kata itu. Rasa rasanya itu bidang pekerjaan yang rumit . Ternyata saat ini secara tidak langsung saya sudah menjadi pelaku digital marketing sebagai Blogger maupun content creator

    Balas
  10. Mesti diakui sih, digital marketing sekarang penting banget. Digital marketing juga memungkikan tetap menjalankan usaha (dan meraup untung) meskipun tinggal di lokasi yang nggak strategis ya.

    Balas
  11. Wah betul banget mas, di zaman yang serba digital ini kita dituntut mengerti atau bisa mengikutinya. Apalagu kalau kita punya usaha atau jasa perlu banget nih belajar digital marketing.

    Balas
  12. Duh mas klo bedanya kudu kayak Kekeyi yo ga sanggup hehehe…
    Tapi emang bener kok, saat ini dimana semua serba digital, kita nggak bisa cuma pasif aja. Harus berusaha upgrade kemampuan juga supaya bisa menjadi pelaku bisnis yang andal.

    Balas
  13. mau tidak mau perkembangan zaman akan terus bergerak, jika masih bertahan dengan cara konvensional, ya bisa aja tapi siap-siap jadi tertinggal gitu. Tapi ada juga hal-hal yg berbau konvensional ini dijaga agar unsur legend nya terasa

    Balas
  14. Infonya bermanfaat banget buat saudara yang kebetulan usahanya lagi terdampak pandemi.
    Menemukan komunitas dan mentor yang tepat juga butuh usaha ya.
    Cara pling gampang untuk pemula yang mau go digital mending pakai Kursus Digital Marketing aja

    Balas

Tinggalkan komentar