Kinerja BPJS Kesehatan Cukup Baik Kok, ini Saya Membuktikan Sendiri

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai jawaban atas rasa penasaran atas kinerja BPJS Kesehatan. Sempat merasa pesimis karena banyaknya informasi yang kurang positif. Oleh karena itu sengaja saya mencoba mengurus sedari awal.

kacamata subsidi bpjs
jokoyugiyanto.com

Kali ini yang coba saya proses adalah klaim kacamata. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari surat rujukan ke PPK Tingkat 1. Kebetulan saya terdaftar di Klinik Bela Medika Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten.

Pulang kerja sekira pukul 18.00 WIB saya pun meluncur ke klinik. Butuh waktu sekitar 15 menit untuk pendaftaran, maklum saja kala itu antrian cukup panjang. Setelah itu diperiksa dokter jaga dan di minta ke meja komputer (admin) untuk pencatatan.

Layanan yang diberikan cukup baik karena pihak klinik juga mencarikan Faskes Tingkat 2 yang menyediakan layanan periksa mata. Diantara beberapa rumah sakit yang ada saya memilih RSI Asshobirin Tangerang Selatan.

Alasan utama tentu saja jarak yang cukup dekat dengan saya tinggal. Selain itu kebetulan ada rekan kerja saja yang telah menggunakan fasilitas serupa. Menurutnya layanan sangat cepat, ia datang sekitar jam 06.00 WIB dan sebelum jam 07.30 WIB telah selesai.

Benar saja dokter di sana telah ada sejak pagi buta. Cukup salut dengan layanan yang mereka berikan. Secara pribadi saya sangat puas dengan kinerja dokter yang memeriksa. Pokoknya recommended banget bila kamu ingin periksa mata di RS ini.

Selanjutnya usai periksa kita harus ke bagian pendaftaran untuk di data kembali. Di sini petugas minta waktu sekitar 1 jam. Hanya saja secara aktual layanan tidak sampai 1 jam menunggu.

Oh iya, buat kamu yang kali pertama periksa mata di Faskes Tingkat 2 maka akan dilakukan rekaman sidik jari. Tak lama prosesnya hanya saja hal ini untuk memastikan data sesuai dengan e-KTP.

Setelah mendapat surat rujukan ini harusnya saya ke optik saat itu juga. Namun saya pikir akan lebih efektif kalau datang pas saya berkantor di BSD Juntion. Maklum saja optik yang bekerja dengan BPJS Kesehatan ada di mall ITC BSD.

Maka sewaktu jam istirahat saya pun ke optik tersebut. Dari petugas optik menyebutkan bahwa subsidi diberikan adalah Rp 300.000,- untuk penerima manfaat kelas 1. Kebetulan minus mata saya cukup besar karena lebih di angka 5.

Dari beberapa lensa yang ditawarkan saya pilih yang biasa. Dikatakan bagus juga tidak di katakan jelek juga tidak. Berbeda dengan sejarahnya, bila dulu saya membeli lensa itu pasti lebih murah daripada frame. Tapi kali ini saya kebalikan, frame yang saya ambil harga Rp 200.000 dan lensa harga Rp 500.000,-

Ada hal yang cukup menarik dimana petugas optik mengatakan 1 minggu untuk proses pengerjaan. Namun begitu dibilang lama sekali langsung bisa mengatakan silakan di tunggu dan mereka hanya butuh waktu 1,5 jam. Oleh karena itu bila memang kacamata urgent ada baiknya untuk di tunggu kecuali memang tidak butuh-butuh amat.

Dengan budget yang ada maka saya bisa harus menutup subsidi BPJS di angka Rp 400.000,-. Lumayan bukan dan tidak terlalu menekan kantong. Buat kamu yang ingin mengajukan klaim kacamata dari BPJS maka silakan periksa 2 tahun sekai dan nikmati fasilitasnya.

Akhir kata dari proses menyelami kinerja BPJS saya katakan cukup baik. Tak semua layanan yang mereka berikan tidak memuaskan. Sebagai bukti dalam satu haripun proses klaim bisa dilakukan bila memang diupayakan.

This Post Has 10 Comments

  1. Dari 1 Minggu ke 1,5 jam beda bangat ya. Berarti sebenarnya tergantung urgensinya juga dong, aku belum pernah cobain BPJS juga seh mesti bayar terus.

  2. Eh beneran Mas, temen juga pernah ngalamin hal yang sama kayak gini tapi ada juga beberapa faskes yang rada enggan. Kayaknya tergantung pelayanan faskesnya deh.

    Informatif neh buat yang belum paham untuk mencoba ngikutin pengalaman Mas Joko.

  3. Banyak masyarakat yang bilang BPJS naik itu gimana om tanggapannya?

    1. yo wis kon pie meneh, aku dudu pengambil keputusan tapi ini g naik aja bnyk yg nunggak apalagi naik bisa jadi lebih banyak atau semua turun ke kelas 3

  4. Emb sedikit beropini singkat. Perlu dibedakan antara lembaga BPJS dengan pihak rumah sakit yang menjadi mitra BPJS. Terkadang yang kerap dikeluhkan masyarakat adalah layanan dari mitra BPJS yang kurang profesional dan cenderung lamban. Kalau BPJS-nya sih sy sepakat dengan Mas Joko, lumayan baik.

  5. Iya mas, kinerja BPJS makin membaik, tapi kadang BPJS di luar Jakarta (Jonggol misalnya) prosesnya lebih lama, tergantung SDM juga sepertiny

  6. Saya punya BPJS, tapi nggak pernah digunakan om. Jadi belum tau kinerjanya gimana, tapi om sudah cukup membuktikan kalau kinerja BPJS itu baik.

  7. Wahahahaha pengalaman Mas Joko sama nih kayak saya yang beli kacamata via BPJS, dari mulai periksa, bikin surat rujukan, sampe beli ke optik yang direkomendasikan oleh pihak rumah sakit.

  8. Enak ya pak dapet potongan bpjs buat beli kacamata. Kalo urusan mata minus emang kadang ganggu produktifitas kerja juga sih. Harus cepet pake kacamata.

    Kalo untuk artikel ini bahas klaim kacamata, selain kacamata, bpjs ini cover subsidi untuk masalah kesehatan apa lagi ya pak?

  9. Bener, BPJS layanannya bagus, kemaren sempet sakit gigi Mama, pelayanannya jauh lebih cepet, terus nggak bertele-tele terlalu lama

Tinggalkan Balasan

Close Menu