5 Tips Menjadi Mastering Psychology Trading!

Last Updated on 20 Mei 2022 by Joko Yugiyanto

Mastering psychology trading sangat dibutuhkan tidak hanya untuk trader pemula. Trader tidak hanya memiliki dan menguasai beberapa analisa saja tapi juga harus memiliki psikologi trading yang bagus.

Mastering psychology trading
financemagnates.com

Mengapa? Hal itu karena sifat emosional, terlalu berambisi dan terlalu menggebu-nggebu hanya akan membuat trader mengalami loss berturut-turut.

Lalu apa itu yang dimaksud dengan psikologi trading? Psikologi trading merupakan keputusan dalam melakukan transaksi yang dipengaruhi mental, pikiran dan perilaku.

Psikologi bisa berpengaruh terhadap cara berpikir seseorang ketika mengambil keputusan. Agar tidak semakin penasaran yuk simak tips mastering psychology trading selengkapnya di bawah ini!

Membuat Target Realistis

Cara mastering psychology trading pertama tentu saja harus membuat target realistis. Sejak awal trading, harus mampu membuat keputusan yang tepat.

Oleh sebab itu, diperlukan tindakan yang membuat target realistis sehingga mendatangkan keuntungan bagi para trader.

Kamu harus membuat target keuntungan yang ingin didapatkan. Tentunya kamu harus memiliki bekal analisa pasar yang telah dibuat.

Di tahap ini, kamu juga harus cerdik dalam menempatkan posisi bid. Jangan sampai mengatur posisi untuk close. Jika saatnya sudah mencapai target, kamu harus cukup melakukan trading.

Trading dengan Keadaan Tenang

Tips mastering psychology trading yang bisa dilakukan selanjutnya adalah trading dengan keadaan tenang. Psikologi trading membutuhkan ketenangan tanpa harus melibatkan suatu emosi di dalamnya.

Maka dari itu, saat melakukan transaksi trading biasakan untuk bersikap tenang. Kamu juga bisa melakukan trading dengan cara disiplin. Setelah itu, upayakan melakukan trading sewajarnya dan tidak mengambil keputusan tanpa didasari oleh rasa gembira.

Mengatur Manajemen Risiko

Yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah mengatur manajemen risiko. Ingat, kamu tidak akan selalu mendapatkan keuntungan setiap melakukan trading.

Kamu juga akan membuka beberapa posisi dan mengikuti grafik. Nah, pada tahap inilah perlu mengatur risiko kekalahan agar modal tidak habis di saat itu juga.

Hindari Keserakahan

Keserakahan berhubungan dengan keinginan yang berlebihan atas kekayaan. Keserakahan inilah yang akan menyebabkan rasionalitas dan penilaian menjadi kabur.

Dalam psikologi trading, pelaku pasar yang serakah bisa menyebabkan risiko tinggi misalnya membeli saham yang belum teruji meski harga naik dengan cepat.

Hindari Rasa Takut

Rasa takut hanya akan menyebabkan kekhawatiran yang sehingga menutup perdagangan dan menutup posisi sebelum waktunya. Rasa takut akan menyebabkan seseorang menahan diri dari mengambil risiko karena khawatir atau takut mengalami kerugian.

Demikianlah beberapa tips mastering psychology trading yang penting untuk kamu ketahui, pastikan untuk berlatih secara konsisten agar bisa mendapatkan hasil seperti yang diinginkan.

Langkah paling mudah dan cepat kamu bisa bergabung dengan DCFX, pialang trading forex Indonesia terpercaya yang teregulasi resmi Bappebti.

DCFX memiliki akun demo yang bisa dimanfaatkan untuk melatih psikologi trading. Jangan lupa beralih ke real account untuk menghasilkan profit nyata dari trading.

Dengan menjadi nasabah DCFX juga berkesempatan mendapatkan trading reward dengan hadiah bergengsi yang tidak boleh dilewatkan.

 

Tinggalkan komentar