Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok

Last Updated on 20 Juli 2022 by Joko Yugiyanto

Usia jelang 40 tahun membuat kita harus lebih bisa berpikir. Bagaimana diri ini tetap baik-baik saja dan kegelisahan yang menyeruak tentu saja muncul seputar cara mengatasi rambut rontok.

cara mengatasi rambut rontok
pixabay.com

Rambut rontok dalam batas normal tentu tidak mengkhawatirkan. Namun akan menjadi lain cerita bila jumlahnya terus bertambah dan tidak bisa dihentikan.

Maklum saja belum juga kepala 4 tapi tanda-tanda kebotakan itu telah nampak. Tak ingin terus berlanjut maka berbagai cara atau strategi mengatasi rambut rontok harus diterapkan.

Jangan sampai nanti pas masuk usia 40 tahun kebotakan itu nyata. Bisa jadi akan dibutuhkan biaya lebih untuk kembalikan kesuburan rambut.

Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok bisa disebabkan banyak hal. Namun setidaknya bisa dikarenakan beberapa hal berikut ini:

1. Genetika (keturunan)

Penyebab paling banyak terjadi kebotakan atau rambut rontok adalah faktor keturunan. Di mana mereka yang miliki orang tua botak maka besar kemungkinan anaknya pun akan demikian.

2. Perubahan hormonal dan kondisi medis

Pada perempuan kondisi ini akan sangat berpengaruh pada rambut. Di mana perubahan hormonal yang dikarenakan kehamilan dan persalinan akan menyebabkan rambut rontok. Selain itu bisa juga karena faktor jelang menopause, dan adanya masalah tiroid.

Untuk kondisi medis bisa dikarenakan alopecia areata, atau adanya masalah dalam sistem kekebalan dan infeksi kulit kepala. Kondisi medis ini harus segera mendapat penanganan dengan segera.

3. Obat-obatan dan suplemen

Mereka yang sering mengkonsumsi obat-obatan pun demikian. Ada kecenderungan untuk terjadi rambut rontok dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi.

4. Terapi radiasi di kepala

Mereka yang tengah menjalani pengobatan dan mengharuskan terapi radiasi di kepala pun besar kemungkinan akan terjadi rambut rontok. Dan bisa jadi rambut susah untuk tumbuh kembali.

5. Pengalaman traumatis

Rambut rontok dalam waktu sesaat terjadi pada mereka yang tengah mengalami kondisi traumatis. Trauma ini bisa berupa fisik maupun emosional.

6. Gaya rambut dan perawatan

Khusus bagi kaum hawa yang hobi mengubah gaya rambut dan melakukan perawatan dengan benda panas ataupun bahan kimia juga rawan terjadi rambut rontok. Hindari bila tidak perlu untuk menjaga rambut tetap sehat.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Kini, ketika kita sudah tahu apa saja penyebab rambut rontok maka kini saatnya ketahui cara mengatasi rambut rontok. Lakukan secara berkala untuk menjaga rambut tetap sehat dan kuat.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok:

1. Makan Ekstra Protein

Protein sangat dibutuhkan tubuh, tak terkecuali rambut. Di mana mereka butuh nutrisi tepat dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan kekuatannya.

2. Diet Mediterania

Ada baiknya pula untuk mencoba diet mediterania dengan lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan rempah segar. Mengonsumsi dalam jumlah tinggi mampu mengurangi risiko androgenic alopecia atau pola kebotakan baik bagi pria maupun wanita.

3. Mengonsumsi Suplemen Multivitamin

Cara pertama dan kedua sudah dilakukan dan kurang memberi hasil optimal maka ada baiknya mencoba konsumsi suplemen multivitamin. Vitamin, mineral dan zat besi dipercaya mampu kurangi kerontokan pada rambut.

4. Minyak Alami

Minyak alami baik itu minyak kelapa dan minyak zaitun terbukti mampu membuat rambut lebih sehat. Bukan hanya itu saja tapi pemakaian secara tepat dan teratur mampu cegah kerontokan.

5. Perhatikan Gaya Rambut

Mereka yang miliki rambut panjang untuk lebih hati-hati dalam melakukan perawatan. Terutama mereka yang suka mengikat rambut kucir kuda karena bisa menarik rambut sampai ke akar.

6. Mencuci Rambut

Kegiatan ini tidak saja mampu membersihkan rambut. Akan tetapi bila tidak tepat akan membuat rambut rontok. Pilih sampo dengan formula ringan dan bila perlu gunakan hair tonic untuk rambut rontok.

Di mana produk ini secara khusus hadir untuk menjawab kebutuhan dan mengatasi kerontokan. Pastikan kandungan yang ada sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rambut.

7. Pijat Kulit Kepala

Keramas akan lebih optimal dengan memijat kulit kepala. Tidak perlu waktu lama dan sediakan waktu setidaknya 5 menit saja. Selain membuat kepala lebih fresh kegiatan ini juga mampu membuat hair tonic bekerja lebih optimal.

Dengan beberapa kebiasaan baik diatas maka mengatasi rambut rontok bukanlah hal sulit. Selanjutnya kini ditunggu komitmen untuk tidak bisa kendor agar rambut rontok tidak terjadi atau lebih parah.

Tinggalkan komentar