Penyebab Sakit Gigi dan Solusinya

Last Updated on 22 Desember 2020 by Joko Yugiyanto

Benar kiranya bila ada yang bilang lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Bagi mereka yang tahu penyebabnya ada baiknya juga untuk kenali penyebab gigi goyang. Hal ini karena juga menjadi salah satu penyebab sakit gigi yang sakitnya tiada ampun.

penyebab gigi goyang
pixabay.com

Bagi saya pribadi tentunya konsisten merawat gigi adalah solusinya. Selain itu ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan.

Bila kamu merasa sakit gigi juga ada baiknya kenali secara spesifik karena treatment atau pengobatan yang akan dilakukan pun berbeda-beda. Salah langkah bukannya sembuh, bisa jadi rasa sakit itu kian menjadi-jadi.

Dikutip dari situs Tanya Pepsodent, setidaknya ada beberapa penyebab sakit gigi yang sering dijumpai:

1. Karies Gigi

Karies atau dalam bahasa sederhana gigi berlubang adalah satu kondisi dimana terjadi ketidakseimbangan antara siklus demineralisasi dan remineralisasi. Hal ini pelan tapi pasti akan merusak lapisan enamel gigi dan selanjutnya gigi berlubang itu muncul.

Pada umumnya karies gigi di sebabkan oleh 4 faktor mulai dari masuknya bakteri, bentuk gigi tidak seimbang, terlalu banyak makan dan minuman manis dan plak pada gigi.

2. Penyakit Gusi

Tak hanya karena gigi, rasa sakit juga bisa disebabkan karena gusi bermasalah dan kemudian terjadi peradanga. Peradangan ini memiliki beberapa tingkatan mulai dari radang gusi ringan (gingivitis) hingga radang gusi parah (periodontitis).

Pada kondisi lain bisa juga menyebabkan infeksi dan kemudian merusak jaringan pendukung di dalam mulut khususnya pada gigi.

3. Gigi Sensitive

Sering merasakan gigi nyut nyutan saat minum dingin seperti es atau es krim. Maka bisa jadi itu adalah gejala gigi sensitive.

Rasa sakit ini disebabkan garis gusi yang menurun dan kemudian akar gigi terekspos. Dalam bahasa yang lebih sederhana gigi sensitif disebabkan menipisnya enamel gigi.

4. Kekurangan Kalsium

Kalsium ini tidak saja dibutuhkan tulang agar kuat tapi juga dibutuhkan untuk gigi yang kuat. Tulang bila kekurangan kalsium maka tubuh akan menjalankan program pertahanan diri dan salah satunya mengambil kalsium dari gigi.

Bila hal ini terus terjadi yang ada kemudian gigi akan menjadi keropos. Khususnya pada anak-anak, kalsium bagi mereka benar-benar harus tercukupi.

5. Tambalan Gigi Lepas

Memiliki gigi yang tidak sempurna karena berlubang biasanya akan ditambal. Menambal gigi saja ternyata tidak cukup tapi juga harus dipastikan agar tidak lepas.

Bila tambalan gigi ini lepas maka gigi akan berlubang kembali. Dan selanjutnya maka kuman dan bakteri ini akan kembali masuk ke dalam gigi.

6. Gigi Goyang

Penyebab lain dari sakit gigi selain 5 hal diatas adalah gigi goyang. Penyebab gigi goyang ini pun bermacam-macam dan salah satunya terjadi karena benturan.

Cara Mencegah Sakit Gigi

Tak ingin ada rasa sakit ini mendera maka ada baiknya melakukan beberapa hal sederhana ini. Tidak butuh biaya besar dan yang paling penting adalah menjalani gaya hidup sehat.

Namun bila disederhanakan maka beberapa langkah ini dipercaya mampu menjaga gigi tetap sehat dan kuat sehingga tidak mudah sakit.

1. Rajin Menggosok Gigi

Satu cara lama yang dipercaya ampuh menjaga kesehatan dan kekuatan gigi adalah rajin menggosok gigi. Gunakan sikat gigi dan pasta gigi yang terpercaya agar gigi tetap bersih, sehat dan kuat.

2. Konsumsi Vitamin D dan Kalsium

Vitamin D dan kalsium dipercaya mampu membuat gigi lebih kuat dan mencegah timbulnya rasa sakit pada gigi. Pilih makanan yang sehat dan hindari gula berlebih karena itu tidak baik untuk gigi.

3. Ke Dokter Gigi

Jangan pernah berpikir ke dokter hanya ketika sakit saja. Ada baiknya setahun 2 kali periksa ke dokter gigi untuk memastikan gigi tetap sehat. Ikuti apa yang dianjurkan dokter untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat.

Tinggalkan komentar