10 Peran Penting Sosok Ayah Dalam Mendidik Anak

Last Updated on 17 Agustus 2020 by Joko Yugiyanto

Mendidik sejatinya bukan hanya tugas para mama. Di dalamnya tentu juga ada peran penting sosok ayah dalam mendidik anak.

peran penting sosok ayah
jokoyugiyanto.com

Sukses atau tidak tergantung kerja sama keduanya. Bahu membahu untuk meringankan atau menguatkan dalam proses mendidik anak. Proses yang akan berjalan secara terus menerus ini dituntut konsistensi.

Ayah dalam hal ini saya bila bisa berperan optimal tentu juga bisa memanjakan mama. Sejenak untuk membiarkannya santai dan memanfaatkan me time bersama hobi. Dan tugas kitalah para laki untuk mengasuh dan mendidik anak.

Like Father Like Son

Pepatah itu benar adanya dimana seorang anak itu tak ubahnya seperti ayahnya. Bahkan bagi saya pribadi ketika memperhatikan anak seolah sedang berkaca. Apakah ini saya versi balita. Tak ingin kelak ia gagal karena peran penting sosok ayah gagal saya tunaikan.

Berikan pendidikan dan pengajaran yang baik sehingga anak bisa tumbuh kembang dengan optimal. Jangan pernah mengajarkan akan hal negatif karena mereka adalah peniru ulung.

Paling mudah ketika ada yang minta tolong ke saya dan katakan siap. Maka kata itu pun senantiasa akan muncul ketika ada orang yang memintanya melakukan sesuatu.

Gokil bukan peran penting sosok ayah itu,

Tak harus sempurna, cukup menjadi yang terbaik untuk keluarga dan berikut beberapa hal yang harus dilakukan terkait peran penting sosok ayah dalam mendidik anak.

1. Memberikan Rasa Peduli Saat Diajarkan

Rasa peduli itu harus dicontohkan sedini mungkin kepada anak. Ajarkan dari hal-hal yang kecil seperti berbagi kepada sesama atau teman sepermainan.

Baca juga: 5 Tips Membentuk Jiwa Sosial Anak

2. Menjadi Motivator Terhadap Anak

Apapun yang terjadi pastinya peran penting sosok ayah untuk menjadi suporter setia bagi anak. Sedang apapun dia ayah akan siap mendukung. Tak hanya itu saja tentunya tapi juga menjadi motivator atas apa yang dikerjakan anak.

3. Sebagai Teman Curhat

Ada yang bilang anak perempuan itu lebih dekat kepada ayahnya daripada mamanya. Namun bagi saya yang memiliki anak laki pun demikian dan kita akan selalu kompak. Tak jarang anak juga akan senantiasa curhat kepada ayah dan disini dibutuhkan kesabaran lebih karena bisa jadi hal receh pun diceritakan.

4. Setia Mengawasi Pergaulan Anak Di Sekitarnya

Beruntung anak saja masih balita, tapi nanti bila tiba saatnya remaja tentu butuh perhatian khusus. Jangan sampai ia terjebak dalam pergaulan yang salah karena rasa ingin tahu yang tidak terbendung.

5. Peningkatan Dalam Kecerdasan Emosional Diri Anak

Emosional anak bisa dibentuk dan dilatih dan disini dibutuhkan kecerdasan para orang tua untuk kapan mengatakan yes dan kapan mengatakan no. Jangan sampai semua di iyakan dan pada akhirnya anak akan tumbuh dalam jiwa yang manja.

6. Sosok Teladan Untuk Anak

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa anak adalah sosok peniru ulung. Menjadi vital peran penting sosok ayah untuk menjadi contoh yang baik agar kelak saat dewasa anak memiliki pribadi yang baik.

7. Menjadi Pendorong Kepercayaan Diri Terhadap Anak

Rasa percaya diri pun bisa dipupuk dan ditularkan. Jadilah sosok ayah yang memiliki rasa percaya diri tinggi sehingga anak berani tampil. Jangan sampai ayah menjadi sosok pemalu dan kemudian anak memiliki ketakutan tampil di muka umum.

8. Memberikan Rasa Keberanian

Tak hanya percaya diri tampil di depan umum tapi anak juga harus menjadi pemberani. Jangan sampai dengan ombak laut saja merasa takut. Oleh karena itu para orang tua pun wajib untuk mengajarkan agar anak senantiasa berani.

Jangan pernah menakuti anak dengan hal-hal yang berlebihan karena bisa jadi ini akan terekam dalam benaknya.

9. Pelatihan Disiplin Sejak Dini

Disiplin menjadi isu yang paling santer dalam hal apapun. Seorang anak yang tidak disiplin bisa jadi karena memang lingkungan seperti itu. Sesuatu yang mungkin bagi orang lain sesuatu yang biasa tapi bagi anak yang tidak disiplin terasa berat.

10. Tumbuh Rasa Ingin Tahu Dari Anak

Jangan pernah berbohong pada anak saat ia bertanya sesuatu. Berikan jawaban yang sesuai dengan usianya dan mudah dipahami. Apabila ia tidak menemukan jawaban yang pas ia bisa jadi akan mencari jawaban dari tempat lain.

Mungkin tak cukup hanya 10 untuk peran penting sosok ayah karena sejatinya ada banyak peran yang bisa saja tidak tergantikan dengan yang lain.

Tinggalkan komentar