Ragam Permainan Eksplorasi Anak Kian Dekat dengan Alam

Last Updated on 3 Maret 2021 by Joko Yugiyanto

Saat bayi menginjak usia keemasan maka menjadi penting bagi para orang tua untuk memperkenalkan ragam permainan eksplorasi anak. Tujuannya bagaimana anak lebih siap menghadapi tugas perkembangan selanjutnya.

permainan eksplorasi anak
jokoyugiyanto.com

Meski banyak anak tumbuh dengan natural dimana mereka bisa secara mandiri bisa melakukan permainan eksplorasi anak tapi akan lebih baik bila ada peran atau andil orang tua. Bagaimana orang tua seyognyaanya menyiapkan jenis permainan apa saja yang pas sesuai usia tumbuh kembangnya.

Disaat anak menginjak usia 1 tahun pastinya akan berbeda dengan anak yang menginjak usia 4 atau 5 tahun dan seterusnya. Permainan eksplorasi anak ini harusnya disiapkan sedini mungkin dalam artian ada baiknya para orang tua memiliki list apa saja yang bisa dilakukan anak dalam upaya tumbuh kembang.

Baca juga: Membentuk Jasmani Anak Menjadi Pribadi yang Tangguh

Permainan Eksplorasi Anak Sarat Kearifan Lokal

Ada banyak sekali jenis permainan anak yang bisa kita perkenalkan dan pastinya bisa menambah kemampuan baik itu motorik halus maupun kemampuan berpikir. Tidak perlu membeli satu alat yang cukup mahal.

Cukup gunakan dan optimalkan apa yang ada di lingkungan sekitar dan hasil di dapat tak kalah istimewa. Saat ini pun kita melihat para orang tua memiliki keberanian bahwa anak harus berani mencoba.

Tanpa disadari alam telah memberikan segalanya dan anak sejak kecil telah bisa berkenalan dengan alam. Mulai mengenal dengan aneka suara yang indah, aneka warna yang memukau dan lain-lain.

Kali ini saya ingin lebih fokus tentang bagaimana anak 4 tahun bisa mengenal alam dengan baik. Dan pastinya paling mudah dengan melibatkan secara langsung.

Berikut setidaknya permainan eksplorasi yang akan membuat anak belajar banyak hal:

1. Bermain ke Sawah

Beruntung mereka yang masih tinggal di pedesaan karena lebih banyak bisa mengeksplorasi alam dan sekitarnya. Paling mudah tentu bisa bermain ke sawah. Dimana di tempat ini anak bisa bermain lumpur dan air.

Satu kemewahan tersendiri pastinya, mengingat banyak orang kota main ke desa wisata dan untuk menikmati kegiatan ini harus keluar biaya.

Di sawah yang biasanya juga ada sungai menjadi paket lengkap untuk mengeksplorasi alam. Ada banyak hal yang bisa ditemukan dan pastinya menambah wawasan anak.

Meski mereka belum paham akan banyak hal tapi minimal mereka akan tahu. Bahwa semesta ini sangat luas dan harus terus di eksplore.

Kegiatan yang sangat menyenangkan ini harus mendapat perhatian khusus dari para orang tua. Jangan biarkan mereka asik bermain sendiri karena bisa jadi potensi bahaya mengintai.

2. Bermain Petak Umpet

Selanjutnya bisa jadi kemewahan yang dimiliki anak yang tinggal di pedesaan adalah bermain petak umpet. Tanpa takut ada kendaraan lalu lalang pastinya, bila melakukan permainan ini.

Kegiatan ini akan melatih anak untuk atur strategi tentang bagaimana memenangkan suatu permainan. Selain itu dibutuhkan kesabaran dan keberanian untuk kapan maju dan kapan sembunyi.

Permainan tradisional ini pastinya juga akan membuat anak tetap sehat karena mereka dituntut untuk terus bergerak. Lain cerita dengan anak-anak yang lebih diperkenalkan dengan gadget.

Besar kemungkinan akan menjadi sosok individu dan kurang bergerak. Bisa ditebak selanjutnya fisik tidak akan tumbuh dengan sempurna.

3. Bermain Layang-Layang

Permainan yang satu ini pastinya didominasi anak cowok meski banyak pula anak perempuan yang suka memainkan. Berada di tanah lapang dan bermain dengan teman sebaya adalah satu agenda paling menyenangkan bagi anak-anak.

Untuk bisa bermain atau menerbangkan layang-layang ternyata juga butuh ketrampilan khusus. Hal ini dibuktikan banyak pula diantara mereka yang telah dewasa gagal mengudarakan layang-layang.

Tanpa disadari saat seseorang bermain layang-layang maka ia akan makin dengan dengan alam. Semua itu karena layang-layang hanya akan terbang bila mendapat angin dan arah angin yang tepat.

Selain 3 permainan eksplorasi anak diatas pastinya masih banyak ragam permainan yang sarat kearifan lokal dan dekat dengan alam. Tinggal pilih mana yang sesuai dan dukung anak untuk bersenang-senang.

Usia Keemasan Butuh Nutrisi Tepat

Anak hingga usia 5 tahun butuh asupan atau nutrisi yang tepat agar mereka tumbuh dengan optimal. Selalu sediakan susu kaya manfaat agar dari dalam imunitas juga terjaga. Susu yang ada baiknya juga kaya akan kalsium untuk membentuk tulang yang kuat.

Jangan pernah melarang anak untuk mengeksplore apa yang ada di sekitar. Biarkan mereka tumbuh dengan caranya karena sekali kita melarang bisa jadi ia akan hilang percaya diri.

Yang ada kemudian adalah ketakutan untuk mencoba hal baru. Tidak mau bukan kalau buah hati mereka tertekan karena kita sebagai orang tua over protectif.

Tinggalkan komentar