Saluran Air Bocor, Tenang Ada Pipa Air Terbaik

Last Updated on 30 Agustus 2020 by Joko Yugiyanto

Mungkin banyak yang tahu kalau saya dulu adalah anak STM jurusan Listrik Industri. Tapi bisa jadi tak banyak yang tahu bila di dalamnya kala itu ada jurusan Bangunan Air dan mata pelajaran paling gokil menurut saya tentu saja plumbing atau pemipaan air.

pipa air rucika
rucika.co.id

Istilah atau kosa kata plumbing ini juga saya tahu setelah tak sengaja diskusi dengan salah satu dari mereka. Ternyata urusan pipa air baik untuk bangunan maupun air bawah tanah tak sesederhana yang kita pikir.

Banyak hal harus dipikirkan untuk memastikan air mengalir dengan sempurna dalam jangka panjang. Tak hanya strategi atau hitung-hitungan diatas kertas semata. Tapi faktor kualitas pipa air terbaik yang digunakan juga harus diperhatikan. Bila tidak bisa jadi kita harus sering bongkar pasang untuk memastikan semua berfungsi dengan baik.

Namun kini jurusan tersebut telah ditiadakan. Sebagai gantinya terdapat jurusan Kontruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan. Hal ini terlihat dalam jurusan tersebut memiliki fasilitas bengkel plumbing.

Kini dengan adanya merek pipa yang sangat beragam tentu memudahkan bagi mereka dan kita yang akan berkutat dengan urusan saluran air. Tak hanya varian ukuran yang banyak pilihan tapi juga aksesoris pendukung.

Menjadi penting tentunya sebuah aksesoris pendukung seperti sambungan pipa dan beragam. Banyaknya pola dan bentuk memudahkan siapa saja untuk mengatur saluran air.

Bayangkan bila ternyata bentuk sambungan pipa terbatas. Tentu kita akan memeras otak untuk mengakali agar saluran berjalan efektif.

Lem yang berkualitas pun akan memengaruhi hasil dari apa yang kita kerjakan. Bila jelek dan tidak bisa tahan lama bisa jadi suatu saat terjadi kebocoran. Hal ini tentu akan sangat merepotkan.

Pipa Air Terbaik itu Rucika

Satu merek yang sangat disarankan untuk solusi semua saluran air tentu saja pipa air Rucika. Satu produsen pipa terbaik di tanah air ini telah berkecimpung lebih dari 4 dasawarsa.

Kelebihan Rucika sebagai pipa air terbaik di Indonesia:

1. Banyak Pilihan

Banyak pilihan disini bukan hanya ukuran pipa dimana telah tersedia ukuran mulai dari 0.5 inch hingga 12 inch. Tapi juga tipe yang bisa dipilih baik itu tipe AW untuk tekanan besar dan tipe D untuk tekanan sedang.

2. Anti Korosi

Secara pribadi yang saya takut dengan pipa itu sering kali mudah korosi. Tak ingin mengorbankan keluarga maka pastikan pipa yang digunakan anti korosi hingga puluhan tahun. Pipa yang baik terbuat dari bahan resin uPVC (unplasticized Polyvinyl Chloride).

3. Ramah Lingkungan

Tak ingin menahan dosa di masa depan maka mulai kini sebisa mungkin gunakan aneka bahan yang ramah lingkungan. Jangan sampai kita abai dan nantinya bumi ini cepat rusak. Ingat bumi ini sudah mulai tua dan butuh kerja keras untuk menjaganya.

4. Mudah Digunakan

Untuk menggunakan pipa air Rucika tidak membutuhkan perhatian khusus karena semua sangat mudah. Tinggal oles lem dan rekatkan.

5. Tahan Lama

Kini sebisa mungkin apa yang kita gunakan harus tahan lama agar kita lebih hemat ongkos. Jangan sampai sebentar-sebentar keluar biaya yang tidak perlu.

6. Aksesoris Lengkap

Berbicara tentang pipa tentu saja bukan hanya pipa itu sendiri tapi harus ada pendukung atau aksesoris seperti sambungan pipa untuk memudahkan pekerjaan. Rucika tahu betul ini semua maka aksesorisnya sangat lengkap.

7. Multifungsi

Jangan hanya berpikir pipa itu untuk aliran air semata. Tapi benda ini juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain semisal instalasi listrik.

Dengan semua kelebihan diatas maka wajar kiranya bila hingga saat ini mereka masih menjadi yang terbaik. Menjadi rujukan atas semua pekerjaan pemipaan. Sekalipun untuk orang yang sangat awam dengan pekerjaan ini.

Harga pipa air Rucika ini pun sangat terjangkau sepadan dengan kualitas pipa air terbaik yang ada di tanah air. Terhitung murah bila dikomparasikan dengan 7 kelebihan diatas. Maklum saja kompetitor belum bisa memberikan semua itu dengan harga yang sama.

Maklum saja di rumah bisa saja tiba-tiba pipa kran rusak atau patah. Menjadi kewajiban tentunya bagi anggota keluarga untuk segera memperbaiki supaya air tidak terbuang percuma.

Ingat di daerah lain masih ada mereka yang kesulitan dan kekurangan air. Sudah seyogyanya bagi kita untuk menjaga ini semua karena bisa jadi bila kita abai di masa yang akan datang krisis air itu nyata.

Tinggalkan komentar