Melihat Prospek Kerja Pasca Kuliah

Last Updated on 21 September 2020 by Joko Yugiyanto

Bagi para lulusan SMA di tahun 2020 ini, tentunya menjadi satu hal yang membahagiakan bagi mereka bisa menamatkan pendidikan. Berita kelulusan ini sendiri menjadi satu kabar baik di tengah banyaknya berita buruk di tahun 2020 kali ini. Prospek kerja pasca kuliah benar-benar harus diperhatikan sebelum memilih kampus.

Prospek Kerja Pasca Kuliah
pexels.com

Akan tetapi, langkah yang mereka ambil tentunya tidak berhenti di sini saja. Banyak dari mereka yang akhirnya memilih untuk melanjutkan kuliah. Kebanyakan dari mereka sendiri mulai mencari tahu informasi penerimaan mahasiswa baru di beberapa kampus, misalkan saja info pendaftaran STMIK Primakara.

Berbicara soal mendaftar kuliah, tentunya setiap orang punya motif tersendiri yang membuat mereka memilih berkuliah. Kebanyakan dari mereka sering beralasan jika dengan kuliah, tentu ilmu yang mereka miliki akan semakin memudahkan mereka dalam meniti karier ke depannya. Akan tetapi, apakah betul setiap jurusan menjanjikan? Mari kita cari tahu.

Beberapa Prospek Dari Jurusan Kuliah

Sering kali kita dapati kebanyakan dari murid mencoba mendaftar ke jurusan yang dianggap memiliki prospek kerja yang bagus. Misalkan saja ada yang mencari info mengenai beasiswa kuliah 2020 atau daftar kuliah online.

Nah, pada bagian ini kita akan membahas beberapa prospek dari sebagian jurusan perkuliahan.

1. Manajemen

Seperti yang disebutkan sebelumnya, manajemen adalah salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat. Tentunya di jurusan yang satu ini, Kamu akan belajar berbagai hal dalam mengelola suatu perusahaan ataupun organisasi.

Prospek kerjanya pun jelas, Kamu pastinya akan dibutuhkan oleh banyak perusahaan dalam bagian manajemen. Kamu juga bisa menjadi konsultan ataupun pebisnis sekalipun.

2. Ilmu Komputer

Saat ini dunia digital sudah berkembang dengan sangat pesat. Tentunya perkembangan tersebut dilakukan oleh mereka yang paham akan bidangnya, yaitu anak jurusan ilmu komputer.

Dengan kemampuan coding dan beberapa skill lainnya, tentu saja prospek kerja anak ilmu komputer akan sangat cerah, mengingat saat ini kemampuan mereka sangat dibutuhkan oleh setiap industri.

3. Teknik

Meskipun ilmuwan memiliki kemampuan yang bagus dalam merumuskan teori, akan tetapi dampak dari teori tersebut dapat kita rasakan karena hasil kerja keras dari anak teknik. Setiap industri pastinya butuh orang yang mahir dalam urusan teknik dan selama itu pula prospek anak jurusan teknik akan tetap bagus.

4. Desain

Jurusan desain sendiri ternyata juga memiliki prospek kerja yang terbilang bagus ke depannya. Melihat makin ke sini aspek visual dan estetika semakin diperhatikan dan berpengaruh besar, maka jelas dibutuhkan para ahli di dunia desain.

Kiat Agar Karier Ke Depannya Tetap Bagus

Prospek kerja pasca kuliah tetap harus diperhatikan sejak awal supaya tidak ada penyesalan dikemudian hari. Setelah mendengar beberapa jurusan yang memiliki prospek kerja yang bagus, mungkin mereka yang masuk ke jurusan lainnya berpikir jika karier mereka tidak akan moncer.

Tentu bagus tidaknya karier seseorang tidak serta merta ditentukan oleh jurusan semata. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa kiat yang bisa membuat karier Kamu tetap bagus ke depannya.

1. Perbanyak Keahlian

Siapa bilang anak MIPA tidak bisa kerja di bidang IT? Siapa bilang anak pertanian tidak akan mampu menghasilkan desain yang bagus? Selama seseorang memiliki kemampuan, tentu saja ia akan tetap dibutuhkan oleh industri. Oleh karena itu, cobalah untuk memperbanyak keahlian yang Kamu miliki.

2. Perbanyak Pengalaman

Jangan sampai Kamu menyia-nyiakan masa kuliah Kamu hanya dengan belajar dan tidak melakukan kegiatan lainnya. Cobalah untuk mencari berbagai macam pengalaman seperti organisasi, lomba, magang, dan lain sebagainya.

3. Perbanyak Jaringan

Kita tidak pernah tahu dari mana arah rezeki yang kita dapatkan. Bisa jadi karier kita semakin meningkat dari seseorang yang pernah kita temui sebelumnya. Oleh karena itu, cobalah untuk memperluas jaringan yang Kamu miliki.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai kaitan antara jurusan dan juga prospek kerja pasca kuliah yang harus diperhatikan. Meskipun buka faktor mutlak, tetapi jurusan yang Kamu ambil bisa jadi akan mempermudah karier yang akan Kamu jalani di masa yang akan datang.

Sama seperti aplikasi goKampus yang juga memudahkan Kamu dalam mendaftar kuliah secara online dan juga cepat.

 

Tinggalkan komentar