Servis Rutin dan Ganti Oli ya di Planet Ban-lah

Last Updated on 14 Oktober 2022 by Joko Yugiyanto

Menjadi hal penting bagi setiap orang untuk tahu meski sedikit, salah satunya berkaitan dengan dunia otomotif. Terutama berkaitan tentang kapan saatnya servis rutin dan ganti oli.

ganti oli di planet ban
jokoyugiyanto.com

Layaknya mesin pada umumnya, motor juga butuh perawatan khusus. Yang seyogyanya hanya dilakukan oleh mereka yang memang ahli.

Selain itu untuk mendukung kinerja mesin tetap optimal tentu pelumasan yang sempurna menjadi syarat utama. Saat tiba maka jangan lupa bukan hanya lakukan servis rutin saja tapi juga ganti oli.

Di sepanjang jalan bisa jadi kita temukan bengkel motor sekaligus menjajakan oli. Tapi perlu diketahui, jangan asal pilih karena bisa jadi hasil tidak akan optimal.

Sebaiknya pilih bengkel terpercaya dalam arti benar ‘ditukangi’ oleh ahlinya. Dengan cara ini dimanapun ada bengkel tersebut mereka miliki standar operasional prosedur yang sama.

Tidak mau bukan niat servis rutin itu mengembalikan performa mesin yang ada justru malah makin parah. Yang ada kemudian bisa jadi dalam waktu dekat akan timbul biaya lainnya karena kerusakan semakin parah.

Hanya Servis Rutin di Tempat Terpercaya

servis ringan di planet ban
jokoyugiyanto.com

Sekali lagi, menurut saya pribadi siapapun itu ketika ingin ke bengkel dan melakukan servis rutin atau perbaikkan hanya memilih yang terpercaya. Hal ini jelas karena mereka miliki aturan dan ketentuan baku.

Baik itu dalam proses pengerjaan, harga spare part hingga tarif atau jasa masing-masing tindakan. Tidak lucu bukan bila asal pilih dan harga mengikuti selera mereka terutama dalam hal tindakan.

Satu bengkel terbaik yang bisa jadi miliki manajemen yang baik dan tersebar dihampir kota-kota di tanah air tentu saja ada Planet Ban. Sangat mudah untuk menemukan bengkel yang satu ini.

Planet Ban Tumbuh Bagai Jamur

bengkel planet ban
jokoyugiyanto.com

Bahkan ketika kamu di Jogja dan mengetik kata “Planet Ban” di google maps maka setidaknya akan menemukan 19 gerai atau bengkel. Dan saya yang tinggal di area Godean, Sleman hanya butuh beberapa menit perjalanan untuk menemukannya. Persisnya ada di perempatan Pasar Godean atau di Jalan Amir Patinama No 2.

Menjadi tanda bahwa bengkel ini menjadi salah satu yang terbaik dalam urusan ganti ban, ganti oli dan servis rutin. Solusi bagi mereka yang miliki kendaraan roda dua apapun jenisnya. Mereka siap memberikan layanan terbaik untuk motor matic, motor bebek, motor trail hingga motor sport.

Sebagai bukti deretan varian ban bisa ditemukan. Dari harga seratusribuan hingga hampir 2 juta bisa ditemukan. Semua motor yang beredar di sekitar kita bisa mendapat solusi di tempat ini.

Kelebihan Planet Ban Dibanding Bengkel Pada Umumnya

Ada beberapa alasan utama kenapa bengkel ini bisa menjadi alternatif terbaik. Bila tidak percaya coba perhatikan pengalaman yang saya temukan saat servis motor sekaligus ganti oli berikut ini:

1. Mekanik Terstandarisasi

Melihat sekilas kita akan tahu, mereka yang bekerja di tempat ini adalah orang-orang yang terlatih. Tidak saja cakap menggunakan teknologi yang ada tapi juga dalam memberi jawaban atas setiap pertanyaan customer.

Mereka bisa memberikan rekomendasi terbaik untuk hasil yang lebih baik. Lain cerita bila mereka ini bukan orang berkompeten tentu akan kesulitan untuk memberikan jawaban

Yang paling saya suka mereka juga memberikan masukan apa yang harus saya lakukan ke depan untuk motor akan performa kian optimal. Jadi tidak sebatas hanya mengerjakan tugas sesuai dengan standar operasional prosedur saja.

2. Menggunakan Alat dan Teknologi Canggih

Bukan hanya orang atau sumber daya manusianya saja yang terstandarisasi tapi juga alat dan bahan yang digunakan. Membuat proses kerja kian cepat dan memberi hasil terbaik.

Yang cukup menarik saat membersihkan bagian dalam mesin. Tidak hanya menyemprot dengan angin tekanan tinggi tapi juga menambah dengan cairan khusus.

Kalau tidak salah berupa Dust and Grease Cleaner untuk membersihkan bagian dinding dan metal CVT. Selanjutnya ada Throtle Body Intake Cleaner untuk membersihkan saluran filter udara.

Dua cairan tersebut sudah termasuk dalam biaya servis ringan dan harganya sangat murah sekali. Hanya dengan Rp 39.500,- semua itu sudah didapat.

3. Hanya Menggunakan Oli Terbaik

Sejatinya, mereka menawarkan oli dengan tipe dan grade terbaik berupa X-TEN Double Ester Matic 10W30 seharga Rp 90.000,-. Namun mengingat motor saya yang hanya motor biasa maka saya pun memilih oli sewajarnya saja, apalagi kalau bukan X-TEN 10W40 seharga Rp 55.000,-.

Namun begitu di rumah ternyata mendapat potongan Rp 5.500,- jadi oli tersebut hanya dikenakan Rp 49.500,- saja. Lumayan bukan tidak minta diskon tapi diberi potongan harga

Memperkenalkan Oli X-TEN dengan Kandungan Ester

Tak hanya itu saja, tapi mereka juga miliki inovasi yang begitu apik untuk urusan pelumasan yang sempurna. Apalagi kalau bukan Oli X-TEN, yang mana oli ini miliki daya tahan 2x lebih baik daripada oli pada umumnya.

Hal ini tak terlepas dari kandungan ester yang ada didalamnya. Membuat oli motor bisa digunakan hingga 5.000 kilometer. Oli ini meski bisa dipakai dalam waktu relatif panjang tetap akan bekerja dengan prima karena titik penguapan diangka paling bawah sehingga tidak cepat panas.

Dan benar saja, usai servis rutin motor seolah seperti baru. Miliki tarikan yang mantap dan bisa melaju sempurna meski dalam kondisi menanjak.

Beruntung, mereka yang telah lebih lama berkenalan dengan Planet Ban dan menggunakan jasa servis rutin dan Oli X-TEN. Soal harga pun ternyata relatif murah.

Kemarin itu saya selain servis ringan, ganti oli dan beberapa spare part (roller dan slider) hanya dikenakan Rp 178.000,-. Jauh lebih murah dari bayangan saya dengan hasil sebaik ini.

Hampir bisa dipastikan bengkel ini adalah jawaban bagi mereka yang ingin motor terawat dengan baik. Jangan sampai abai karena ketika motor rusak hampir bisa dipastikan biaya perbaikan jauh lebih tinggi.

Dari bengkel ini pula saya mendapat pemahaman akan beberapa tipe dan grade oli motor. Di mana paling bawah menggunakan kandungan mineral.

Selanjutnya yang lebih baik ada semi sintetic, full sintetik dan paling tinggi ada ester. Dan kabar baiknya tentu saja oli X-TEN ini telah menggunakan ester. Bisa ditebak kemudian hasil didapat tentu jauh lebih baik.

Berhubung saya sudah menggunakan layanan Planet Ban dan merasa puas maka bolehlah bila saya turut merekomendasikan bahwa bengkel ini menjadi salah satu yang terbaik. Terutama untuk servis ringan dan ganti oli mesin.

Satu pemikiran pada “Servis Rutin dan Ganti Oli ya di Planet Ban-lah”

Tinggalkan komentar