Traveling ke Borneo, Satu Ambisi yang Belum Terselesaikan

Last Updated on 16 Oktober 2020 by Joko Yugiyanto

Berbicara tentang traveling atau jalan-jalan siapa juga yang tak mau. Saya pun pastinya demikian, ingin melanjutkan beberapa agenda dan pastinya traveling ke Borneo yang hingga saat ini belum tertuntaskan.

traveling ke borneo kawasan_Riam_Dait
indonesiakaya.com

Hanya saja pandemi memaksa kita semua untuk menahan diri. Sabar, sabar, sabar. Nanti usai pandemi kita kejar cita-cita itu.

Bagi saya traveling ke Borneo atau Kalimantan bisa jadi menjadi satu keinginan yang cukup lama terpendam. Satu-satunya pulau besar yang belum pernah saya datangi dan rasanya kurang puas bila belum pernah ada di sana.

Sejatinya cita-cita traveling ke Borneo itu telah ada sejak 2010 silam. Tak terasa sudah 1 dekade dan masih saja sering muncul keinginan itu.

Baca juga: Cita-Cita yang Tertunda, Menggabungkan Passion dan Hobi

Kenapa Harus Traveling ke Borneo?

Ada diantara kawan kenapa saya sangat ingin ke Kalimantan. Satu pulau yang mungkin bagi saya saat ini teramat seksi. Dengan hutan mereka yang begitu luas tentu menyimpan hal-hal yang luar biasa.

Sebenarnya tidak hanya itu saja tetapi ada banyak alasan yang membuat saya ingin ke sana. Dan berikut beberapa diantaranya:

1. Satu Lagi

Iya saya katakan satu lagi karena bisa dibilang saya pernah jalan-jalan dari Sumatera meski hanya sebagian Lampung dan Pekanbaru. Sulawesi dari selatan, tengah dan utara, Bali, Ambon hingga Papua meski baru Sorong dan Manokwari.

Kalau Jawa sendiri lumayanlah dari barat ke timur sudah ada beberapa kota. Dan pastinya tidak lengkap bukan kalau tidak ke Kalimantan. Walaupun dalam hati juga mengatakan nusa tenggara juga menjadi target berikutnya.

2. Banyak Kawan yang Siap Menampung

Mungkin ini adalah salah satu previlage dimana ada beberapa kawan yang sering mengatakan. Mainlah ke sini nanti kalau ada di sini gampang.

Terus terang bisa jadi jalan-jalan saya kebanyakan berbeda dengan yang lain. Dimana bila mereka lebih dominan untuk menggunakan kendaraan maka saya lebih suka jalan kaki.

Selain itu saya memiliki sedikit ketakutan di tempat yang wah. Menjadi keuntungan bagi saya pribadi tentunya bisa memilih dan memanjakan diri di satu tempat yang sepi, tenang dan pastinya penuh keindahan.

3. Kaya akan Keindahan Alam

Indonesia itu sudah pasti kaya akan keindahan alam. Tapi jujur saya belum pernah tinggal di hutan yang sebenarnya. Merasakan barang sesaat untuk tinggal di tempat yang luar biasa ini tentu menjadi pengalaman tak terlupakan.

Selama ini ketika saya masuk hutan lebih pada hutan konservasi dimana cukup mudah menemukan orang lain. Selain itu pastinya ditas ada cukup banyak bekal disiapkan.

Lain hal bila saya ke Kalimantan dan bisa survive dengan kawan-kawan disana. Menjadi satu dan bersatu padu dengan alam.

4. Menambah Wawasan

Selama ini cukup mudah bagi saya untuk mengikuti alur cerita ketika berbicara dengan kawan-kawan yang berasal dari daerah. Tak begitu kaget bila mereka berbicara tentang keseruan di tempat mereka karena sedikit banyak bisa jadi saya pernah di tempat itu.

Nantinya, bila saya sudah pernah menginjakkan kaki di Kalimantan tentu akan lebih mudah untuk memahami bagi saya ketika mereka berbicara. Selain itu tentunya kalau mau menulis di blog ada rasa yang berbeda.

Saya tahu tentang Kalimantan bukan lagi hanya dari literasi atau cerita kawan. Lebih dari itu saya pun pernah ada disana.

Banyak bukan alasan kenapa saya ingin traveling ke Borneo. Satu lagi yang membuat saya merasa harus ke sana. Kebetulan kantor tempat saya bekerja memiliki beberapa cabang di sana.

Siapa tahu seperti dulu, saya punya kesempatan keliling dimodalin perusahaan. Semoga saja

Tinggalkan komentar