Waspada Stroke Sebagai Penyakit Gaya Hidup

Last Updated on 17 Juni 2021 by Joko Yugiyanto

Kenali penyebab stroke pada umumnya dan lakukan pencegahan sedini mungkin. Mengingat stroke sebagai penyakit gaya hidup maka seyogyanya komitmen menjaga kesehatan menjadi satu kebutuhan.

stroke sebagai penyakit gaya hidup
shutterstocks

Apalagi kini stroke tak pandang usia. Bila dulu pada lazimnya stroke hanya dialami mereka yang telah lanjut usia. Tapi kini tidak lagi, mereka yang masih dalam usia produktif pun bisa jadi akan terkena satu penyakit mematikan ini.

Menjadi penting bagi setiap individu untuk mengetahui gejala stroke untuk kemudian melakukan pencegahan. Cara paling sederhana tentu saja dengan menjaga kesehatan sebaik mungkin.

Hindari mengkonsumsi makanan berlemak dan cukupkan waktu istirahat bisa jadi adalah cara terbaik. Namun selain itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kita terhindar stroke.

Stroke Sebagai Penyakit Gaya Hidup yang Tak Kenal Usia

Diakui atau tidak kita pasti akan mengamini bahwa stroke adalah satu penyakit akibat gaya hidup. Mereka yang tidak neko-neko sangat kecil potensi untuk kena.

Sebaliknya gaya hidup kekinian, hedonisme, instan bisa dikatakan biang keladi. Mereka yang termasuk dalam golongan itu maka akan sangat rentang terhadap satu penyakit yang akan melumpuhkan sebagian saraf ini.

Agar tidak salah langkah maka ada baiknya untuk mengetahui dan memahami cara-cara sederhana cegah stroke sedini mungkin:

1. Jalani Gaya Hidup Sehat

Penyakit itu akan muncul bila tubuh tidak mampu berada dalam kondisi baik-baik saja. Oleh karena itu ada baiknya untuk jalani gaya hidup sehat.

Istirahat secukupnya juga menjadi satu hal yang penting. Jaga jangan pernah paksa tubuh melakukan sesuatu diluar batas kemampuan.

2. Jaga Pola Makan

Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah. Kurangi konsumsi daging maka itu adalah cara sederhana yang bisa dipilih.

Tidak perlu makan harus yang mahal dan mewah. Selama cukup akan kandungan gizi dan nutrisi maka bisa dilanjutkan.

3. Hindari Stres dan Perbanyak Olahraga

Stres dalam taraf yang cukup bisa membuat seseorang semakin bergairah dalam bekerja tapi jangan salah bila berlebihan ternyata sangat berbahaya. Kelola stres dengan baik dan pilih satu cara mudah untuk mengatasinya.

Pilihan yang paling populer tentu saja dengan olahraga semisal lari sekitar rumah. Bersepeda atau olahraga ringan lainnya.

4. Jauhi Rokok dan Asapnya

Apapun alasannya rokok itu tidak baik dan kita pastinya selalu melihat peringatan yang tertera pada bungkusnya dimana rokok dapat merusak kesehatan. Terlalu naif kiranya bila sudah diperingatkan mereka yang berkompeten tapi tetap dilanggar.

Bukan hanya untuk kesehatan, rokok juga tidak baik untuk kesehatan finansial. Bila tidak percaya silakan hitung dalam satu bulan berapa budget untuk membeli barang yang merusak tubuh tersebut.

5. Kendalikan Diabetes

Diabetes seringkali menjadi pemicu penyakit turunan. Hal ini karena kadar gula dalam tubuh tidak bisa terkontrol dengan baik.

Kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman yang sifatnya manis karena didalamnya terdapat kandungan yang tidak baik. Mulai beralih pada hal-hal yang tidak berlebihan bisa menjadi solusi ampuh.

6. Kenali Faktor Risiko Stroke

Bila beberapa hal diatas sudah dilakukan dan merasa kurang yakin maka ada baiknya untuk kenali faktor risiko stroke. Caranya pun kini makin mudah dimana siapapun bisa mencari informasi di dunia maya.

Namun akan lebih afdol bila konsultasi dengan dokter guna mendapat informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Maklum saja apa yang kita lihat dan baca digawai belum tentu itu sebuah kebenaran.

Selain beberapa hal diatas masih ada hal lain yang bisa diperhatikan semisal sering cek tekanan darah. Jaga ambang atas dan bawah agar tetap dalam kondisi terbaik.

Selain itu bagi mereka yang ada riwayat penyakit jantung untuk lebih waspada. Hal ini karena implikasi bisa melebar ke berbagai jenis penyakit lain yang kemudian kita kenal dengan apa yang namanya komplikasi.

Tinggalkan komentar