Asuransi yang Berguna Untukmu dan Keluarga

Last Updated on 25 Oktober 2021 by Joko Yugiyanto

Di masa seperti ini, sudah banyak perusahaan asuransi  yang menawarkan produknya untuk kamu miliki dengan benefit yang ditawarkannya. Tentunya dengan benefit yang ada tersebut kita dapat memberikan jaminan perlindungan bagi masa depan keluarga.

asuransi keluarga
pixabay.com

Khususnya dari segi finansial karena ada banyak risiko yang dapat timbul terlebih di masa pandemi yang masih belum memiliki kejelasan akhirnya. Namun, sebelum memilih asuransi, sudahkah kamu mengenali asuransi?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai asuransi agar kamu dapat menentukan asuransi yang tepat untukmu!

Pengertian Asuransi

Asuransi merupakan perwujudan dari perjanjian antara kedua belah pihak, yaitu tertanggung dan penanggung. Asuransi dapat dikatakan sebagai cara melimpahkan risiko finansial yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Caranya tertanggung membayarkan premi dengan besaran tertentu dan waktu tertentu kepada penanggung. Tertanggung dalam hal ini adalah nasabah dan Penanggung adalah perusahaan yang menyediakan produk asuransi.

Fungsi Asuransi

Asuransi memiliki fungsi untuk membantu menghadapi unexpected risk yang berkemungkinan didapatkan di kemudian hari. Asuransi tidak membuat risiko tersebut hilang, tapi akan membantu dalam mengurangi cost yang dikeluarkan akibat risiko tersebut.

Dengan demikian kerugian finansial yang kita temui tidak membengkak. Dengan kata lain, asuransi berfungsi untuk memberikan kita proteksi terhadap risiko atau kerugian tak terduga.

Namun, asuransi berbeda dari investasi, yang bisa memberikan kita return dan membuat kita mendapatkan uang lebih banyak. Asuransi sendiri lebih berfokus dalam memberikan jaminan perlindungan atas risiko yang tidak terprediksi

Oleh karena itu, asuransi merupakan cara untuk mempersiapkan hal yang tidak bisa kita persiapkan. Banyak hal yang bisa saja kita bisa temui, mulai dari kecelakaan, jatuh sakit, hingga risiko kehilangan pencari nafkah di keluarga, risiko ketika membiayai pendidikan anak dan lain-lain.

Oleh karena itu perlu dipahami perbedaan dari setiap jenis asuransi. Hal ini karena tidak ada produk asuransi yang dapat meng-cover semua risiko, berbeda jenis asuransi berbeda juga risiko yang ditanggung.

Apa Saja Jenis Asuransi?

1. Asuransi Jiwa

Pengertian asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan bagi keluarga apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan oleh keluarga (dalam hal ini kematian) terhadap pemegang polis asuransi yang biasanya merupakan kepala keluarga / pencari nafkah utama di keluarga.

Oleh karena itu, asuransi jiwa memang diperuntukkan dalam memberikan keamanan finansial bagi keluarga yang ditinggalkan apabila pemegang polis meninggal dunia.

Pemegang polis perlu membayar sejumlah premi sehingga ketika meninggal uang tersebut akan diberikan oleh asuransi. Uang pertanggungan ini akan dibayarkan kepada keluarga yang ditinggalkan seperti yang tercantum pada kontrak asuransi.

2. Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan atas risiko yang dapat terjadi pada mobil yang kamu miliki. Terdapat dua jenis asuransi mobil, yaitu All Risk dan TLO (Total Loss Only).

Asuransi All Risk adalah jenis asuransi mobil yang memberikan ganti rugi akibat kerusakan yang dialami oleh kendaraanmu, mulai dari kerusakan ringan hingga parah. Bahkan, asuransi jenis ini dapat menanggung resiko kehilangan kendaraan akibat pencurian.

Sedangkan, asuransi TLO adalah asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil dari risiko kehilangan ataupun kerusakan. Klaim akan dibayarkan manakala kerusakan sama dengan atau lebih dari 75 persen harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Saat ini sudah banyak produk asuransi mobil di Indonesia yang dapat kamu miliki dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu.

3. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap masa depan anak sekaligus berinvestasi. Ada juga asuransi pendidikan anak yang menawarkan jaminan proteksi jiwa bagi orang tua/anggota keluarga yang mencari nafkah.

Asuransi jenis ini tentunya menjamin tersedianya dana pendidikan untuk anak. Sebagai orang tua tentu tak pernah tahu akan sampai kapan bisa produktif dan oleh karena itulah dibutuhkan asuransi pendidikan.

Nah, itulah berbagai jenis asuransi yang bisa kamu siapkan untuk memberikan proteksi bagi masa depan keluargamu. Dengan adanya asuransi kamu dapat lebih tenang untuk menghadapi risiko yang mungkin muncul di masa mendatang dan tentunya menjamin perlindungan bagi keluargamu tercinta.

Kira-kira mana asuransi yang tepat untukmu?

Tinggalkan komentar