Bingung Pilih Asuransi Jiwa, Lakukan 9 Langkah ini

Asuransi jiwa kini bukan lagi barang mewah. Hampir setiap orang kini menyadari pentingnya proteksi jiwa mengingat kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi kelak.

asuransi jiwa

Ada banyak manfaat asuransi jiwa tapi sebelum membahas itu ada baiknya perhatikan terlebih dahulu langkah sebelum memilih. Jangan sampai salah pilih dan merasa perlindungan tidak maksimal.

Oleh karena itu ada baiknya mulai saat ini untuk menyiapkan asuransi terbaik. Diantara beberapa kriteria asuransi jiwa yang baik setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan;

1. Kenali produk asuransi jiwa

Asuransi jiwa ada banyak ragamnya dan kita sebagai calon pengguna berhak untuk menentukan produk terbaik sesuai kebutuhan. Diantara beberapa jenis produk asuransi jiwa terdapat beberapa yang cukup populer antara lain asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa dwiguna dan asuransi jiwa unit link.

2. Sesuaikan premi dengan budget

Orang bilang ujung-ujungnya duit itu ada benarnya juga karena dalam pemilihan asuransi juga harus memperhatikan budget yang ada. Jangan sampai salah pilih dan terjebak bujuk rayu marketing dan pada akhirnya merasa tidak sesuai.

3. Pahami uang pertanggungan

Salah satu alasan seseorang untuk menggunakan asuransi adalah mendapat uang pertanggungan. Oleh karena itu pastikan hal yang satu ini benar-benar dipahami terkait syarat dan ketentuan beserta besaran uang pertanggungan yang kelak akan diterima ahli waris.

4. Cek rekam jejak penyedia asuransi

Jangan sampai seperti beli kucing dalam karung dan hanya asal pilih. Pastikan perusahaan asuransi yang dipilih memiliki track record yang baik dengan cek via media sosial. Pilih mereka yang benar-benar bertanggung jawab dan di awasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

5. Pastikan agen asuransi jiwa berlisensi

Kini semua agen asuransi di wajibkan untuk memiliki lisensi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Dengan lisensi tersebut setidaknya kita tak perlu takut kena tipu oknum tak bertanggung jawab. Mereka kelak juga akan membantu saat proses klaim sehingga hak benar-benar bisa dikeluarkan.

6. Pilih yang punya layanan terbaik

Salah satu bagus tidaknya sebuah peyedia asuransi bisa dilihat dari layanan yang mereka berikan. Bila mereka mampu menyediakan call center 24 jam maka kita akan merasa tenang. Kapanpun, dimanapun terjadi sesuatu akan ada layanan pelanggan yang siap membantu.

7. Cek dengan kompetitor

Bila dalam dunia bisnis sering mendengar cek 3 harga maka hal ini bukan menjadi satu hal yang sulit. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan bantuan internet dimana setiap penyedia asuransi akan memberikan manfaat apa saja yang ditawarkan.

8. Pelajari isi polis dengan teliti

Jangan terjebak bujuk rayu marketing yang terkenal manis. Tetap pelajari polis dengan seksama dan bila ada hal yang kurang meyakinkan ada baiknya di konfirmasi ulang. Pastikan sebelum tanda tangan semua sudah dipahami dengan baik.

9. Mendaftar sesegera mungkin

Daftarlah asuransi jiwa di usia muda. Hal ini karena kita paham betul terkait usia tak ada seorang pun yang akan tahu. Dengan mendaftar pada usia muda bisa dipastikan pula biaya premi akan lebih rendah daripada di daftarkan pada usia tua.

Bila telah memahami seluk beluk terkait asuransi jiwa kini saatnya menentukan. Asuransi jenis apa yang akan dipilih. Kalau saya pribadi unitlink meski premi lumayan mahal tapi asuransi ini bisa juga menjadi ladang investasi.

Ingin memiliki asuransi yang sama dengan saya bisa kontak saya di 087838889019 atau email jokoyugiyanto@yahoo.com untuk informasi detailnya.

Tinggalkan Balasan

Close Menu