Kelebihan dan Kelemahan EKRUT Sebagai Cara Baru Cari Kerja

Last Updated on 21 Oktober 2020 by Joko Yugiyanto

Teknologi memudahkan segalanya, terutama bagi kamu yang telah memiliki pengalaman kerja untuk masuk perusahaan impian. Ada satu aplikasi cara baru cari kerja bernama EKRUT yang manjakan talent ready.

kelebihan dan kelemahan ekrut
jokoyugiyanto.com

Untuk membuktikan aplikasi ini keren, maka saya pun mencoba secara langsung. Mulai dari download aplikasi di PlayStore hingga isi form yang ada hingga mencapai angka hampir sempurna.

Ada 2 kolom yang tidak bisa saya isi karena memang saya tidak memiliki kedua akun tersebut. Akun dimaksud adalah Github dan Stackoverflow.

Oke supaya ulasan ini jelas maka kita akan kenalan satu-satu secara berurutan. Tujuannya sudah pasti agar kamu lebih mudah memahami dan kemudian menggunakan.

Tujuan akhir sudah pasti bertemu dengan perusahaan impian. Tanpa perlu repot cetak CV dan kirim email tapi kamu yang akan dicari mereka sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Cara Baru Cari Kerja via EKRUT

ekrut
tampilan desktop

Mungkin tidak pernah terpikir sebelumnya tentang cara baru cari kerja dimana pencari kerja memiliki “posisi” yang lebih tinggi. Hal ini tentu harus dibarengi dengan kompetensi di atas rata-rata.

Cara mendapatkan SDM itu pun sangat praktis semudah kita belanja online via marketplace. Di mana pembeli benar-benar sebagai raja yang sesungguhnya. Tidak cocok tinggal pilih yang lain.

Pun demikian dalam EKRUT ini. Dimana mereka berupaya menjadi talent marketplace bagi sumber daya manusia berkualitas. Artinya EKRUT ini hanya cocok bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja.

Bila tidak sudah pasti besar kemungkinan kamu tidak akan dilirik perusahaan. Kompetisi dalam era digital atau Industri 4.0 begitu terasa khususnya bagi mereka yang tampil biasa saja.

Oleh karena itu menjadi penting untuk bisa menyiapkan diri sedini mungkin. Terutama yang masih menempuh pendidikan dimana ijazah saja tidak cukup.

Ada hal lain yang bisa menjadi nilai jual semisal mengikuti pelatihan atau organisasi. Bisa juga terlibat dalam sebuah projek atau publikasi.

Aplikasi EKRUT Digital Talent

tampilan aplikasi

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa saya sudah mencoba menggunakan aplikasi ini dan sangat mudah dalam proses pengisian. Sebagai bukti hanya dalam hitungan menit skor mencapai 98 persen.

Bagi kamu yang kesulitan menemukan aplikasi ini maka silakan klik link ini. Setelah itu isi kolom yang ada sedetail mungkin.

Jangan sekali-kali memberikan informasi yang tidak valid karena bila lolos pun akan sia-sia. Ingat kelak masih mengikuti tahapan rekrutmen mulai dari psikotes hingga interview akhir.

Bila ditemukan ketidaksesuaian sudah pasti akan di blacklist. Memberikan data yang tidak sesuai dalam sebuah perusahaan juga dianggap sebagai masalah yang serius karena berkaitan dengan integritas.

Kolom yang diisi mulai dari data diri (Personal Information), ketrampilan dan bahasa (Skills & Languages), pengalaman bekerja (Experiences), posisi diinginkan (Preference), pendidikan (Educations), prestasi (Accomplishment).

Sebisa mungkin isi selengkap mungkin hingga skor 100 persen. Hal ini juga bisa dianggap sebagai keseriusan pencari kerja dalam mencari kesempatan.

Jangan lupa untuk aktifkan notifikasi. Tujuannya sudah pasti, bila ada perusahaan yang melirik maka kita akan tahu.

Bagi saya pribadi dengan mengisi semua data maka akan memudahkan algoritma mereka bekerja. Memudahkan pertemuan antara pencari kerja dengan perusahaan sesuai konsep “the right man on the right place”.

Fitur yang Bisa Dioptimalkan

job listing
belum beruntung

Tak cukup hanya download aplikasi via smartphone saya pun membuka situs ini via desktop untuk mendapat gambaran utuh. Memastikan tidak ada kolom terlewatkan karena akan mengurangi skor yang ada.

Ketika membuka EKRUT via desktop maka akan terlihat beberapa fitur mulai dari Job Listing, Refer Friend, Media dan Contest. Berhubung saya penasaran maka satu demi satu pun coba saya ulik dan berikut sedikit gambaran dari masing-masing fitur.

1. Job Listing

Yang satu ini saya katakan adalah fitur utama dan paling pokok dari Ekrut itu sendiri. Begitu dibuka di dalamnya ada 3 sub menu mulai dari Job Recomendation, Saved Job dan Interested.

Istilah-istilah yang sangat familier tentunya dimana nantinya akan muncul perusahaan yang muncul sesuai dengan kriteria kita. Bila belum muncul maka harap sabar karena bisa jadi belum ada yang sesuai.

Semakin spesifik profesi dicari maka akan semakin susah muncul. Tapi begitu muncul maka besar kemungkinan potensi join ada di depan mata.

Dari Job Recomendation ini kemudian bisa dipilih untuk disimpan dulu atau segera dilamar. Tinggal pindah ke kolom Saved Job atau Interested.

2. Refer Friend

Selanjutnya ada refer friend yang artinya kamu akan mendapat komisi bila bisa mengajak kawan untuk join menggunakan aplikasi ini. Caranya sangat mudah, cukup memasukkan nama, alamat email dan nomor telpon.

Perkiraan pendapatan dari kegiatan ini ditaksir hingga Rp 5 juta. Lumayan bukan bila hanya mengajak kawan bisa mendapat cuan.

3. Media

Kamu suka membaca dan butuh asupan maka bisa gunakan EKRUT untuk mendapat berbagai informasi menarik. Mereka sadar betul bila talent ready tetap butuh informasi menarik.

Oleh karena itu di dalamnya juga ada media agar setiap orang bisa upgrade wawasaan tanpa henti. Banyak hal mereka sajikan mulai dari tips seputar melamar kerja hingga saran dari para expert dibidangnya.

4. Contest

Fitur terakhir ini bisa jadi bukan untuk semua kalangan. Hanya diperuntukkan bagi mereka yang menguasai bidang terkait semisal pemrograman.

Tapi tak ada salahnya bila ingin mencoba sekadar menambah pengalaman dan portofolio. Ada banyak kontes yang bisa diikuti dan semua itu gratis.

Kelebihan dan Kelemahan EKRUT
Kelebihan EKRUT sebagai Cara Baru Cari Kerja

1. Mendapat Pekerjaan Tanpa Melamar

Ketika menggunakan aplikasi ini maka logika kita dalam dunia kerja akan serasa terbalik. Dimana dulu pencari kerja yang aktif melamar tapi kini tidak lagi.

Perusahaan atau pemberi kerja lah yang akan aktif mencari kandidat. Maka dari itu menjadi penting proses pengisian informasi sebaik mungkin.

2. Lowongan Valid

Tak perlu takut tipu-tipu bila ada perusahaan akan memasang lowongan palsu. Pihak EKRUT memastikan perusahaan yang bisa masuk hanyalah mereka terverifikasi dan tervalidasi.

Maka jangan kaget bila melihat Job Recomendation tidak akan sebanyak portal lowongan kerja. Hal ini lebih karena filter yang ketat.

3. Pelamar Itu Raja

Kapan lagi di negara +62 pelamar itu seperti raja dimana mereka berhak untuk memilih akan join dengan perusahaan mana. Layaknya marketplace, bila ada banyak perusahaan yang berminat meminang tentu kandidat atau talent berhak memilih yang terbaik.

Kelemahan EKRUT versi Saya

Bagi saya yang memiliki kemampuan bahasa Inggris dibawah rata-rata agak sedikit kesulitan dalam mengisi kolom yang ada. Namun dengan adanya google translete maka semua itu akan teratasi.

4 pemikiran pada “Kelebihan dan Kelemahan EKRUT Sebagai Cara Baru Cari Kerja”

Tinggalkan komentar