Kenapa Harus Ngeblog? Satu Pertanyaan yang Tak Kunjung Selesai

Kenapa Harus Ngeblog? Satu Pertanyaan yang Tak Kunjung Selesai

Entah berapa orang bertanya kenapa harus ngeblog? Pertanyaan yang selalu berulang hingga mungkin ada belasan atau puluhan kali.

kenapa saya ngeblog
jokoyugiyanto.com

Banyak orang disekitar saya bertanya, “kenapa harus ngeblog?” Satu kegiatan yang menyita waktu, tenaga dan pikiran dan biaya ini masih saja berjalan.

Hal ini karena kebetulan saya aktif mulai ngeblog serius dalam arti membuat blue print terlebih dahulu sejak akhir 2014. Selalu meluangkan waktu minimal satu hari harus produksi satu artikel.

Lain hal bila sedang “memuncak” maka satu hari bisa jadi 3-5 artikel naik tayang. Mereka senantiasa bertanya kenapa bisa begitu.

Mungkin mereka melihat kegiatan menulis ini menjadi sesuatu yang monoton. Beda dengan saya yang mana dengan menulis itu bisa menuangkan ide atau gagasan.

Terlepas akan ada yang membaca atau tidak kegiatan ini akan terus dilaksanakan. Bagi saya pribadi, menulis adalah sarana katarsis dimana saya ingin melepas energi negatif.

Berupaya semua beban akan lepas dan yang ada kemudian adalah rasa lega dan plong tepatnya. Apa yang ditulis pun tidak melulu yang berat.

Kejadian menarik dan berkesan yang ditemui setiap hari pun bisa menjadi tema yang menarik. Mencoba memberi satu pandangan atas apa yang dilihat dari kacamata pribadi.

Tidak berbicara tentang benar atau salah. Tapi lebih tepatnya untuk senantiasa melatih hati dan pikiran untuk senantiasa produktif.

Kegiatan yang senantiasa berulang hingga menahun dan menghasilkan ribuan tulisan semakin memotivasi untuk menulis. Memunculkan ego bahwa apa yang dikerjakan harus lebih baik untuk kedepan.

Bila dulu kali pertama ngeblog hanya fokus untuk mempromosikan potensi wisata daerah asal dengan Kanal Jogja. Kini mencoba merambah potensi wisata nasional dengan Wisata Lokal Indonesia.

Tak cukup dengan dua blog yang mengambil tema wisata dan traveling maka muncullah blog personal ini. Menyajikan berbagai hal yang ingin ditulis tapi tak bisa masuk tema Kanal Jogja dan Wisata Lokal Indonesia.

Blog personal ini seolah menjadi jawaban bahwa apa yang ditulis harus bisa di dokumentasikan. Satu wadah tulisan yang memberi kesempatan keluar dari pakem atau norma-norma penulisan.

Berharap apa yang disajikan dapat memberi manfaat bagi pembaca menjadi jawaban normatif kenapa harus ngeblog. Tapi itu semua dapat dikatakan naif.

Dimana kini ternyata ngeblog bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tak sedikit mereka yang sukses dengan membangun sebuah blog dan menjadi pekerjaan utama.

Ngeblog kini bukan lagi satu profesi yang bisa dipandang sebelah mata. Tak ubahnya mereka yang sukses menjadi youtuber atau vlogger.

Di tanah air juga terdapat beberapa nama yang sukses menjadi seorang blogger. Bagaimana kerja dengan hati dimanapun dan kapanpun bukan lagi sebuah halangan.

Bila kamu telah membaca sedikit ulusan diatas masihkah bertanya kenapa harus ngeblog. Dan pertanyaan selanjutnya masihkah kamu mau jadi blogger nggak jelas.

This Post Has 7 Comments

  1. Selalu salut dengan Mas Jokow ini, konsisten dengan hobinya yang jalan-jalan sambil berbagi wawasan seputar destinasi.

    1. jejak digital tak mudah dihapus mas, maka menulislah

  2. Saya menulis diblog karena ya itu bebas, keluar dari pakem ,tidak terikat harus ini dan itu. Yang penting saya menulis senang, dan pastinya juga berharap bisa bermanfaat untuk orang lain.

    1. setuju banget, keluar dari pakem eyd pun gk ada yg complain ..yg penting orang2 mengerti

  3. haduh, kalimat terakhirnya nampol banget

    aku langsung meluncur ke postingan ‘ngapain jadi blogger nggak jelas’
    hahaha

    1. heduh g juga deh ka ros

  4. iya bang bener2 plong klo ngeblog hehhee mantabbbb, salam blogger bang

Tinggalkan Balasan

Close Menu