Sekilas Informasi Tentang Polis Pada Asuransi Mobil

Last Updated on 3 Agustus 2022 by Joko Yugiyanto

Dalam asuransi pasti kamu akan sering mendengar istilah polis. Apakah kamu sudah mengetahui apa itu pengertian polis? Mungkin beberapa diantara kamu yang sudah memiliki polis asuransi mobil tentu akan memiliki nomor polis.

polis asuransi mobil
antaranews.com

Pengertian dan Isi Informasi yang Ada pada Polis Asuransi

Lalu apa itu polis pada asuransi. Polis asuransi merupakan sebuah dokumen yang berisi perjanjian yang dilakukan pihak asuransi dengan pemegang polis atau yang biasa disebut juga nasabah.

Pada dokumen ini berisi berbagai penjelasan sebagai informasi yang dapat diketahui nasabah. Informasi tersebut diantaranya tentang data nasabah seperti nama, nomor polis, alamat dan masa polis berlaku.

Tidak hanya data nasabah saja. akan tetapi data mobil juga tertera pada dokumen ini yang meliputi tipe mobil, harga, keterangan tempat sesuai dengan plat nomor. Selain itu kamu sebagai nasabah juga bisa mengetahui informasi mengenai jenis polis yang dipilih beserta biaya premi yang harus dibayarkan.

Selanjutnya di dokumen ini juga kamu bisa mengetahui apa saja manfaat yang akan didapatkan dengan menyetujui polis dari perusahaan asuransi yang dipilih.

Itulah gambaran akan pengertian dan informasi yang bisa didapatkan pada polis asuransi mobil. Selain pengertian dan isinya, kamu juga wajib mengetahui bahwa polis ini ternyata memiliki fungsi bagi kedua belah pihak baik itu nasabah dan pihak perusahaan asuransi itu sendiri lalu apa saja itu?

Fungsi Polis Asuransi Mobil Untuk Nasabah Dan Perusahaan Asuransi

1. Nasabah

Seperti yang diketahui berdasarkan pengertian dari polis itu sendiri bahwa polis asuransi mobil merupakan sebuah dokumen yang sudah disepakati bersama oleh kedua belah pihak. Nah berdasarkan isi dari polis ini nasabah tentunya mengetahui isi perjanjian dari asuransi yang dipilih.

Selain itu polis ini juga berfungsi sebagai catatan yang bisa membuktikan sesuatu bila kedepannya terjadi kesalahpahaman kedua belah pihak. Bila ada masalah dikemudian hari maka akan merujuk pada ketentuan yang ada di polis asuransi mobil.

2. Perusahaan asuransi

Hampir sama dengan nasabah, fungsi polis bagi perusahaan asuransi juga sebagai bukti tertulis yang telah menunjukkan persetujuan dari kedua belah pihak jika terjadi kesalahpahaman. Dan bagi perusahaan asuransi, dokumen polis ini juga berfungsi sebagai bukti pembayaran premi yang telah dilakukan oleh nasabah.

Langkah Tepat yang Bisa Dilakukan dalam Memilih Polis Asuransi Mobil Menguntungkan

Setelah mengetahui fungsi dan isinya, pasti kamu semakin yakin untuk menggunakan asuransi mobil karena memiliki sistem yang terstruktur dan aman. Jika sudah yakin dan akan memilih polis dan jenis asuransi yang cocok untuk dipilih maka berikut sedikit tips yang bisa digunakan saat akan memilih polis asuransi mobil.

1. Memilih jenis asuransi yang cocok

Dalam pemilihan asuransi ini kamu harus dengan tepat memilih jenis asuransi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya mengetahui kira-kira masalah yang akan dihadapi di masa yang akan datang berdasar lingkungan yang sering dituju seperti apa.

Tips yang bisa diberikan yaitu jika kamu berada di kota besar yang rawan terjadi bencana alam atau sering terjebak macet. Atau bisa pula sering menyebabkan terjadinya benturan atau lecet pada body mobil maka jenis asuransi all risk dapat dipilih.

Sementara itu bila kamu berada di lingkungan yang sering terjadi kasus kriminalitas. Terutama pencurian dan sejenisnya sangat disarankan untuk memilih jenis asuransi Total Loss Only atau TLO.

2. Memilih polis yang menyertakan asuransi untuk pihak ketiga

Tips selanjutnya disarankan untuk memilih polis yang memiliki asuransi untuk pihak ketiga. Mengapa harus memilih asuransi yang seperti ini?

Seperti yang diketahui manusia tidak akan tahu apa musibah yang mungkin akan terjadi. Namun manusia dapat mencoba berjaga-jaga mengatasi musibah tersebut.

Dengan asuransi untuk pihak ketiga ini maka bila mengalami kecelakaan dan menyebabkan luka bagi pihak lain maka ia juga akan terbantu. Pihak asuransi akan memiliki kewajiban untuk menanggung biaya baik sebagian atau keseluruhan sesuai yang tertera pada polis.

Jadi tidak perlu pusing lagi memikirkan masalah tersebut karena sudah ter-cover dari perusahaan asuransi.

3. Memilih asuransi yang bekerja sama dengan banyak bengkel terpercaya

Hal yang dapat dilakukan selanjutnya adalah memilih asuransi mobil yang bekerja sama dengan berbagai bengkel yang terpercaya. Jadi meskipun sedang dinas luar kota maka akan lebih mudah dalam melakukan klaim dan perbaikan.

Dengan begitu kamu akan merasa aman dan tenang karena mobil dapat cepat. Tentunya bila terjadi kerusakan akan segera ditangani.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang polis asuransi mobil. Jadi bila dikemudian hari mendengar istilah polis maka sudah tidak bingung lagi karena sudah mengetahui isinya.

Tinggalkan komentar