Perhatikan Selalu Aktivitas Fisik untuk Menunjang Fungsi Dasar Manusia

Aktifitas fisik merupakan fungsi dasar hidup manusia. Sejak zaman dahulu aktifitas fisik diperlukan untuk mengumpulkan makanan dengan cara berjalan sekeliling hutan dan sungai, berlari dari kejaran musuh atau hewan liar yang hendak menerkam.

joko yugiyanto pristine
jokoyugiyanto.com

Pada perkembangan selanjutnya setelah manusia mengenal sistem budidaya maka manusia banyak menggunakan aktifitas fisik untuk bertani. Mulai dari menanam padi dan berkebun sayuran untuk memenuhi kebutuhan makanan.

Agar dapat bertahan hidup manusia zaman purba memerlukan tempat yang menyediakan bahan makanan. Mereka banyak membutuhkan energi untuk berkelana mencari makanan. Manusia berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari sumber-sumber bahan makanan dan minuman seperti air minum PH tinggi.

Seiring perkembangan peradaban manusia mulai mnengenal alat angkut/transportasi berupa hewan seperti kuda yang digunakan sebagai alat transportasi. Pada masa sudah dikenal alat transportasi, aktifitas fisik manusia untuk berjalan ke suatu tempat sudah mulai berkurang.

Menurut WHO aktifitas fisik (physical activity) merupakan gerakan tubuh yang dihasilkan otot rangka yang memerlukan pengeluaran energi. Aktifitas fisik melibatkan proses biokimia dan biomekanik.

Aktifitas fisik dapat dikelompokkan berdasarkan tipe dan intensitasnya. Seringkali orang menukarkan istilah aktifitas fisik dengan latihan olahraga atau exercise. Olahraga merupakan bagian dari aktifitas fisik atau dapat dikatakan latihan olahraga adalah aktifitas fisik yang terencana, terstruktur, berulang, dan bertujuan untuk memelihara kebugaran fisik (Haskell & Kiernan 2000).

Jumlah energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu aktifitas dapat diukur dengan kilojoule (KJ) atau kilokalori (kkal). Satu kalori (kal) setara dengan 4,186 joule atau 1 kilokalori (Kkal) setara dengan 1.000 kalori atau setara dengan 4.186 kalori. Air alkali terbaik pada umumnya mengandung kalori yang tergolong kecil.

Komponen kesegaran jasmani yang terkait dengan kesehatan meliputi daya tahan kardiorespirasi, daya tahan otot, kekuatan otot dan komposisi tubuh. Sedangkan komponen kesegaran jasmani yang berkaitan dengan keterampilan meliputi kecepatan, kelincahan/ketangkasan, keseimbangan, kecepatan reaksi, kelenturan dan koordinasi.

Oleh karena itu guna mencapai aktifitas fisik sempurna untuk menunjang fungsi dasar manusia dibutuhkan air minum PH tinggi. Kini minuman tersebut cukup mudah ditemukan disekitar kita salah satunya dengan rajin mengkonsumsi Pristine.

Tinggalkan Balasan

Tautan komentar adalah nofollow free.

Close Menu