Varises Tidak Bisa Dicegah Tapi Bisa Diatasi

Sering kali kita merasa jengkel tiap kali melihat ke kaki khususnya betis bila ada garis-garis dan terus membesar menjadi tonjolan atau yang kemudian biasa disebut varises. Secara kesehatan mungkin kurang begitu mengganggu, tapi secara penampilan tentu saja akan membuat siapa saja merasa terganggu dan tidak nyaman.
Kaki Mulus Tanpa Varises
Kecanggihan dunia medis menciptakan beberapa alternative dalam menangani varises. Cara-cara menangani varises ada yang aman dan ada juga yang berbahaya untuk jangka panjang.

Perlu diketahui bahwa kondisi ini terjadi karean ada pelebaran pembuluh darah. Agar pembuluh darah yang ada pada kaki tidak cepat membesar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Berdasar penelitian yang di lakukan Dr Julie Brittenden didapat fakta bahwa bocornya katup pembuluh darah pada seseorang itulah yang menjadi penyebab varises. Kebocoran ini mengakibatkan aliran darah masuk kembali dan terbendung kemudian terjadinya pelebaran pembuluh darah.

Beberapa ahli menyarankan untuk mengatasi varises ini bisa digunakan metode terapi laser. Terapi ini berusaha untuk mengembalikan atau memperbaiki pembuluh darah yang mengalami gangguan dalam peredaran darah.

Penelitian ini menggunakan 798 responden dengan kriteria menderita varises. Terapi dilaksanakan dalam jangka waktu 4 tahun dari 2008 hingga 2012. Terapi dalam penelitian ini ada 3 jenis yakni metode laser, penggunaan obat yang disuntikan dan operasi pengangkatan pembuluh darah.

Setiap enam bulan para responden dicek keadaanya dan para peneliti memperbandingkan hasil dari ketiga treatmen yang dilakukan. Tidak lupa melihat dan meneliti apa saja efek samping yang muncul.

Ternyata terapi laser diketahui sebagai metode terbaik dalam menghilangkan varises karena dinilai cukup efektif. Selain itu terapi laser juga memiliki tingkat resiko yang paling rendah.

Bila varises didiamkan dalam jangka waktu yang lama maka varises bukan hanya akan mengganggu penampilan semata. Tapi juga akan menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Hal ini dikarenakan ada pembengkakan pada tumit, perubahan warna kulit dan kadang disertai luka lecet kecil di kulit.

Varises ini tidak mengenal gender dan usia jadi jangan pernah dipandang sebelah mata. Hanya saja akan sangat mudah menyerang bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih, ibu hamil, manula dan orang-orang yang banyak bekerja dengan cara berdiri.

Sampai saat ini belum ada metode untuk mencegah timbulnya varises. Hanya saja penyakit ini bisa diperlambat agar tidak terlalu parah.

Caranya sangat sederhana, yakni dengan cukup istirahat, kurangi kegiatan berdiri dan jangan terbiasa menyilangkan kaki saat duduk. Ada baiknya ketika istirahat baik duduk atau tidur dengan cara sedikit menaikan kaki.

Tinggalkan Balasan

Close Menu