7 Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

Last Updated on 27 Agustus 2020 by Joko Yugiyanto

Rambut berketombe tentu menjadi satu kondisi yang bikin tidak nyaman. Tak hanya bagi para perempuan tapi bagi laki-laki pun demikian. Oleh karena itu menjadi penting bagi siapa saja untuk mengetahui penyebab ketombe agar tidak muncul lagi.

penyebab ketombe
shutterstock.com

Dengan mengetahui penyebab ketombe tentu akan memudahkan bagi kita untuk menghilangkannya. Tak perlu ke salon hanya sekadar ingin usir ketombe. Cukup kenali penyebab dan lakukan tindakan preventif atau pencegahan.

Perlu diketahui bahwa ketombe adalah lapisan kulit kepala yang mati dan mengering kemudian terkelupas. Masalah ini tak terjadi pada satu dua orang saja tapi banyak orang akan mengalaminya.

Mungkin kita sering berpikir penyebab ketombe itu karena terlalu banyak aktifitas di luar ruang atau terkena sinar matahari langsung. Namun ternyata bukan itu saja karena masih ada penyebab lainnya.

Penyebab Ketombe dan Cara Mudah Mengatasi:

  1. Salah Pilih Shampo

Penyebab pertama ini biasanya terjadi pada mayoritas kaum adam. Maklum saja, biasanya mereka tak pernah memperhatikan jenis shampo apa yang paling tepat.

Yang terjadi kemudian adalah shampo apa yang ada di depan mata maka itu yang dipakai. Bisa jadi itu sabun adik, kakak, ibu atau yang lain. Setiap kepala memiliki ciri khas dan karakter berbeda maka idealnya shampo juga disesuaikan.

Kesalahan pemilihan shampo ini terjadi sepanjang hari, sepanjang waktu maka wajar kemudian bila masalah pada ketombe tidak kunjung usai. Mulai kini kenali jenis rambutmu dan pilih shampo paling sesuai.

  1. Yeast Sensitivity dan Seborrheic Dermatitis

Pada sebagian kasus ketombe disebabkan karena adanya alergi yeast. Namun sayang terkadang seseorang tak menyadari kalau dirinya memiliki alergi dan berdampak pada munculnya ketombe dengan cepat.

Selain alergi ada juga Seborrheic dermatitis yang ditandai munculnya rasa gatal dan iritasi. Hal ini disebabkan kelebihan produksi minyak di kulit kepala. Minyak rambut yang tak sesuai bisa jadi akan memperparah kondisi ini.

  1. Stres dan Malas Sisir Rambut

Jaga hati dan pikiran jika tidak ingin muncul ketombe. Apalagi mereka yang kurang tidur dan enggan merapikan rambut bisa jadi debu putih ini akan bermunculan. Pilih sisir yang lebih rapat bila usir ketombe dengan cepat.

  1. Jamur Malassezia

Jamur ini dalam takaran normal sangat baik untuk kesehatan kepala. Tapi bila muncul secara berlebih tentu akan menjadi masalah. Bila memang demikian jangan ragu untuk mencuci rambut agar senantiasa bersih.

  1. Pola dan Kebiasaan Makan

Rambut dan kepala sama halnya bagian tubuh yang lain dimana mereka juga membutuhkan nutrisi dari apa yang kita makan. Jangan ragu untuk mengkonsumsi aneka buah dan sayuran karena nutrisnya sangat dibutuhkan. Bukan saja untuk kulit tapi juga untuk kesehatan rambut dan kepala.

  1. Jarang Keramas atau Terlalu Sering Keramas

Kita tahu bahwa apa yang berlebih dan apa yang kurang itu tidak baik. Mulai sekarang mulailah berkomitmen untuk sewajarnya. Sama halnya dalam urusan membersihkan rambut. Jangan terlalu sering dan jangan juga terlalu jarang keramas.

Cukup 3 kali sehari dalam keramas. Jangan setiap hari keramas karena akan mengakibatkan masalah pada minyak alami yang dihasilkan rambut dan membuat kulit kepala iritasi.

  1. Terik Matahari Menjadi Paling Banyak Penyebab Ketombe

Seperti yang saya sampaikan diatas, penyebab inilah yang paling sering dikeluhkan karena bisa menimpa siapa saja. Terutama mereka yang memiliki banyak aktifitas di luar ruang dan langsung terpapar sinar matahari. Sebisa mungkin hindari terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama.

Bila kita sudah tahu berbagai penyebab ketombe tentu kini dengan mudah kita akan mengatasinya. Cukup beri perhatian lebih pada rambut dan kepala sehingga tidak ada sel kulit kepala yang kemudian mati dan berterbangan.

 

Tinggalkan komentar