Laptop Si Paling Powerful ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400

Last Updated on 27 September 2022 by Joko Yugiyanto

Entah kenapa menulis tentang ASUS itu seolah candu. Meski telah beberapa kali menulis tapi tetap ingin mengulangnya kembali. Dan ada banyak hal yang bisa ditulis, seolah tidak kehabisan bahan dan kali ini saya ingin menulis tentang ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400.

joko yugiyanto x asus vivobook
jokoyugiyanto

Bukan tanpa alasan tapi sejak kali pertama diluncurkan dan tim ASUS berkunjung ke Jogja. Saya menjadi salah satu orang yang beruntung, bisa mengenal lebih jauh produk yang diklaim sebagai laptopnya Gen Z ini.

Melihat secara langsung dan mencoba menggunakan. Selain itu juga mendapat pemaparan yang cukup baik dari tim Public Relation ASUS saat itu.

Laptop yang dibuat secara khusus untuk menjawab kebutuhan para pelajar / mahasiswa, tenaga pendidik, karyawan hingga pelaku usaha ini juga bisa dikatakan sebagai laptop si paling powerful. Hadir dengan desain terbaik dan mempertahankan ciri khas membuat laptop ini sangat cocok untuk menyelesaikan tugas sehari-hari.

Semua fitur yang ada bisa dioptimalkan dengan sangat baik. Membuat atau menyelesaikan tugas kini menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Produk ini juga mendapat julukan laptop kreativitas tanpa batas. Semua itu berkat dukungan creavive tools, di mana dengan fitur ini hal-hal sulit bisa diselesaikan dengan mudah.

Selain itu ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 telah menggunakan layar OLED dan memiliki kecepatan dan akurasi yang sangat mumpuni. Jauh lebih baik dari laptop sejenis di kelasnya.

Sepintas lihat kita akan tahu bahwa laptop seri ini adalah salah satu yang terbaik. Terlihat dari bagaimana mereka memperhatikan detail desain dan tata letak tombol.

ASUS tetap mempertahankan apa yang menjadi ciri khas seri Vivobook. Terlihat dari motif Warning-Stripe yang ada di tombol Enter.

Selanjutnya ada Travel Distance tombol dengan jarak 1,4mm yang dilengkapi lampu Backlit warna putih. Lampu ini miliki 3 level kecerahan yang mudah diatur dengan menekan tombol F7.

Nampaknya saat ini touchpad menjadi sebuah kebutuhan, terutama mereka yang ingin mulai meninggalkan mouse dan ASUS tahu betul cara menjawab kebutuhan ini. Terlihat mereka hadirkan touchpad lebih ke Center to Body.

Tergolong besar untuk laptop 14inch dan memanjang dari tombol Spacebar sampai dengan Ctrl-kanan. Meski demikian kegiatan mengetik diklaim tetap tak ada kendala berarti.

Hal lain yang menjadi nilai tambah tentu saja memiliki bobot ringan dan tipis. Membuatnya begitu mudah untuk bekerja di luar ruangan.

Bagaimana tidak, laptop ciamik 14inch ini hanya miliki bobot 1,37kg dengan panjang 31,5cm dan lebar 22,6cm. Untuk sisi paling tipis diangka 1,89cm dan sisi paling tebal diangka 1,92cm.

Untuk harga pun relatif ramah kantong mengingat spesifikasi diberikan. Di mana ada laptop spesifikasi gaming bisa didapat hanya di ASUS dengan harga Rp 12 jutaan.

Organ Dalam Si Paling Powerful

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400
jokoyugiyanto.com

Hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal.

Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

Bukan hanya itu saja tapi dalam laptop yang hanya tersedia 2 warna ini juga telah menggunakan RAM 16GB Dual Channel. Warna tersedia hanya Cosmos Blue dan Solar Silver menjadi penanda bahwa ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini benar adanya.

Masih berbicara tentang hal-hal luar biasa pada ASUS seri Vivobook ini. Di mana mereka telah menggunakan layar 2.8K 90 Hz OLED 100% DCI-P3.

Membuat siapapun betah untuk berlama-lama di depan laptop. Baik itu untuk menyelesaikan tugas atau sekadar mencari hiburan.

Tidak berhenti disitu saja tapi mereka juga telah menggunakan Fabrikasi 7 NM. Kinerjanya semakin apik saat sinergi dengan teknologi terbaik dari AMD.

Tanpa keraguan akan memanjakan pengguna saat memroses tugas berat. Aplikasi Premiere Pro, Photoshop atau editing video akan menjadi satu tugas yang mudah.

Ruang penyimpanan diberikan pun cukup lega di mana ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 telah menggunakan 512GB SSD NVMe. Tidak hanya itu saja tapi juga dilengkapi dengan jalur PCIe Gen 3×4.

Kerja di luar ruang dan disokong koneksi internet stabil dan kuat makin nyata dengan modul Intel Wi-Fi 6 AX200. Laptop ini selain support dengan Wi-Fi 6 juga bisa beroperasi di Gigabit Wi-Fi. Sementara untuk pemindahan data via bluetooth telah disiapkan Bluetooth V5.2.

Untuk kapasitas baterai menggunakan 50Whr dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Khususnya bila hanya mengoperasikan tugas-tugas biasa. Dan semua itu makin mudah dengan Operating System dengan Windows 11 yang serba bisa.

Bagi mereka yang ingin detail warna tentu akan sulit lepas dari laptop yang satu ini. Bukan hanya karena disuguhi resolusi 2880x1800Pixel dan Aspect Ratio 16:10 saja tapi lebih dari itu adanya Color Gamut hingga 100% DCI-P3.

Satu teknologi yang mampu menghaslkan setidaknya 1,07miliar warna. Pihak ASUS pun pernah melakukan pengujian dan didapat hasil berupa tingkat kecerahan warna maksimal ada di angka 600 Nits. Satu kondisi yang saat ini hampir bisa dipastikan tidak akan ada yang mampu menyamai rekor tersebut.

Mereka yang butuh hiburan pun akan sangat dimanjakan dan tidak perlu keluar rumah untuk mencari hiburan. Cukup di rumah dan rasakan kedahsyatan layar Pantone Validated saat nonton film atau menikmati musik video.

Perhatikan dengan seksama dan akan kita temukan permukaan layar yang nampak glossy. Sangat cocok dengan panel OLED dan hasilkan warna jernih.

Tak kalah menarik tentu adanya Screen Body Ratio diangka 84%. Selain itu ada desain NanoEdge Display yang nampak begitu nyata membuat layar terlihat lebih besar.

Konten dengan resolusi HDR pun akan hadir dengan sangat baik. Semua itu tak terlepas dari adanya pengakuan atau sertifikasi DisplayHDR 600 True Black.

Dukungan Penuh ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400

asus vivobook pro
dok asus

Berbicara tentang kesehatan ASUS pun tahu betul bahwa ini menjadi hal krusial. Dan mereka hanya hadirkan teknologi terbaik dengan memperhatikan tingkat emisi cahaya biru aman untuk mata dan telah tersertifikasi TÜV Rheinland.

Audio terbaik pun telah disiapkan dalam laptop ini. Terlihat dengan adanya audio dari Harman Kardon dengan 2 speaker mengarah ke bawah.

Selain itu masih ada Software DTS Audio Processing yang bisa digunakan untuk mengatur profil suara sekaligus sebagai Equalizer. Selanjutnya bisa ditebak, suara dihasilkan begitu prima sesuai jaminan Speaker Harman Kardon.

Faktor keamanan kini juga dianggap sebagai salah satu kebutuhan pokok. Di mana database dan kerahasiaan harus senantiasa terjaga.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 tahu betul akan hal ini. Menjadi menarik ternyata laptop ini telah dilengkapi sistem keamanan biometrik.

Hanya pemilik yang bisa mengakses laptop dan tidak ada cerita tangan jahil yang membuka. Sensor berada di tombol power dan sekali tekan maka akan ada pengenalan sidik jari sekaligus menyalakan laptop.

Bagi mereka yang ingin lebih mendapat privasi maka jangan lupa gunakan Webcam Privacy Shield. Cara ini relatif lebih aman untuk mencegah orang-orang yang hendak mengintip.

Meeting jarak jauh pun terasa menyenangkan. Semua itu berkat dukungan kamera 720P @30 FPS dan adanya 2 mikrofon. Suara bising ketika berada di tempat umum pun bisa dinetralkan dengan fitur ASUS AI Noise Cancellation Technology.

Hal Lain yang Tak Kalah Menarik

dashboard asus
dok asus

Berbicara tentang ASUS tak ubahnya kita berbicara tentang hal luar biasa. Salah satunya tentu saja tingkat Refresh Rate 90Hz diangka 0,2ms. Sangat cepat tentunya respon time diberikan dan hal ini bisa jadi sulit didapat dari laptop lainnya.

Oh iya sebelum lupa, perlu juga diketahui bahwa panel OLED yang ada di laptop seri ini ada ditingkat Bit-depth karena berada diangka 10-bit. Membuat mata tetap nyaman meski digunakan dalam jangka panjang.

Laptop pada umumnya bila digunakan dalam durasi panjang biasanya akan cepat panas. Namun tidak dengan laptop ASUS yang satu ini.

Seri ini telah dilengkapi cooling system khusus. Menggunakan teknologi IceCool Plus Thermal Technology yang dilengkapi 2 Heatpipe dan 2 kipas.

Kecepatan kipas bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan pembuangan udara panas diarahkan ke sisi belakang. Di mana pada bagian tersebut terdapat engsel layar.

Ada 3 kecepatan kipas bisa dipilih mulai dari Performance Mode, Standard Mode dan Whisper Mode. Untuk memilih mode yang pas bisa menggunakan tombol FN+F atau menggunakan Software My ASUS.

Tidak itu saja tapi dengan My ASUS pengguna juga bisa mengatur banyak hal di dalam laptop mereka. Mulai dari Pixel Refresh, Pixel Shift, Automatically Hide Windows Taskbar in Desktop Mode dan Windows Taskbar Transparency Effect.

Dengan itu semua maka gejala burn-in bisa diminimalisir. Pengaturan yang tepat juga dipercaya akan memperpanjang usia pakai sebuah produk tak terkecuali laptop.

Selain beberapa hal diatas masih banyak hal menarik bisa dilakukan melalui My ASUS dan menjadi penting bagi siapapun itu. Untuk membaca buku panduan dan mengoptimalkan fitur dukungan optimal dari ASUS.

Dukungan lain yang nampak ada laptop ini tentu saja adanya konektor, baik itu di sisi kiri maupun kanan. Perhatikan sebelah kiri maka akan ditemukan 2X USB 2.0 dan 1X MicroSD Card Slot. Sementara itu disisi kanan terlihat adanya 1X 3.5 MM Audio Combo Jack, 1X HDMI, 1X USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps) dan 1X DC-IN.

Dengan semua yang ada, siapapun itu tidak akan membantah bila ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 layak mendapat julukan laptop si paling powerful. Menjadi salah satu yang terbaik dikelasnya dan mampu dukung siapapun itu untuk hasilkan karya yang lebih baik.

 

16 pemikiran pada “Laptop Si Paling Powerful ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400”

  1. naksir banget ih sama si asus vivobook pro 14 oled inii, tip[is dan ringan juga yaa, jadinya praktis dan nggak berat kalo harus di bawa bawa gitu hihihi

    Balas
  2. Tampilan laptopnya itu warna kesukaan daku dong Pak. Jadinya makin mupeng, apalagi pas baca speknya dan si AMD nya ini nih yang bikin tangguh buat dukung pekerjaan

    Balas

Tinggalkan komentar