Begini Cara Kerja dan Manfaat Remittance yang Perlu Diketahui

Last Updated on 5 Agustus 2021 by Joko Yugiyanto

Apakah kamu pernah mendengar istilah remittance? Pasalnya remittance sendiri merupakan metode pembayaran nontunai yang digunakan ketika melakukan transaksi keuangan lintas negara.

remitance
pexels.com

Misalnya pengiriman uang dari tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Hal ini cocok bagi mereka yang kuliah, bekerja atau sedang berada di luar negeri.

Pelayanan remittance bukan hanya memberikan kemudahan seseorang yang ingin transfer ke luar negeri. Bukan hanya itu saja tapi juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi serta mata pencaharian banyak negara khususnya yang mengekspor tenaga kerja.

Layanan pengiriman uang beda negara ini berbentuk valuta asing yang dilakukan secara individu atau perusahaan. Transfer valas bisa dilakukan oleh lembaga keuangan bank ataupun non bank.

Dalam pelaksanaannya, proses transfer uang ini membutuhkan waktu yang lama.

Cara Kerja Remittance

Sekarang ini ada beberapa bank atau lembaga keuangan yang menyediakan jasa layanan pengiriman atau transfer uang ke luar negeri melalui remittance. Pada umumnya setiap lembaga keuangan memiliki keunggulan atau kelebihan layanan baik dari kecepatan proses transaksi maupun dari biayanya.

Adapun untuk mekanisme atau cara kerja remittance umumnya hampir sama di semua bank. Adapun berikut alur mekanisme remittance, yaitu

● Nasabah ataupun non nasabah yang ingin transaksi bisa mengunjungi bank yang menawarkan layanan transfer ke luar negeri
● Kamu akan mendapatkan formulir pengiriman uang dari bank yang berisikan informasi mengenai jumlah uang yang dikirim.
● Pengirim juga harus mengisi identitas pengirim, identitas penerima, bank tujuan penerima. Isi formulir dengan benar dan sesuai data dan kondisi.
● Pihak bank pengirim akan memproses layanan remittance. Uang yang dikirim dalam bentuk valuta asing dapat di debet dari tabungan valas pengirim apabila pemilih merupakan nasabah dari bank tersebut.
● Selanjutnya pihak bank pengirim dan bank tujuan akan melakukan kerjasama untuk menyelesaikan proses transfer ke luar negeri atau remittance.

Manfaat Remittance

Layanan remittance memberikan manfaat bagi individu ataupun negara. Misalnya, memudahkan seseorang untuk melakukan transfer ke luar negeri dengan layanan ini.

Selain itu, manfaat remittance juga menjadi sumber pendapatan negara dan membantu negara menjaga keberlangsungan hidup dan perkembangan ekonomi di dalamnya. Dengan adanya layanan ini maka setiap pihak lebih sadar pada fasilitas layanan perbankan, sehingga rekening bank menjadi meningkat.

Pada masa-masa krisis atau penurunan perkembangan ekonomi negara, pendapatan dari remittance justru cenderung stabil. Hal ini karena selalu ada para pekerja lokal yang bekerja di luar negeri mengirimkan pendapatannya ke keluarga di negara asal.

Dampak positif adanya layanan remittance yaitu meningkatnya kegiatan perekonomian dalam negara.

Transfer Valas di Aplikasi digibank by DBS saja!

Saat ini nasabah bisa menggunakan layanan kirim atau transfer uang ke luar negeri dengan mudah melalui aplikasi digibank by DBS tanpa harus pergi ke kantor cabang. Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan dengan transfer valas di aplikasi digibank by DBS, beberapa di antaranya yaitu

1. Mudah dan Praktis

Melalui aplikasi digibank by DBS, nasabah bisa mendapatkan kemudahan kirim uang ke luar negeri 24/7 tanpa harus ke cabang. Selain bisa transfer kapan saja dan dimana saja untuk segala kebutuhan bisnis atau pribadi. Nasabah bisa kirim uang ke keluarga, kerabat, atau partner melalui fitur yang disediakan di aplikasi digibank by DBS.

2. Gratis Biaya Transfer

Jika biasanya beberapa bank atau lembaga keuangan menggunakan biaya transfer valas. Namun di digibank by DBS pengguna bisa mendapatkan gratis biaya transfer ke lebih dari 20 tujuan, dengan 7 mata uang yaitu CAD, SGD, GBP, AUD, EUR, HKD, USD.

3. FX Rate Terkini dan Juara

Dengan melakukan transfer valas lewat aplikasi digibank by DBS, bisa mendapatkan keuntungan FX rate terkini dan juara. Artinya, nilai tukar yang kompetitif membuat proses transfer jadi ringan

4. Sampai di Hari yang Sama

Bagi mereka yang sedang buru-buru mentransfer uang ke luar negeri, digibank by DBS solusinya! Pasalnya transaksi bisa sampai di hari yang sama untuk transaksi yang dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Lalu bagaimanakah cara transfer valas di aplikasi digibank by DBS?

● Pertama-tama silakan membuka aplikasi digibank by DBS. Lalu pilih “transfer” dan klik “transfer valas”
● Selanjutnya klik “tambah penerima”, lalu ikuti petunjuk selanjutnya
● Setelah itu memilih negara pengiriman yang dituju
● Lalu pilih mata uang yang sesuai
● Pilih bank dan masukan detail penerima
● Terakhir, masukkan jumlah yang akan dikirim, lalu klik lanjut dan transaksi selesai.

Transaksi ini bisa dilakukan hanya dalam satu aplikasi digibank by DBS. Tentunya sangat mudah dan praktis bukan?

Itulah beberapa hal mengenai remittance yang perlu diketahui. Transaksi ke luar negeri jadi lebih mudah dengan adanya digibank by DBS. Tunggu apalagi? yuk pakai aplikasi ini!

Referensi
https://www.simulasikredit.com/apa-itu-remittance/
https://www.cekaja.com/info/4-cara-kirim-uang-ke-luar-negeri-mudah-jarak-tak-lagi-jadi-masalah
https://accurate.id/ekonomi-keuangan/remittance/
https://lifepal.co.id/media/remittance-jenis-manfaat-dan-cara-kerjanya/#Pengertian_remittance
https://www.dbs.id/digibank/id/id/tabungan/fitur-aplikasi/transfer-valas

Tinggalkan komentar