To Do

Indonesia Fundraising Award 2020: Gerakan Kemanusiaan itu Dimulai dari Kecil

Indonesia Fundraising Award 2020

Begitu mudah kita temukan orang baik di sekitar kita. Salah satu contoh paling gampang ditemukan adalah nuansa gotong royong bila terjadi musibah atau bencana.

Tak ada rasa canggung untuk membantu satu sama lain. Mereka bahu membahu untuk meringankan beban orang yang ada di sekitarnya.

Tak harus besar, memberi dari hal yang paling kecil pun akan sangat membantu. Hal ini karena energi positif itu akan terus membesar dan menyebar.

Masih kurang yakin, coba buka sosial media maka akan ditemukan kegiatan untuk berdonasi. Sekali lagi, membantu mereka yang membutuhkan. Meski satu sama lain tidak saling kenal tapi tergerak hati untuk memberi.

Belum cukup dengan apa yang terlihat maka silakan buka google dan ketik “negara paling dermawan di dunia” maka kita akan menemukan fakta negara kita adalah salah satu yang terbaik. Puncaknya di tahun 2018 silam, Indonesia menjadi negara paling dermawan di dunia versi lembaga amal Inggris, Charities Aid Foundation (CAF).

Ada banyak alasan kenapa warga negara ini menjadi begitu mudah untuk berbagi. Selain faktor ajaran agama yang masih kental tentu saja karena faktor budaya. Dimana sejak dulu para orang tua mengajarkan anak-anaknya untuk mudah berbagi.

Dari modal positif itu kemudian bermunculan lembaga-lembaga non profit untuk memudahkan proses penyalurannya. Mulai skala kecil mungkin, bisa ditemukan di tingkat RT, RW atau desa hingga dalam skala besar hingga menjangkau nasional.

Bukan besar atau kecil sebuah lembaga atau angka yang diberikan. Tapi semangat untuk terus memberi dan berbagi itu yang patut diapresiasi. Jangan sampai kebaikan ini akan sirna ditelan waktu.

Kini telah ada satu lembaga yang fokus terhadap fundraising. Institut Fundraising Indonesia (IFI) adalah lembaga training, consulting dan publishing yang terkait dengan fundraising.

Didirikan sejak 2013 oleh Arlina F Saliman dan M Arifin Purwakananta dikarenakan adanya kegelisahan dalam bidang kaderisasi sumber daya manusia dalam bidang fundraising. Wajar saja bila duo ini gelisah karena mereka telah lama berkecimpung dalam dunia fundraising.

Selain itu ingin membantu lembaga sosial / amal agar mudah berkembang karena biasanya mereka kurang memiliki strategi fundraising yang tepat.

Visi IFI adalah melahirkan SDM tangguh dalam bidang fundraising baik itu di dalam maupun luar negeri.
Misi IFI adalah mendorong kemandirian Indonesia melalui kemitraan fundraising agency. Membangun jaringan lembaga sosial untuk program sustainable development.

Tak hanya itu saja tapi mereka juga menyediakan literatur fundraising yang relevan untuk Indonesia. Oleh karena itu mereka juga menerbitkan buku, majalah, media online dan media fundraising lainnya.

Indonesia Fundraising Award 2020

IFI memberikan penghargaan dalam Indonesia Fundraising Award 2020 sebagai bentuk apresiasi untuk kerja keras mereka di bidang sosial kemanusiaan. Selain itu tentu saja agar seluruh lembaga sosial kemanusiaan termotivasi untuk terus melakukan fundraising. Fundraising sangat dibutuhkan untuk kemandirian organisasi atau lembaga.

Direktur IFI, Arlina F Saliman menegaskan bahwa lembaga-lembaga ini harus diapresiasi keberadaannya karena telah menggerakkan kepercayaan publik untuk terus berbagi terhadap sesama. Oleh karena itu IFI merasa wajib untuk memberikan penghargaan kepada lembaga sosial kemanusiaan yang telah berkontribusi nyata.

Selain itu tentu saja untuk menarik minta anak muda untuk terjun dalam dunia sosial kemanusiaan. Bila ini terjadi maka akan lebih muda dalam proses kaderisasi tentunya.

Dengan award ini juga pastinya akan memotivasi lembaga sosial kemanusiaan untuk mengeloa lembaga secara profesional dan transparan. Bila ini terjadi pastinya akan dipercaya publik.

Mereka yang terlibat dalam proses penjurian Indonesia Fundraising Award 2020 adalah orang-orang yang berkompeten dibidangnya. Mereka adalah Direktur KNKS Ahmad Juwani, Direktur IFI Arlina F Saliman dan Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ) Agus Budiyanto.

Dari sekian banyak kategori kemudian dikerucutkan menjadi 17 kategori nominasi. Banyaknya kategori ini membuktikan bahwa publik sangat percaya dengan keberadaan mereka sebagai lembaga sosial kemanusiaan yang amanah.

pemenang Indonesia Fundraising Award 2020
dokumen IFI

Berikut kategori nominasi Indonesia Fundraising Award 2020

1. Fundraising Zakat Terbaik

Pada kategori ini terpilih Dompet Dhuafa yang telah 27 tahun malang melintang menghimpun dan mendistribusikan zakat. Tak hanya di dalam negeri tapi juga hingga luar negeri dengan penerima manfaat lebih dari 19 juta jiwa.

2. Fundraising Infak Terbaik

Pada kategori fundraising infak terpilih Baitul Maal Hidayatullah. Kini setidaknya ada 287 pesantren yang telah mereka bantu. Untuk dai yang mendapat manfaat mencapai 5213 dai yang tersebar di berbagai pelosok nusantara. Tak hanya itu saja tapi masih ada ribuan keluarga dhuafa dan anak usia sekolah yang dibantu.

3. Fundraising Kemanusiaan Terbaik

Pada kategori kemanusiaan terpilih Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang sigap turun saat terjadi bencana. Kiprah mereka juga tak hanya di tanah air tapi juga hingga mancanegara.

4. Fundraising CSR Terbaik 

Untuk kategori fundraising CSR terbaik terpilih Human Initiative. Mereka berjibaku dengan yang lain untuk siap membantu ketika ada bencana hingga banyak perusahaan besar pun mempercayakan program CSR agar di kelola Human Initiative.

5. Fundraising Digital Terbaik

Untuk kategori fundraising digital terbaik diterima Baznas yang senantiasa berinovasi. Inovasi digital yang telah mereka lakukan membuktikan bahwa bidang sosial kemanusiaan pun bisa bersaing dengan yang lain untuk menarik minat publik berdonasi.

6. Platform Fundraising Digital Terbaik

Untuk platform fundraising digital terbaik diraih kitabisa.com. Produk mereka sangat mudah diakses dan ditemukan di sosial media dan hadir lebih kekinian.

7. Fundraising Program Kesehatan Terbaik

Untuk fundraising program kesehatan terbaik diraih Palang Merah Indonesia. Kiprahnya di bidang kesehatan tak perlu diragukan lagi. Sejak puluhan tahun silam mereka hadir membawa misi kesehatan.

8. Fundraising Program Pendidikan Terbaik

Pada kategori fundraising program pendidikan terbaik terpilih Yatim Mandiri dimana mereka memiliki program sekolah unggulan.

9. Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik

Pada kategori fundraising program anti korupsi terbaik terpilih Indonesia Corruption Watch (ICW). Mereka dinilai konsisten dalam pengawasan penanganan praktik korupsi agar tidak melenceng.

10. Fundraising Program Bantuan Hukum Terbaik

Pada kategori fundraising program bantuan hukum terbaik terpilih Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Mereka cukup baik dalam mendapampingi dan memberi bantuna pada masyarakat bawah yang berperkara dengan hukum.

11. Fundraising Wakaf Produktif Terbaik

Pada kategori Fundraising Wakaf Produktif Terbaik diterima Sinergi Foundation. Mereka mampu mengungguli lembaga lain dalam pengelolaan wakaf produktif.

12. Fundraising Komunitas Terbaik

Tak hanya lembaga sosial, kali ini IFA 2020 juga memilih komunitas yang turut berjasa dalam bidang sosial kemanusiaan. Dan kali ini terpilih Komunitas Gerak Bareng yang fokus dengan galang dana bagi mereka yang membutuhkan.

13. Fundraising Penggalangan Dana Langsung

Pada kategori fundraising penggalangan dana langsung terpilih Lembaga Amil Zakat Nasional Lembaga Manajemen Infaq (Laznas LMI).

14. Fundraising Kurban Terbaik

Pada kategori fundraising kurban terbaik, terpilih LAZISNU. Lembaga ini dinilai paling tinggi dalam menghimpun dan menyalurkan kurban sehingga dipercaya publik sebagai pelaksana.

15. Program Fundraising Oleh Perguruan Tinggi 

Satu kampus yang masuk dalam kategori Program Fundraising Oleh Perguruan Tinggi adalah Social Trust Fund UIN Jakarta. Dimana mereka meski sebagai kampus tetap berkomitmen dalam dunia filantropi untuk kebaikan sesama.

16. Life Achievement Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising Indonesia

Satu yang spesial dengan hadirnya Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising di Indonesia dan kali ini dianugerahkan kepada Almarhum Gus Sholah. Terpilihnya Gus Sholah sebagai tokoh pendukung gerakan fundraising Indonesia bukan tanpa alasan. Beli adalah salah satu orang yang sangat peduli dalam bidang sosial kemanusiaan.

Pada program Penghargaan IFA 2020 kali ini dilakukan secara daring karena dilakukan dimasa pandemi Covid-19. Meski jumlah yang datang dibatasi, tapi mereka yang hadir adalah para nominator. Selain itu ada juga perwakilan media massa, media online, tokoh, dan puluhan blogger Indonesia.

Terselenggaranya IFA 2020 ini berkat dukungan segenap pihak mulai dari Pegadaian Syariah, Bamuis BNI, Yatim Mandiri, Badan Wakaf Alquran, Solo Peduli, Laz Harfa, Nurul Hayat, Sekolah Relawan dan pastinya seluruh warga Indonesia yang peduli akan sosial kemanusiaan.

Show More

Related Articles

18 Comments

  1. Bagus sekali Indonesia Fundraising Award 2020, selain mengapresiasi berbagai lembaga yang sudah memberikan manfaat bagi masyarakat secara sosial, bisa juga jadi pemicu bagi mereka agar semakin berprestasi dalam menyebarkan kebaikan.

  2. pemenang di beberapa kategori kita udah familiar yaa..
    mrk mmg udah cukup terkenal, tapi ada bbrp kategori yang menurut sy cukup unik dan kreatif nih.
    bantuan hukum dan anti korupsi wah…keren nih kreatif

  3. Bagus banget acara IFI. Biasanya yg bekerja di bidang sosial kemanusiaan suka dipandang sebelah mata, gak keren gitu. Semoga para pekerja sosial semakin semangat!!

  4. Salut banget dengan inisiasi IFI mengadakan Indonesia Fundraising Award ini. Memotivasi para lembaga sosial kemanusiaan dan mendorong para pemuda berkontribusi dalam fundraising gerakan kemanusiaan .

  5. Alhamdulillah ada sisi baik dan terbaik dari masyarakat kita. Ada yang kita banggakan kepada dunia yang dilakukan oleh mayarakat banyak Indonesia sebagai “Most Generous Country” dan memang terbukti sehari-hari di lingkungan saya, orang-orang seakan berlomba dalam hal kebaikan malah ada kelompok-kelompok kecil yang dilakukan oleh seseorang yang memang tulus menyalurkan dana sedekah kepada orang-orang yang memerlukan.

  6. Semoga ya dengan adanya award bagi fundrising zakat dan shodaqoh semakin membuat semakin lembaga tersebut berbuat lebih serta berinovasi untuk kemanfaatan umat.

  7. Iya bener. Karakter dermawan masyarakat kita yang membuat kita bersatu juga dalam hal tolong-menolong. Nah, ternyata kehadiran lembaga amal sangat penting disini. Apalagi, IFI dengan inisiatif menyelenggarakan IFA Award 2020 sebagai bentuk apresiasi terhadap lembaga fundraising

  8. MasyaAllah acarany bagus banget ini bang. Dan aku setuju banget, banyak hal-hal baik dimulai dari yang kecil dan semoga menginspirasi banyak orang untuk memanusiakan manusia dan terus berbuat baik. aamiin

  9. Dari kegiatan ini kita bisa lihat bahwa betapa banyaknya lembaga fundraising di Indonesia. Itu juga membuktikan bahwa semangat gotong royong di sini tuh emang kuat banget yaa mas..

  10. Indonesia Fundraising Award acara yang sangat bagus, mengapresiasi lembaga2 non profit dalam upayanya membantu sesama, untuk kepentingan umat manusia. Menjadikan hal berbagi lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Open chat