7 Peluang Usaha Online Murah Meriah yang Bisa Kamu Pilih

Last Updated on 6 Februari 2021 by Joko Yugiyanto

Hampir satu tahun sudah kita dihantam pandemi. Dan mereka yang cukup survive akan tumbuh di 2021 dan semua itu mayoritas dilakukan oleh mereka yang melihat peluang usaha online.

joko yugiyanto ambil peluang usaha online
jokoyugiyanto.com

Maklum saja mereka yang masih bertahan dengan cara konvensional sudah pasti akan ditinggalkan. Jarak dan waktu kini bukan lagi hambatan untuk berkarya atau berkreasi.

Berbagai inovasi mulai dijalankan dan kita bila melihat peluang usaha online ini seyogyanya untuk ambil bagian. Bagaimana dengan tetap berada di rumah saja tapi bisa produktif. Menghasilkan sesuatu tanpa keluar rumah yang berpotensi menciptakan kerumunan tentu sangat tidak disarankan.

Hal ini karena akan dekat dengan kemungkinan terpapar corona virus. Satu virus yang hingga kini telah menjangkit 1,1 juta penduduk di tanah air.

Jangan menjadi korban dan menambah daftar penyintas karena sungguh tidak enak begitu dinyatakan positif. Peluang usaha online ini sejatinya tidak membutuhkan modal besar karena lebih membutuhkan kreatifitas dan keberanian untuk bereksperiman.

Menciptakan sesuatu yang baru dan dibutuhkan masyarakat luas tentunya. Menjadi solusi atas masalah yang ada.

Baca juga: Seharusnya Literasi Digital itu Mudah

Usaha Online Murah Meriah Terbaik 2021

Berbicara tentang peluang sejatinya ada banyak selama kita jeli melihat sesuatu yang ada di sekitar kita. Berbagai kesulitan atau keterbatasan yang ada di lingkungan sekitar itu sejatinya adalah emas bagi mereka yang paham betul.

Usaha online itu sendiri menurut saya adalah semua pekerjaan yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Artinya memiliki kebebasan ruang dan waktu.

Untuk bekerja tidak membutuhkan satu tempat khusus atau satu waktu khusus. Lain dengan pekerja konvensional dimana mereka cenderung terpaku dengan ruang kerja di kantor dan jam kerja office hour.

Satu tren yang mulai ditinggalkan, terlihat dengan banyaknya perusahaan yang menerapkan sistem work from home (WFH). Dimana mayoritas karyawan kemudian bekerja cukup dari rumah.

Pun demikian kita bisa mengambil konsep tersebut dan diterapkan dalam dunia kerja yang kita ciptakan. Paling penting adalah setting goal dan fokus dengan apa yang dikerjakan sehingga dimanapun berada senantiasa produktif.

Peluang Usaha Online Terbaik Modal Minimalis

Sejatinya ada banyak peluang usaha online tapi disini sengaja saya pilih 7 terbaik. Hal ini karena tujuh peluang usaha ini dinilai paling realistis dan murah meriah.

Ada beberapa yang bisa jadi tidak modal sama sekali dalam artian cukup kuota internet. Dan ada pula sebagian yang pastinya butuh modal untuk hasil yang lebih baik.

Sebagai perumpamaan paling mudah. Mereka yang ingin memancing di pinggir laut bisa jadi cukup kail dan umpan saja. Dan mereka yang ingin hasil tangkapan lebih besar pastinya akan ke tengah laut.

Sangat jelas dalam usaha pun demikian, dimana mereka yang menyiapkan modal lebih besar pastinya memiliki kesempatan berhasil lebih besar. Namun demikian, komitmen dan kerja keras adalah yang utama.

7 Peluang Usaha Online Murah Meriah

1. Penulis Lepas

Untuk menjadi penulis lepas seyogyanya memang menyukai dunia ini. Maklum saja untuk menjadi penulis handal di butuhkan jam terbang. Tidak ada penulis yang ujug-ujug atau tiba-tiba tulisannya enak di baca.

Dalam pengalaman menulis saya pribadi pun demikian. Untuk sampai saat ini saya telah fokus menulis sejak 2004 dengan bergabung pada lembaga pers mahasiswa.

Setelah itu saya bergabung dengan media mainstream terbesar di tanah air dalam jaringan Kompas Gramedia. Tak lama memang karena hasrat keliling Indonesia menggebu-gebu.

Untuk menuntaskan hasrat menulis maka setelah itu pun bergabung dengan beberapa media online. Namun dirasa kurang optimal maka pada akhirnya saya membuat sendiri beberapa platform blog.

2. Penerjemah Bahasa

Merasa tulisan kurang baik tapi cukup paham dengan bahasa asing maka posisi ini bisa jadi adalah pilihan terbaik. Satu profesi yang butuh keahlian tentunya dimana untuk bisa melakukan pekerjaan ini kita harus betul-betul paham dengan bahasa yang akan dialih bahasakan.

Modal utama pekerjaan ini sudah pasti portofolio dan jam terbang. Semakin banyak karya kita kerjakan sudah pasti akan memiliki nilai yang lebih tinggi.

Diawal jangan berharap langsung mendapa angka besar tapi cukup mendapat projek. Setelah itu pelan tapi pasti rate card akan naik seiring waktu.

Tidak harus semua bahasa. Cukup satu bahasa saja tapi pahami betul-betul sehingga kita memang ahli dalam bidang ini.

3. Desain Grafis

Suka menggambar atau membuat karya visual maka ini saatnya unjuk gigi. Untuk peluang ini ada satu cara yang lebih mudah untuk meningkatkan nilai jual.

Rajin ikut lomba sehingga karya akan dikurasi oleh para juri yang memang ahlinya. Cara instan dengan proses panjang ini juga disertai dengan menawarkan jasa pada situs desain grafis.

Saat ini ada banyak marketplace yang mengakomodir para pembuat desain dengan mereka yang membutuhkan jasa. Jangan takut untuk mencoba karena dengan banyaknya aply job yang ada semakin besar peluang kita dapat.

4. Afiliasi dan Dropshipping

Suka dengan dunia marketing tapi enggan modal maka ini jawabannya. Berjualan via online tanpa modal besar.

Ketika bermain afiliasi kita cukup meyakinkan orang lain untuk membeli produk dengan menyertakan kita sebagai perantara. Untuk bermain dalam bisnis ini setidaknya kita juga mampu membuat sebuah review yang menarik sehingga orang lain akan membeli melalui referal milik kita.

Sementara itu dropshipping adalah bagaimana kita bisa memiliki sebuah toko tanpa memiliki stok barang. Artinya kita sudah pasti minimal akan kerugian barang tidak laku.

Namun disisi lain ada tantangan bagaimana produk senantiasa siap begitu ada calon pembeli. Jangan sampai terjadi kata sepakat dan barang tidak ada karena akan merusak nama baik.

5. Influencer

Aktif di sosial media baik itu twitter, facebook, instagram atau tiktok maka kini saatnya meraih pendapatan dari sosial media tersebut. Ciptakan konten yang bermanfaat dan menghibur sehingga membuat mereka yang pernah berkunjung datang kembali.

Mereka yang sudah terbiasa dan menemukan pola yang tepat akan lebih mudah untuk tumbuh. Lain cerita bagi mereka yang ragu untuk eksplorasi dan ada rasa takut maka sudah pasti akan kesulitan untuk meng-influence orang lain.

Diawal pilih satu platform yang paling disuka dan dirasa paling menyenangkan. Jangan harap langsung bisa menjadi influencer untuk semua sosial media. Tekuni dan pelajari pola netizen untuk mendapat engentement terbaik.

6. Mengelola Media Sosial

Mahir menggunakan media sosial tapi enggan menjadi influencer maka bisa jadi kamu lebih tepat mengelola sosial media. Bukan hanya untuk perusahaan, artis ibu kota atau publik figur besar saja, kini mereka yang sedang tumbuh pun banyak mencari orang-orang yang ahli dalam bidang ini.

Sebelum terjun dalam bidang ini pahami dan dalami seluk beluk sosial media. Tujuannya untuk mendapat formula yang tepat apa yang harus dilakukan.

Jangan sampai asal posting karena itu sama saja bunuh diri. Yang ada bukan citra positif tapi sebaliknya, yakni citra kurang baik.

7. Blogger

Peluang usaha online terakhir terbaik yang bisa saya rekomendasikan tentu saja menjadi seorang blogger. Kini hampir semua orang telah memiliki platform ini untuk berbagi informasi.

Dan kamu pun harus memilikinya, diawal bisa jadi belum optimal sebagai ladang atau mata pencaharian. Tapi bila fokus dan konsisten dalam mengarap sudah pasti peluang itu terbuka lebar.

Modalnya pun relatif tidak besar. Cukup membeli hosting dan domain saja dan soal harga pun kini sangat terjangkau.

Dengan modal kurang dari Rp 350 ribu pun kita sudah bisa memiliki blog yang oke punya. Selanjutnya jangan lelah berkreasi, membuat konten yang bermakna.

Kalau bagi saya pribadi blog ini lebih sebagai catatan harian. Dimana banyak cerita dalam kehidupan sehari-hari akan hadir di personal blog ini. Jangan kaget kemudian bila melihat hampir semua tulisan yang ada terlihat receh.

Exabytes Indonesia sebagai Jawaban untuk Pelaku Bisnis Online

Sementara itu saya merekomendasikan Exabytes Indonesia sebagai penyedia hosting dan domain terbaik saat ini untuk membuat website atau blog. Selain harga terjangkau kualitas ditawarkan patut diacungi jempol.

Di sini pun kita bisa beli hosting gratis domain jadi sangat hebat bukan. Tidak hanya itu saja, tapi perhatikan poin nomor 4 diatas tentang peluang usaha online berupa afiliasi.

Dengan memiliki akun di Exabyte kita berhak untuk mengikuti program afiliasi terbaik yang mereka punya. Artinya dengan cara ini kita sekaligus bisa menjadi pemain afiliasi. Keren bukan kalau sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui khusunya dalam kaitan membangun usaha online kekinian.

 

Satu pemikiran pada “7 Peluang Usaha Online Murah Meriah yang Bisa Kamu Pilih”

Tinggalkan komentar