Peralatan Olahraga Tenis Lapangan yang Harus Diketahui

Last Updated on 13 Agustus 2021 by Joko Yugiyanto

Olahraga, apapun itu saat ini bukanlah satu kegiatan yang mahal. Hal ini karena kita menyadari betapa pentingnya sebuah olahraga. Pun demikian bila kamu memiliki minat satu olahraga yang kurang populer.

olahraga tenis lapangan
pixabay.com/hansmarkutt

Dikatakan kurang populer karena memang membutuhkan satu peralatan khusus. Sebut saja salah satunya olahraga tenis lapangan. Dimana bila ingin berlatih serius maka dibutuhkan lapangan khusus, raket khusus dan pastinya akan lebih afdol bila di dukung sepatu tenis original.

Semua perlengkapan tersebut bila ada dan mumpuni tentu akan meningkatkan semangat untuk berlatih. Bisa jadi target bukan hanya atas dasar kesehatan semata tapi juga sebagai olahraga prestasi.

Asal Usul Olahraga Tenis Lapangan

Usut punya usut ternyata permainan tenis sudah ada sejak lama. Mulai diperkenalkan bangsa Prancis dimana kata tenis berasal dari kata tenez yang memiliki arti bersiap atau kerjakan.

Hanya saja berdasar catatan yang ada baru nampak di abad 11 M. Untuk raket yang mulai modern baru ditemukan pada abad 13 M di Italia. Dan setelah itu olahraga ini mulai digemari di seluruh dunia.

Dan bila kamu ternyata tertarik untuk menekuni permainan dengan bola ini ada baiknya persiapkan dari sekarang. Menjadi penting kemudian untuk melakukan persiapan dimana kita harus menyiapkan berbagai peralatan.

Setidaknya untuk bisa bermain tenis dengan baik kita membutuhkan 5 alat atau sarana pendukung antara lain:

1. Lapangan

Lapangan untuk olahraga tenis pun jenisnya macam-macam. Bila dibedakan berdasar kategori maka akan ditemukan 5 kategori mulai dari Kategori 1 (Lambat), Kategori 2 (Sedang-Lambat), Kategori 3 (sedang), Kategori 4 (Sedang – Cepat) dan Kategori 5 (Cepat).

Sementara itu bila dibedakan berdasar tipe permukaan maka akan ditemukan 3 tipe mulai dari Acrylic, Artificial Clay dan Artificial Grass, Asphalt, Carpet, Clay, Concrete, Grass dan lain-lain semisal modular system tile, wood atau canvas.

Untuk ukuran lapangan sendiri rata-rata menggunakan ukuran yang sama. Dengan panjang 34.77 meter kali 17.07 meter.

2. Raket

Untuk raket idealnya memiliki ukuran panjang tidak lebih dari 73.7 cm (29″) dan lebar tidak lebih dari 31.7 cm (12.5″).

Raket tenis terdiri dari frame (rangka) dan string (senar). Untuk frame terdiri dari handle (pegangan), head (kepala) dan terkadang miliki throat (leher). Raket harus terbebas dari berbagai benda yang melekat dan berbahaya.

3. Bola

Bola biasanya berwarna kuning atau putih agar mudah terlihat saat hendak dipukul. Tak hanya itu saja tapi bola harus miliki karakter yang sesuai. Mulai dari diameter: 65.41 mm – 68.58 mm, berat : 56.0 g – 59.4 gram.

4. Net

Seperti kita tahu bahwa tenis membutuhkan net untuk memisahkan antara kedua pemain. Memiliki ciri khas berwarna hijau tua atau hitam.

Net ini biasanya miliki tinggi tiang penyangga 107 centimeter dengan tinggi net 91,4 centimeter.

5. Sepatu Khusus

Agar permainan kian optimal jangan lupa gunakan sepatu tenis original. Bukan hanya sebatas gaya-gayaan atau keren-kerenan semata.

Namun sepatu memiliki fungsi penting untuk melindungi kaki. Jangan sampai cidera karena asal-asalan menggunakan alas kaki atau sepatu.

Selain itu sepatu yang biasa atau KW memiliki kecenderungan mudah rusak. Tak mau bukan sedang asing bermain tenis tiba-tiba sepatu jebol dan harus pulang jalan kaki.

Untuk mendapat sepatu tenis original pun saat ini sangat mudah. Terlebih dengan adanya marketplace maka kita bebas memilih sesuai selera dan pastinya budget yang ada.

Blibli menjadi tempat belanja online nomor 1 di Indonesia karena mereka menjamin hanya akan menjual produk berkualitas. Kepuasan konsumen menjadi nilai dasar yang senantiasa mereka pegang hingga bisa tumbuh besar seperti sekarang ini.

Tinggalkan komentar