Sedikit yang Unik di Kabupaten Semarang dan Mungkin Kamu Belum Tahu

Last Updated on 2 Oktober 2020 by Joko Yugiyanto

Tiap wilayah yang ada di tanah air menyimpan sejuta keindahan. Tak hanya indah tapi bisa jadi unik dan menarik. Salah satunya tentu saja ada yang unik di Kabupaten Semarang untuk dikunjungi.

Unik di Kabupaten Semarang
instagram.com/pesona_kabsemarang

Tak susah untuk menemukan berbagai objek wisata di Kabupaten Semarang. Meski namanya kalah tenar dengan Kota Semarang tapi jangan salah, soal potensi wisata kabupaten ini bisa dibilang jauh lebih kaya, terutama akan wisata berbasis alam.

Mengunjungi berbagai objek wisata di Kabupaten Semarang sangatlah mudah. Hal ini ditunjang akses jalan yang sangat baik sehingga siapapun bisa dengan mudah menjangkau destinasi wisata diinginkan.

Yang Unik di Kabupaten Semarang

Liburan itu tentu identik dengan keindahan dan refresing. Tapi jangan salah selain itu kita juga masih bisa belajar hal lain mulai dari sejarah, kimia hingga menantang adrenalin siapa saja yang berkunjung.

Dari sekian banyak pilihan berikut saya pilihkan yang paling rekomended. Dimana kamu bisa datang dan menikmati keindahan objek wisata sembari mendapat pengalaman lebih. Bisa jadi pilihan ini tidak ada di tempat lain dan akan menjadi penyesalan bagi siapa saja yang melewatkannya.

Berikut 4 hal unik di Kabupaten Semarang wajib dicoba sebelum yang lain:

1. Facial Belerang

facial belerang
jateng.tribunnews.com

Pertama, hal unik di Kabupaten Semarang yang harus dicoba adalah facial belerang. Dimana bagi kaum hawa tentu melakukan perawatan adalah hal lumrah. Tapi pernahkah terpikir akan menggunakan bahan yang tak biasa berupa belerang. Untuk sampai dilokasi pun kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra tapi itu akan terbayar lunas saat tiba di lokasi.

Iya, belerang ternyata di objek wisata ini menjadi daya tarik tersendiri dimana setiap pengunjung yang datang akan mencoba pengalaman yang berbeda dengan facial belerang. Belerang ini akan keluar dari celah tebing yang terletak di area objek wisata Candi Gedong Songo. Persisnya ada di kawasan candi ke 9

Jangan ragu untuk melakukan facial belerang karena kegiatan ini cukup aman. Hal ini terbukti dengan banyaknya wisatawan yang telah melakukan treatment ini.

2. Merasakan Sensasi Menjadi Kesatria Berkuda

berkuda di kabupaten semarang
instagram.com/tardjo_pane

Masih di area objek wisata Candi Gedung Songo dan kamu bisa merasakan sensasi bagaimana menjadi kesatria berkuda. Bila pada umumnya mereka berkuda di jalur yang relatif biasa maka tidak demikian di sini.

Dengan berkuda saat mengelilingi objek wisata Gedong Songo tentu akan memberi kesan berbeda. Kegiatan ini juga bisa menjadi alternatif bila wisatawan ingin menuntaskan semua candi yang berjumlah 9 tapi tak mau lelah.

Lokasi candi yang terpisah-pisah ternyata memberi sensasi tersendiri bagi siapa saja yang ingin menuntaskannya. Siapapun bisa menggunakan jasa ini tanpa harus memiliki ketrampilan.

Ada mas-mas yang siap membantu pengunjung untuk mengeksplore setiap keindahan dan saat keliling jangan buru-buru untuk melangkah. Ada baiknya untuk sesaat berhenti dan melihat keindahan candi peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra yang dibuat pada abad ke-9

Jangan khawatir tentang keamanannya, karena saat kamu menunggangi kuda untuk berkeliling, kamu juga akan didampingi oleh penjaja kudanya. Semua penjaja kuda di sana sudah berpengalaman sampai bertahun-tahun.

Jadi mereka sudah cukup hafal dengan medan jalurnya dan juga sudah akrab dengan kudanya. Nikmatilah sensasi berkuda ala ksatria dengan harga Rp 70.000 rupiah.

3. Bermain Flying Fox Setinggi 70 meter

umbul sidomukti
instagram.com/umbul.sidomukti

Mungkin bukan yang tertinggi dan terpanjang tapi tetap saja sensasi yang diberikan flying fox yang ada di Umbul Sidomukti tetap begitu luar biasa. Menyeberang dengan tali sepanjang 110 meter dengan ketinggian 70 meter tentu memberi pengalaman yang berbeda.

Kalau tak berani maka cukuplah ada di bawah dan menyaksikan mereka yang memiliki nyali lebih. Untuk mencoba wahana ini pastikan tidak memiliki masalah pada jantung karena bisa jadi akan sangat berbahaya.

4. Merasakan Petualangan ala Alice Parkinson di Film Sanctum

goa tirta mulya
pengindolan.com

Bagi mereka penggemar film dan pernah menonton film Sanctum mungkin ingin pengalaman yang sama. Tak perlu jauh-jauh datang ke Papua Nugini untuk melakukan penelitian.

Di Kabupaten Semarang pun bisa dengan mengunjungi objek wisata Goa Tirta Mulia yang terletak di kawasan Gunung Ungaran atau tepatnya ada di Manggung, Jimbaran, Bandungan. Bila kamu berpikir ini adalah salah satu goa alami maka itu tidak tepat karena goa ini adalah buatan.

Memiliki panjang 135 meter tapi didesain seperti goa asli membuat siapa saja yang berkunjung mungkin tak menduga bila goa ini baru ada tahun 2009 lalu. Kondisi goa sangat gelap, oleh karena itu di dalamnya juga diberi penerangan.

Membuat siapa saja yang melintas jadi makin mudah tapi tetap saja harus hati-hati. Di dalam goa akan tercium bau khas tanah yang tersiram air hujan. Membuat siapa saja yang berada di dalamnya merasa nyaman dan betah berlama-lama.

Bagai petuah Kartini, habis gelap terbitlah terang. Usai menjelajahi goa ratusan meter yang gelap ini maka akan ditemukan keindahan. Tak hanya sinar terang tapi pemandangan yang mampu menyejukkan mata.

Bila ingin memanjakan diri dan menikmati semua wahana yang ada jangan coba datang di akhir pekan karena bisa jadi akan ada antrean panjang. Terlebih di masa new normal ini, mereka juga memberlakukan protokol kesehatan salah satunya membatasi jumlah pengunjung hingga 50 persen.

Bila 4 pilihan diatas telah selesai dituntaskan maka kamu bisa mencoba objek wisata yang unik di Kabupaten Semarang lainnya. Ada banyak pilihan tinggal kamu tentukan tanggal.

Kini, semua objek wisata di Kabupaten Semarang telah siap sambut pengunjung di era adaptasi kebiasan baru dengan sejumlah protokol kesehatan ketat untuk memastikan rasa aman bagi siapa saja terutama bagi para pengunjung.

39 pemikiran pada “Sedikit yang Unik di Kabupaten Semarang dan Mungkin Kamu Belum Tahu”

  1. Saya baru paham soal Kota Semarang sebagai Ibukota Jawa Tengah dan kabupaten Semarang, Mas Joko. Dan memang saya belum pernah ke sana. baru nyampe ke Semarang saja. Dan wow.. banyak wisata menarik di sana. Saya langsung planing kalau ke kota Semarang, wajib ke Kabupaten Semarang juga.

    Nah, kalau Kebumen kan, itu nama kabupaten sekaligus ibukota kabupaten juga.

    Balas
  2. Asikkk nambah wishlist lagi deh kalau ke Semarang. Belum banyak yg diubek-ubek nih paling kulineran di kota tua doang hehe

    Balas
  3. Aku nyesel banget deh waktu ke semarang tp dikotanya doang, ternyata di kabupaten semarang nya banyak banget tempat wisata bagus, semoga setelah pandemi berakhir bisa ke sana lagi terutama mau berkuda di sekitaran candi gedung songo

    Balas
  4. dulu sering banget ke Semarang tapi belum pernah mengunjungi 4 tempat ini, pengen nyobain yang facial belerang itu sama petualangannya nomor 4 niy, kayaknya bakal seru deh

    Balas
  5. Sewaktu saya ke Gedong Songo, saya tidak sempat facial belerang. Karena saya harus menggendong bayi.
    Nggak naik kuda juga. Soalnya saya takut bayi saya jatuh dari gendongan saya kalau saya naik kuda.
    Saya pun jalan kaki aja mengitari taman Gedong Songo itu. Ya capek sih, tapi kok ya senang 🙂

    Balas
  6. Wah keren bangeet bisa facial belerang ya, dijamin itu jerawat kering dan wajah tambah sehat ya. Unik deh Semarang ini, pingin ke Smg lagi, dulu udah pernah ke daerah Tembalang.

    Balas
  7. Ternyata yaah wisata kabupaten semarang ini epik2 lho mas. Aku penasaran sama nunggang kuda bya euy hehe. Seumur2 belm prnah naek kuda, harga nya affordable banget lagi. Moga bisa ke kabupaten semarang after pandemi 😉

    Balas
  8. Nah wajib dicoba nih bagi teman-teman yang belum pernah menjelajah Kabupaten Semarang. Rekomendasi dari Mas Joko ini kece semua loh.
    Dari dulu pengin nyampe Candi 9 duuuh susahnyaaa… berat banget bawa badan sampai ke situ, Mas. :))

    Balas
  9. Mas, kalo yang di gua itu ada pemandunya nggak ya? Aku tuh masuk ke gua antara pengen dan takut sih. Ke museum aja “disapa” makhluk gaib mlulu. Gimana kalo di gua :'(

    Balas
    • ini Gua buatan kok mb, panjang juga cuma 135 meter aja dan pastinya seperti kata bu kartini, habis gelap terbitlah terang

      Balas
  10. Hua jadi kangen banget nih pengen ke Semarang lagi. Huhu waktu ke Semarang aku kerja seharian di hotel terus sekalinya keluar ya ke salah satu desa di Salatiga. Semoga bisa ke Semarang lagi yes.

    Balas
  11. Aku belum pernah ke Semarang yang bener2 menikmati wisatanya. Haid penasaran nih sama facial belerang nya. Ah kapan2 mudik sempet in nih berkunjung ke Semarang

    Balas
  12. Wah wisata kabupaten Semarang emang josss …Aku aja suka…apalagi banyak wisata di daerah dataran tinggi yang ademmmm…cocok banget buat refreshing

    Balas

Tinggalkan komentar