5 Langkah Kecil dan Nyata, Cara Mudah Menjaga Bumi Kita

Kita sebagai pribadi atau perorangan bisa jadi akan berat bila ditugaskan untuk menjaga bumi kita. Namun lain cerita bila kemudian setiap orang memiliki kesadaran bahwa tiap individu memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga kelestarian alam.

menjaga bumi
jokoyugiyanto.com

Sebagai orang yang pernah terlibat langsung dalam kegiatan pecinta alam. Baik itu di level SMK/sederajat maupun perguruan tinggi saya tahu betul kondisi dan perbedaan saat ini dengan belasan tahun lalu.

Di mana saat ini kita akan mudah merasakan panas. Atau sebaliknya suhu lebih dingin daripada biasanya.

Alam, bumi kita tidak sedang baik-baik saja dan butuh peran semua pihak untuk kembalikan pada kondisi semula. Atau bila tidak, kita sebagai generasi muda tidak membuat kerusakan kian parah.

Rusaknya alam bukan hanya kita yang merasakan. Namun di masa yang akan datang anak cucu kita yang akan menjadi korban dengan kerugian paling tinggi.

Tak ingin hal itu terjadi bukan, saatnya kita bahu membahu dengan semua pihak untuk berkolaborasi. Bersinergi untuk menjaga bumi agar lebih baik.

Seperti kita tahu hutan Indonesia itu begitu kaya. Jutaan spesies bisa ditemukan di dalamnya dan banyak ilmuwan datang untuk melakukan riset. Tak hanya itu saja, banyak pemodal pun datang untuk mengeruk apa yang ada didalamya #HutanKitaSultan.

Tanpa tindakan yang tepat tentu akan berbuah kerusakan. Secara fakta benar adanya, setiap tahun kerusakan akan hutan terus bertambah dan tidak bisa dibendung.

Tak inging menjadi seperti mereka maka kini saatnya kita menjaga ekosistem yang ada sebaik mungkin. Dan jangan pernah semua hal indah yang kita temukan di masa kecil tinggal cerita.

Dibalik Single Dengar Alam Bernyanyi

dengar alam bernyanyi
dok. Laleilmanino

Apa yang menjadi kegelisahan kita ini pun banyak dirasakan pula oleh mereka yang ada di luar sana. Tak terkecuali dengan para musisi yang tergabung dalam Trio Laleilmanino.

Mereka pun melakukan langkah nyata untuk mengajak generasi muda untuk lebih peka kepada alam. Tidak ada alasan bagi siapapun yang berhak merusak apa yang Tuhan ciptakan.

Tepat pada perayaan Hari Bumi Sedunia pada 22 April lalu, mereka merilis single baru dengan judul “Dengar Alam Bernyanyi.” Dalam projek kali ini mereka menggandeng aktor kawakan Chicco Jerikho dan penyanyi Sheila Dara serta HiVi! #DengarAlamBernyanyi.

Lagu yang tercipta dengan proses relatif cepat ini tercipta di Hutan Wisata Situ Gunung. Mereka berusaha jujur menuangkan semua kegelisahan berkaitan dengan alam dan terciptalah lagu apik ini.

Ada pesan penting hendak mereka sampaikan. Berkaitan dengan isu lingkungan hidup yang mana saat ini bukan hanya tugas pemerintah saja. Namun menjadi tugas semua orang, khususnya para anak muda untuk menjaga kelestarian alam.

Dengan lirik sarat makna ini diharapkan dapat dengan mudah diterima publik. Tidak saja untuk dinikmati sebagai karya musik semata, lebih dari itu ada pesan mendalam yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dan menariknya kita pun ternyata bisa turut berkolaborasi dengan mereka dalam komitmen menjaga bumi. Hanya dengan mendengarkan single “Dengar Alam Bernyanyi” via YouTube #IndonesiaBikinBangga maka sebagian pendapatan yang ada akan diberikan untuk menjaga kelestarian hutan Indonesia. Tembang ini juga bisa dinikmati via Spotify dan Apple Musik.

Tidak perlu berbicara tentang hal-hal besar untuk menjaga bumi dan kelestarian alam. Cukup dimulai dari apa yang ada di lingkungan sekitar dan konsisten menjaga dan melakukan hal baik saja.

Alam dengan segala isinya harus dijaga. Hentikan semua tindakan yang berpotensi merusak karena hukum tebar tuai itu akan berlaku.

Sebagai contoh paling mudah tentu ketika kita melihat adanya banjir di berbagai wilayah. Itu tentu tak lepas dari budaya membuang sampah sembarangan.

Selain itu adanya bencana tanah longsor yang sering kita dengar. Bila ditelisik tentu ada ulah tangan-tangan tak bertanggung jawab yang menggunduli hutan.

5 Langkah Kecil dan Nyata Menjaga Bumi Baik-Baik Saja

menjaga hutan
indonesiakaya.com

Dalam beberapa hari terakhir ini pun kita merasakan kondisi yang tak biasa. Dimana panas dan hujan silih berganti dengan cepat atau mungkin malah dalam satu waktu berbarengan.

Mungkin saat ini pun kita tidak lagi percaya diri mengatakan saat ini sejatinya musim panas atau musim hujan. Dikutip dari ANTARA, musim hujan di Indonesia harusnya terjadi antara bulan September hingga November 2022. Namun faktanya saat ini kita melihat hujan menjadi satu kejadian biasa.

Meski ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga bumi tapi setidaknya ada beberapa langkah kecil yang memberi dampak nyata #UntukmuBumiku. Dan berikut beberapa diantaranya:

1. Tidak Buang Sampah Sembarangan

Satu kebiasaan yang terlihat sepele tentunya, tapi efeknya sangat tinggi dalam upaya menjaga bumi. Di mana buang sampah tidak pada tempatnya menjadi hal lumrah.

Kini, pastikan hanya buang sampah pada tempat yang tempat. Jangan sekali-kali mengotori sungai karena imbasnya bukan hanya bikin banjir tapi akan mematikan ekosistem yang ada di dalamnya.

2. Tidak Bakar Sampah Sembarangan

Cara lain yang bisa ditempuh untuk menjaga bumi tentu saja dengan tidak membakar sampah sembarangan. Tak jarang bukan ada sebagian orang yang memiliki kebiasaan bakar sampah. Alasannya sederhana supaya sampah tidak menumpuk.

Namun faktanya kegiatan ini ternyata membuat bumi makin panas. Hal ini karena berbagai bahan kimia yang ada terpapar meracuni udara.

3. Hemat Energi

Ingin lebih hemat secara kantong dan tetap terlibat menjaga bumi secara nyata! Cobalah lebih hemat energi baik itu penggunaan listrik maupun bahan bakar minyak.

Menggunakan kendaraan umum juga bukan ide yang buruk bukan. Dan cara ini juga hindarkan kita dari kemacetan.

4. Gunakan Produk Daur Ulang

Mencoba beralih ke produk-produk daur ulang juga bisa menjadi alternatif selanjutnya. Kini ada banyak yang bisa kita pilih dan bentuknya pun lucu-lucu.

Semakin banyak produk daur ulang digunakan maka sampah pun akan berkurang. Atau mau mencoba membuat do it yourself sendiri menggunakan barang-barang bekas yang ada di rumah pun bisa dicoba.

5. Menanam Pohon

Melihat sisa lahan yang ada di sekitar rumah sangat sayang untuk didiamkan begitu saja. Tak ada salahnya ketika senggang mencoba menanam pohon.

Kini banyak pohon pun bisa dipilih. Mulai dari tanaman hias hingga tanaman buah. Bukan hanya bikin lebih asri tapi bisa juga memberi dampak baik untuk lingkungan.

Selain beberapa hal diatas tentu masih ada hal lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga bumi tetap baik-baik saja. Mari kita lakukan #TeamUpforImpact mulai dari sekarang untuk anak cucu kita kelak.

Tinggalkan komentar